Akhir Perjalanan Robert Lewandowski di Piala Dunia, Layak Bangga!

Lewandowski bersinar di Piala Dunia 2022

Robert Lewandowski adalah salah satu striker terbaik di dunia saat ini. Namun, ia bisa dibilang kurang beruntung karena lahir di negara yang minim prestasi. Polandia memang pernah disegani, tetapi masa itu sudah lama berlalu.

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Lewandowski sudah berjuang keras mengangkat nama negaranya. Namun, pada akhirnya, ia tak bisa membawa Polandia menahan laju Prancis pada babak 16 besar. Kemungkinan, itulah akhir perjalanan Robert Lewandowski di Piala Dunia.

1. Robert Lewandowski muda gagal loloskan Polandia ke Piala Dunia 2010

Akhir Perjalanan Robert Lewandowski di Piala Dunia, Layak Bangga!Robert Lewandowski (kostum biru) saat membela Lech Poznan pada 2009. (fifa.com)

Karier Robert Lewandowski bersama Timnas Polandia dimulai pada usia muda. Ia debut bersama The Eagles pada September 2008 saat berusia 20 tahun. Lakonnya adalah Kualifikasi Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Lewy muda langsung mencetak gol pada debutnya itu ke gawang San Marino.

Setelah itu, Lewandowski beberapa kali lagi berjuang bareng timnas untuk lolos ke Afrika Selatan. Secara total, ia tampil 9 kali pada babak kualifikasi dan menyumbang 2 gol serta 2 assist.

Pada akhirnya, Polandia gagal karena hanya finis di posisi kelima dari enam tim penghuni Grup 3 babak kualifikasi zona Eropa. Lewandowski harus menunda mimpi tampil di Piala Dunia untuk pertama kali.

2. Polandia masih jeblok di Kualifikasi Piala Dunia 2014

Akhir Perjalanan Robert Lewandowski di Piala Dunia, Layak Bangga!potret Robert Lewandowski pada tahun 2014 (instagram.com/_rl9)

Robert Lewandowski menjalani turnamen mayor pertamanya bareng Polandia di Piala Eropa 2012. Bukan via kualifikasi, mereka langsung lolos karena saat itu jadi tuan rumah kembar bersama Ukraina. Setelah itu, Lewandowski kembali berjuang meloloskan negaranya ke Piala Dunia 2014 Brasil.

Saat itu, Lewandowski sudah menjelma jadi striker yang patut disegani. Di level klub, ia sudah membela Borussia Dortmund dan dua kali meraih trofi Bundesliga Jerman. Sayangnya, performa Timnas Polandia masih stagnan sehingga lagi-lagi mentok pada Kualifikasi Piala Dunia.

Statistik Lewandowski sendiri tak terlalu impresif. Ia tampil 9 kali dan hanya mencetak 3 gol di Kualifikasi Piala Dunia 2014. Tahun 2014 sendiri adalah tahun mulainya Lewandowski menjabat sebagai kapten timnas.

Baca Juga: Lewandowski Buka Suara Usai Akhiri Kutukan Piala Dunia

3. Robert Lewandowski gendong Polandia ke Piala Dunia 2018

Akhir Perjalanan Robert Lewandowski di Piala Dunia, Layak Bangga!Robert Lewandowski merayakan gol di babak kualifikasi Piala Dunia 2018. (instagram.com/_rl9)

Selang 4 tahun kemudian, performa Robert Lewandowski sebagai striker makin ciamik. Ia pun berhasil mencicipi Piala Dunia pertamanya di Piala Dunia 2018 Rusia. Lewy berperan besar dalam kelolosan Polandia, bahkan bisa dibilang sendirian menggendong negaranya lolos.

Bayangkan saja, pada babak kualifikasi, Lewandowski mencetak 16 dari 28 gol yang diciptakan Timnas Polandia. Ia pun menjadi top skor babak kualifikasi zona Eropa, sekaligus mengantarkan negaranya lolos langsung tanpa perlu melalui playoff.

Sayangnya, saat turnamen sesungguhnya dimulai, Polandia tak bisa berbuat banyak. Mereka langsung tersingkir pada fase grup karena kalah bersaing dengan Kolombia, Jepang, dan Senegal. Lewandowski sendiri tiga kali tampil penuh, tetapi gagal mencetak gol maupun assist.

4. Akhirnya bersinar di Piala Dunia 2022

Akhir Perjalanan Robert Lewandowski di Piala Dunia, Layak Bangga!Robert Lewandowski merayakan gol ke gawang Arab Saudi di fase grup Piala Dunia 2022. (instagram.com/_rl9)

Piala Dunia 2022 adalah edisi Piala Dunia kedua bagi Robert Lewandowski. Ia datang dengan status striker terbaik dunia tahun 2021 dan 2022. Pada babak kualifikasi, Lewy lagi-lagi memegang peranan penting dengan gol-golnya bagi Polandia.

Lewandowski juga tak sekadar numpang lewat di Piala Dunia tahun ini. Ia sukses mengantarkan Polandia lolos dari fase grup untuk pertama kalinya sejak 1986. Lewy khususnya bersinar di laga fase grup melawan Arab Saudi, bahkan terpilih jadi Man of the Match.

Langkah Polandia akhirnya memang terhenti pada babak 16 besar setelah dikalahkan Prancis 1-3. Namun, Lewandowski sempat mencetak gol hiburan bagi negaranya di pengujung laga. Gol tersebut melengkapi catatan 2 gol dan 1 assist yang ia torehkan di Piala Dunia 2022.

5. Kemungkinan tak akan tampil di Piala Dunia 2026

Akhir Perjalanan Robert Lewandowski di Piala Dunia, Layak Bangga!Robert Lewandowski merayakan gol ke gawang Prancis di babak 16 besar Piala Dunia 2022. (instagram.com/_rl9)

Gol Robert Lewandowski ke gawang Prancis seolah jadi salam perpisahan darinya bagi Piala Dunia. Sudah berusia 34 tahun, bisa jadi Lewandowski tak akan tampil lagi di Piala Dunia berikutnya. Bahkan, tak menutup kemungkinan ia bakal pensiun dari timnas dalam waktu dekat.

Apa pun keputusan Lewandowski, yang jelas ia telah membuktikan kapasitasnya di Piala Dunia 2022. Ia membawa Polandia yang minim prestasi jadi salah 1 dari 16 tim terbaik di Qatar. Setelah ini, dunia masih bisa menonton aksi-aksi hebat Lewandowski di level klub bersama Barcelona.

Perjalanan Robert Lewandowski di Piala Dunia mungkin telah berakhir. Namun, ia tak perlu menyesalinya. Malah, ia pantas berbangga atas pencapaiannya yang hebat bersama Timnas Polandia, khususnya di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Pemain Polandia Piala Dunia 2022 Layak Dinanti selain Lewandowski

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya