Comscore Tracker

5 Bek Asal Spanyol yang Pernah Membela Chelsea, Cucurella Terbaru

Mereka sukses meraih trofi bareng The Blues

Chelsea adalah salah satu klub Premier League Inggris yang cukup sering menggunakan jasa pemain asal Spanyol. Sepanjang sejarah, ada beberapa pemain Spanyol yang pernah sukses bersama Chelsea. Beberapa di antaranya adalah Juan Mata, Cesc Fabregas, hingga Fernando Torres.

Selain para pemain yang berposisi gelandang dan penyerang, ada pula deretan bek asal Spanyol yang pernah berseragam The Blues. Pada musim panas 2022, daftar itu bertambah menyusul kedatangan Marc Cucurella. Termasuk Cucurella, inilah para pemain tersebut.

1. Albert Ferrer

5 Bek Asal Spanyol yang Pernah Membela Chelsea, Cucurella TerbaruAlbert Ferrer (chelseafc.com)

Albert Ferrer adalah pemain Spanyol pertama yang pernah membela Chelsea. Ferrer bergabung dengan Chelsea pada 1998 setelah ia meraih banyak sukses bersama Barcelona. Chelsea akhirnya jadi klub terakhir Ferrer. Ia bertahan di Stamford Bridge hingga pensiun pada 2003.

Selama membela The Blues, Ferrer mencatat 113 penampilan di semua ajang. Ia juga turut meraih tiga trofi, termasuk Piala Super UEFA. Ferrer juga sempat meraih prestasi bersama Timnas Spanyol, yaitu merebut medali emas Olimpiade 1992.

2. Asier Del Horno

5 Bek Asal Spanyol yang Pernah Membela Chelsea, Cucurella TerbaruAsier Del Horno (skysports.com)

Chelsea makin sering memboyong pemain asal Spanyol setelah menjadi klub kaya di bawah kepemilikan Roman Abramovich. Pada musim panas 2005, The Blues mendatangkan Asier Del Horno dari Athetic Bilbao. Pemain berposisi bek kiri itu dibeli dengan harga 12 juta euro alias Rp182 miliar.

Namun, Del Horno akhirnya hanya bertahan semusim di Chelsea. Ia bermain 34 kali di semua ajang dan turut memenangi Premier League serta Community Shield. Del Horno tak pernah meraih trofi lain sepanjang kariernya yang berakhir pada 2012.

Baca Juga: Chelsea Permalukan Everton di Kandangnya

3. Cesar Azpilicueta

5 Bek Asal Spanyol yang Pernah Membela Chelsea, Cucurella TerbaruCesar Azpilicueta (instagram.com/cesarazpi)

Pada 2012, Chelsea memboyong Cesar Azpilicueta yang bisa berposisi bek kanan atau bek tengah. Saat itu nama Azpilicueta belum banyak dikenal dan ia bahkan belum pernah dipanggil Timnas Spanyol. Namun, Azpi ternyata sukses menjadi salah satu bek andalan Chelsea hingga saat ini.

Bersama Chelsea, Azpilicueta sudah mencatat 476 penampilan di semua ajang sejauh ini. Total 9 trofi juga sudah ia raih, termasuk 2 Premier League dan 1 Liga Champions. Karena loyalitas dan kontribusinya, Azpi ditunjuk sebagai kapten sejak 2019 sehingga menjadi pemain Spanyol pertama yang mangapteni The Blues.

4. Marcos Alonso

5 Bek Asal Spanyol yang Pernah Membela Chelsea, Cucurella TerbaruMarcos Alonso (instagram.com/marcosalonso28)

Marcos Alonso menyusul Azpilicueta ke Chelsea pada 2016. Alonso adalah bek kiri jebolan akademi Real Madrid, tetapi ia baru mulai bersinar setelah meninggalkan Spanyol. Alonso masih berstatus pemain Chelsea dan sejauh ini sudah bermain 212 kali di semua ajang.

Namun, Alonso saat ini santer dikabarkan bakal segera merapat ke Barcelona. Jika akhirnya pindah, Alonso akan menutup kariernya bersama Chelsea yang diwarnai enam trofi. Salah satu faktor pendorong kepergian Alonso sendiri adalah kedatangan bek kiri lain yang juga berasal dari Spanyol.

5. Marc Cucurella

5 Bek Asal Spanyol yang Pernah Membela Chelsea, Cucurella TerbaruMarc Cucurella (instagram.com/cucurella3)

Marc Cucurella menjadi bek asal Spanyol teranyar yang merapat ke Chelsea. Cucurella baru saja dibeli dari Brighton & Hove Albion dengan harga mencapai 63 juta pounds alias Rp1,13 triliun. Bagi Brighton, Cucurella pun menjadi pemain termahal yang pernah mereka jual ke klub lain.

Menyusul kepergian Marcos Alonso yang makin dekat, Cucurella hampir dipastikan bakal jadi bek kiri utama Chelsea. Selama membela Brighton, Cucurella sudah membuktikan kualitasnya, khususnya musim 2021/2022 lalu. Pemain berusia 24 tahun ini pun diperkirakan bisa bersinar bersama Chelsea.

 

Empat bek asal Spanyol sebelum Marc Cucurella berhasil meraih trofi selama membela Chelsea. Bisakah Cucurella menyusul prestasi mereka dengan membawa The Blues memenangi gelar?

Baca Juga: 5 Rekrutan Bek Kiri Termahal Chelsea Sepanjang Sejarah, Ada Cucurella!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya