8 Pemain yang Bikin Gol Bunuh Diri di Fase Grup Piala Eropa 2020

Piala Eropa 2020 bertabur gol bunuh diri!

Piala Eropa 2020 baru berlangsung setengah jalan. Namun, sudah ada rekor unik yang tercipta, yaitu soal gol bunuh diri. Piala Eropa 2020 jadi edisi dengan jumlah gol bunuh
diri terbanyak. Sampai fase grup selesai, sudah ada 8 gol bunuh diri yang tercipta.

Jumlah itu bahkan lebih banyak dari gol yang dicetak top skor sementara Piala Eropa 2020, Cristiano Ronaldo, yang baru mencetak 5 gol. Uniknya lagi, semua tim yang pemainnya membuat gol bunuh diri akhirnya harus mengalami kekalahan, bahkan ada yang sampai gagal lolos. Inilah 8 pemain yang mencetak gol bunuh diri di fase grup Piala Eropa 2020.

1. Merih Demiral (Turki 0-3 Italia)

8 Pemain yang Bikin Gol Bunuh Diri di Fase Grup Piala Eropa 2020Merih Demiral cetak gol bunuh diri pertama di Piala Eropa 2020 (transfermarkt.co.uk)

Gol pertama yang tercipta di Piala Eropa 2020 ternyata adalah gol bunuh diri. Merih Demiral, bek tengah Turki, menjadi pelakunya. Ia mencetak gol di laga pembuka melawan Italia di menit 53. Gol itu menjadi awal kekalahan Turki di laga tersebut karena Azzurri menambah dua gol lagi sehingga mengalahkan mereka 0-3.

2. Wojciech Szczesny (Polandia 1-2 Slovakia)

8 Pemain yang Bikin Gol Bunuh Diri di Fase Grup Piala Eropa 2020Wojciech Szczesny jadi kiper pertama yang mencetak gol bunuh diri di Piala Eropa (90min.com)

Nama kedua yang menjebol gawang timnya sendiri tanpa sengaja di Piala Eropa 2020 adalah Wojciech Szczesny. Pada laga pertama grup E melawan Slovakia, kiper Polandia itu gagal menghalau sepakan Robert Mak. Bola sebenarnya membentur tiang, tapi memantul ke tubuh Szczesny dan masuk ke gawang.

Selain membuat Polandia kalah 1-2, gol itu juga membuat Szczesny mencatat rekor buruk. Ia menjadi kiper pertama yang mencetak gol bunuh diri sepanjang sejarah Piala Eropa. Szczesny sendiri memang tidak tampil maksimal di fase grup sehingga Polandia akhirnya harus tersingkir lebih cepat.

3. Mats Hummels (Jerman 0-1 Prancis)

8 Pemain yang Bikin Gol Bunuh Diri di Fase Grup Piala Eropa 2020Gol bunuh diri Mats Hummels membuat Jerman kalah 0-1 dari Prancis (goal.com)

Laga big match antara Prancis melawan Jerman di grup F juga diwarnai gol bunuh diri. Bahkan, gol bunuh diri itu jadi satu-satunya gol di partai tersebut. Mats Hummels menjadi pembuatnya kala usahanya menghalau umpan Lucas Hernandez malah menjebol gawang sendiri. Jerman pun untuk pertama kalinya kalah dalam partai pembuka mereka di Piala Eropa.

4. Ruben Dias (Portugal 2-4 Jerman)

8 Pemain yang Bikin Gol Bunuh Diri di Fase Grup Piala Eropa 2020Ruben Dias bikin gol bunuh diri saat melawan Jerman (noticiasaominuto.com)

Setelah dipermalukan Prancis, Jerman mengamuk di laga kedua. Portugal yang mengadang pun menjadi korban ketajaman Kai Havertz dkk. dengan skor 2-4. Selain membuat dua gol melalui Havertz dan Robin Gosens, Jerman sebenarnya juga terbantu dengan 2 gol bunuh diri yang diciptakan bek Portugal.

Yang pertama adalah Ruben Dias. Di menit 35, Dias menjebol gawang sendiri saat berusaha menghadang umpan Robin Gosens. Bola meluncur deras dari kaki Dias dan Rui Patricio tak bisa menahannya. Jerman pun menyamakan kedudukan jadi 1-1 berkat gol tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Top dengan Jumlah Gol Bunuh Diri Terbanyak di Liga Top Eropa

5. Raphael Guerreiro (Portugal 2-4 Jerman)

8 Pemain yang Bikin Gol Bunuh Diri di Fase Grup Piala Eropa 2020Raphael Guerreiro juga bikin gol bunuh diri saat melawan Jerman (bvbbuzz.com)

Berselang 4 menit dari gol bunuh diri Dias, giliran Raphael Guerreiro yang memberi "hadiah" ke Jerman. Kali ini umpannya berasal Joshua Kimmich dan usaha Guerreiro untuk mengadang malah membuatnya menjebol gawang sendiri. Dua gol bunuh diri dalam waktu singkat cukup menghancurkan mental Portugal sehingga akhirnya mereka takluk 2-4.

6. Lukas Hradecky (Finlandia 0-2 Belgia)

8 Pemain yang Bikin Gol Bunuh Diri di Fase Grup Piala Eropa 2020Lukas Hradecky gagal mencegah bola masuk gawang (uefa.com)

Lukas Hradecky menjadi pemain keenam sekaligus kiper kedua yang mencetak gol bunuh diri di Piala Eropa 2020. Di laga terakhir grup B melawan Belgia, kiper Finlandia ini bernasib sial seperti Szczesny. Ia menjebol gawang sendiri gara-gara sundulan Thomas Vermaelen membentur ke mistar gawang dan memantul ke tubuhnya, lalu masuk gawang.

Gol tersebut membuat perjuangan Finlandia menahan gempuran Belgia selama 74 menit menjadi seolah tak berarti. Di sisa laga, Romelu Lukaku menambah gol Belgia sehingga membuat Finlandia kalah 0-2. Finlandia pun finis di posisi ketiga dan mereka tersingkir karena gagal menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik.

7. Martin Dubravka (Slovakia 0-5 Spanyol)

8 Pemain yang Bikin Gol Bunuh Diri di Fase Grup Piala Eropa 2020Berusaha membuang bola, Martin Dubravka menjebol gawang sendiri. (independent.co.uk)

Masih ada lagi kiper yang membuat gol bunuh diri di fase grup, yaitu Martin Dubravka. Melawan Spanyol di laga penentuan grup E, kiper Slovakia ini menjebol gawangnya sendiri dengan cara yang terbilang konyol. Berniat membuang bola liar dengan tangan, sentuhan Dubravka malah membuat bola masuk ke gawangnya sendiri.

Gol di menit 30 itu membuat aksi heroik Dubravka beberapa menit sebelumnya menjadi sia-sia. Ya, di menit ke-12, kiper Newcastle United ini sebenarnya sempat menjadi pahlawan dengan menahan penalti Alvaro Morata. Dubravka pun menjadi kiper pertama yang menahan penalti sekaligus bikin gol bunuh diri di Piala Eropa.

8. Juraj Kucka (Slovakia 0-5 Spanyol)

8 Pemain yang Bikin Gol Bunuh Diri di Fase Grup Piala Eropa 2020Juraj Kucka pemain ke-8 yang cetak gol bunuh diri di Piala Eropa 2020 (rossoneriblog.com)

Setelah gol bunuh diri Dubravka, Spanyol mengamuk dan mencetak 3 gol ke gawang Slovakia. Gelandang Slovakia, Juraj Kucka, pun "menyempurnakan" pesta gol Spanyol dengan bikin gol bunuh diri di menit 71. Slovakia kalah telak 0-5 dan selisih gol yang buruk membuat mereka tersingkir di babak grup meski finis di posisi ketiga.

 

Itulah 8 pemain yang mencetak gol bunuh diri di Piala Eropa 2020. Turnamen kali ini pun menjadi unik karena bertabur gol bunuh diri dan ada kemungkinan jumlah itu akan terus bertambah di fase gugur nanti. Berapa kira-kira total gol bunuh diri yang bisa terjadi di Piala Eropa 2020?

Baca Juga: Piala Eropa 2020 Pecahkan Rekor Gol Bunuh Diri

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya