Comscore Tracker

Konsisten, Ini 4 Alasan Manchester City Bakal Juara Premier League

Masih bersaing ketat dengan Liverpool di penghujung musim

Perebutan gelar juara Premier League masih berlangsung sengit. Baik Manchester City maupun Liverpool menunjukkan kengototannya meraih trofi dengan silih berganti memimpin klasemen. Saat ini untuk sementara Liverpool berada di puncak dengan 88 poin dari 35 pertandingan, unggul 2 angka dari Manchester City yang masih menyimpan satu laga sisa.

Meski demikian, tampaknya Liverpool belum akan mampu mengakhiri 29 tahun puasa gelar liga musim ini. Baik The Reds maupun The Citizens memang sama-sama telah mempertunjukkan kepantasan mereka untuk meraih gelar. Namun, pada akhirnya tetap hanya ada satu tim yang bakal jadi juara, dan tim itu kemungkinan besar adalah Manchester City. Ini 4 alasannya.

1. Tidak seperti Liverpool, nasib Manchester City berada di tangan mereka sendiri

Konsisten, Ini 4 Alasan Manchester City Bakal Juara Premier Leagueindiatvnews.com

Memuncaki klasemen sementara tidak serta merta membuat Liverpool bisa menentukan nasibnya sendiri. Pasalnya, keunggulan 2 poin yang mereka punya atas City tidak begitu berarti karena The Citizens masih menyimpan satu laga sisa. Jika City bisa memenangkan laga tersebut, posisi puncak bakal mereka rebut.

Lalu dengan asumsi City bisa memenangkan seluruh pertandingan sisanya, mereka bakal dipastikan jadi juara, tak peduli hasil apa yang diraih Liverpool. Sementara tugas Liverpool bakal lebih berat, karena selain wajib menyapu bersih 3 laga terakhir mereka, Si Merah juga harus berharap City tersandung setidaknya sekali lagi.

2. Punya konsistensi luar biasa, City kemungkinan besar bakal sapu bersih jadwal tersisa

Konsisten, Ini 4 Alasan Manchester City Bakal Juara Premier Leagueftb90.com

Maka pertanyaannya adalah mampukah City menyapu bersih seluruh laga sisa mereka? Jika menilik track record mereka sejauh ini, kemungkinan besar jawabannya adalah ya. Bayangkan, Sergio Aguero dkk sukses memenangkan 14 dari 15 laga terakhir mereka di liga! Kali terakhir mereka gagal berjaya adalah saat melawan Newcastle United pada akhir Januari.

Empat lawan tersisa yang bakal dihadapi City adalah melawan Manchester United (away), Burnley (away), Leicester City (home) dan Brighton and Hove Albion (tandang). Derby Manchester melawan MU mungkin bakal jadi ujian terberat pasukan Pep Guardiola. Namun melihat performa Setan Merah yang sedang merosot tajam, rasanya City tetap takkan terbendung.

Baca Juga: Butuh Striker Baru, Manchester City Dikabarkan Incar Luka Jovic

3. Liverpool sendiri belum tentu bisa memenangi seluruh laga sisa mereka

Konsisten, Ini 4 Alasan Manchester City Bakal Juara Premier Leaguemacaudailytimes.com

Bahkan jika seandainya City tersandung, bukan berarti Liverpool bakal otomatis melenggang karena mereka sendiri mesti menunaikan tugas sapu bersih mereka. Tiga lawan sisa yang bakal dihadapi Mohamed Salah cs adalah Huddersfield (home), Newcastle United (away), dan Wolves (home).

Di atas kertas, Huddersfield dan Newcastle tidak akan jadi kendala berarti bagi anak asuh Jurgen Klopp. Namun mereka wajib mewaspadai Wolves, sang pembunuh raksasa yang musim ini sudah berhasil mengalahkan tim-tim besar macam Manchester United, Chelsea, Arsenal, Tottenham, dan termasuk Liverpool sendiri.

Catatan rekor Liverpool dalam 10 partai terakhir di liga pun tidak secemerlang City. Tujuh kemenangan dan 3 hasil imbang menandakan bahwa The Reds punya potensi tersandung jika tidak hati-hati. Apalagi Liverpool penah punya pengalaman buruk kehilangan gelar di depan mata gara-gara kesalahan sendiri di pekan-pekan penentuan.

4. Masih bertanding di Liga Champions, konsentrasi dan kebugaran Liverpool bisa terganggu

Konsisten, Ini 4 Alasan Manchester City Bakal Juara Premier Leaguetheanfieldwrap.com

Satu faktor lain yang kurang berpihak bagi Liverpool adalah masih bertahannya mereka di Liga Champions. Meskipun tentu mencapai semifinal Liga Champions adalah impian semua tim, bukan rahasia lagi bahwa konsentrasi dan kebugaran suatu tim bisa terpecah akibat tampil di Eropa.

Liverpool bakal melakoni dua leg semifinal Liga Champions menghadapi Barcelona pada tanggal 1 dan 7 Mei. Di antara dua laga tersebut, mereka bakal menjalani partai liga dengan bertandang ke markas Newcastle United, tempat dimana mereka tidak pernah menang dalam 4 lawatan terakhir. Jika tidak waspada, The Reds bisa pulang tanpa poin penuh lagi.

Sementara bagi City, kekalahan menyakitkan dari Tottenham Hotspur di babak 8 besar Liga Champions terbukti menjadi berkah tersembunyi bagi mereka. The Citizens kini bisa konsentrasi memperjuangkan gelar Premier League ke-4 mereka dalam 8 tahun terakhir. Dengan fokus penuh, asa Aguero dkk bakal pasti lebih mudah terwujud.

Itulah 4 alasan mengapa Manchester City lebih pantas diunggulkan keluar sebagai juara Premier League musim ini. Tentu, bola itu bundar, sehingga segala kemungkinan masih bisa terjadi. Namun menilik 4 alasan di atas, tidak akan mengherankan jika pada akhirnya The Citizens lah yang akan lagi-lagi dinyatakan sebagai penguasa Premier League.

Baca Juga: 3 Fakta Nicolas Pepe, Winger Lille yang Diincar Liverpool

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You