Berusia Tua, 6 Pemain Top Ini Masih Aktif Bermain di Eropa

Hampir berumur 40 tahun, tua-tua keladi, nih!

Dalam dunia sepak bola, usia bisa sangat menentukan kesuksesan seorang pemain. Pemain sepak bola biasanya dianggap memiliki usia emas dari umur 27 tahun hingga awal 30-an. Lebih dari itu, umumnya seorang pemain akan mengalami penurunan performa karena usia.

Khususnya bagi pemain outfield alias pemain selain kiper, yang memang butuh fisik lebih kuat. Namun hal itu tidak selalu berlaku. Beberapa pemain outfield berhasil menunjukkan kelasnya dengan terus bermain hingga mendekati usia 40 tahun.

Bahkan, mereka masih bisa jadi andalan bagi klubnya. Inilah dia 6 pemain outfield yang sudah hampir berusia 40 tahun tapi masih aktif bermain di liga-liga Eropa.

1. Franck Ribery (38 tahun)

Berusia Tua, 6 Pemain Top Ini Masih Aktif Bermain di EropaFranck Ribery (planetfootball.com)

Pertama ada Franck Ribery, legenda Bayern Munchen yang saat ini membela Fiorentina di Serie A Italia. Ribery mulai membela La Viola sejak 2019, saat usianya 36 tahun. Kini, pemain kelahiran 7 April 1983 sudah menginjak usia 38 tahun, tapi ia masih aktif bermain.

Sejauh ini, Ribery sudah tampil 51 kali bersama Fiorentina di semua ajang dan mencetak 5 gol serta 10 assist. Kontrak Ribery sendiri sebenarnya sudah habis bulan Juni ini. Namun belum ada tanda-tanda Ribery akan pensiun, dan laman Football Italia bahkan menyebut bahwa kemungkinan Ribery akan memperpanjang kontraknya di Fiorentina.

2. Pepe (38 tahun)

Berusia Tua, 6 Pemain Top Ini Masih Aktif Bermain di EropaPepe (fcbarcelonanoticias.com)

Sementara Pepe adalah bek legendaris Real Madrid yang kini membela FC Porto sejak 2019. Seperti Ribery, Pepe kini sudah berusia 38 tahun. Namun musim lalu ia masih sanggup tampil 40 kali di semua ajang bersama Porto. Bahkan, Pepe juga tampil bersama timnas Portugal di Piala Eropa 2020.

Pepe sendiri masih terikat kontrak bersama Porto hingga tahun 2023. Dengan demikian, kemungkinan besar ia masih akan bermain hingga usia 40 tahun nanti. Bahkan, bukan mustahil ia akan terus bermain setelah itu karena penampilannya di lini belakang terbukti masih solid hingga kini.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Tua yang Menciptakan Gol di Liga Champions Eropa

3. Fabio Quagliarella (38 tahun)

Berusia Tua, 6 Pemain Top Ini Masih Aktif Bermain di EropaFabio Quagliarella (football-italia.net)

Fabio Quagliarella juga masih aktif bermain di usianya yang sudah mencapai 38 tahun. Striker Italia itu masih terus membela Sampdoria sejak bergabung pada 2016. Ketajaman Quagliarella juga masih terjaga, terbukti dari sumbangan 13 gol yang ia cetak sepanjang musim lalu.

Secara total, Quagliarella kini sudah membuat 99 gol bagi Sampdoria dari 233 laga. Kontrak Quagliarella sendiri akan habis tahun 2022 mendatang. Bisa jadi musim depan akan jadi musim terakhirnya di dunia sepak bola, tapi tak menutup kemungkinan pula ia masih akan terus bermain di musim berikutnya.

4. Jermain Defoe (38 tahun)

Berusia Tua, 6 Pemain Top Ini Masih Aktif Bermain di EropaJermain Defoe (fasportsgh.com)

Jermain Defoe juga masih menunjukkan performa hebat di usia 38 tahun. Bahkan, pada bulan Oktober 2021 nanti ia akan genap berusia 39 tahun. Namun, Defoe masih dipercaya tampil 20 kali di semua ajang musim lalu bersama klubnya, Glasgow Rangers.

Mantan striker Tottenham Hotspur ini bahkan turut membawa Rangers menjuarai Liga Skotlandia musim lalu, pertama kalinya sejak 2011. Kontrak Defoe bersama Rangers akan berakhir tahun depan. Menarik ditunggu apakah ia akan pensiun atau terus bermain setelah itu.

5. Zlatan Ibrahimovic (39 tahun)

Berusia Tua, 6 Pemain Top Ini Masih Aktif Bermain di EropaZlatan Ibrahimovic (indianexpress.com)

Zlatan Ibrahimovic sudah pasti masuk dalam daftar ini, karena striker Swedia ini justru tampak semakin berbahaya seiring bertambahnya usia. Saat ini, Ibra sudah berusia 39 tahun, dan pada tanggal 3 Oktober 2021 nanti ia akan genap berusia 40 tahun. Namun, Ibra sepertinya tak menunjukkan tanda-tanda akan pensiun.

Malah, ia masih jadi pemain kunci bagi klubnya AC Milan. Musim lalu, Ibra jadi top skor Milan dengan 17 gol dalam 27 pertandingan di semua ajang, sehingga berjasa besar membawa Milan lolos ke Liga Champions lagi setelah tujuh musim absen. Ibra sendiri terikat kontrak dengan Milan hingga 2022, tapi bukan mustahil ia masih akan terus bermain setelah itu.

6. Joaquin Sanchez (39 tahun)

Berusia Tua, 6 Pemain Top Ini Masih Aktif Bermain di EropaJoaquin Sanchez (marca.com)

Pemain tertua di daftar ini adalah Joaquin Sanchez, winger asal Spanyol yang saat ini bermain di Real Betis. Ia masih dipercaya jadi kapten Betis, dan musim lalu ia tampil 30 kali di semua ajang dan menyumbang 2 gol serta 6 assist. Padahal, Joaquin sudah berusia 39 tahun, dan tanggal 21 Juli mendatang ia akan segera berusia 40 tahun.

Joaquin sendiri memang adalah legenda Real Betis, dan hingga musim 2020/21, ia sudah membela Betis selama total 12 musim. Ia sudah tampil 415 kali bersama Betis dan pernah membawa klubnya itu juara Copa del Rey 2004/05. Kontrak Joaquin bersama Betis akan habis tahun depan, maka bisa jadi musim depan akan jadi musim terakhirnya sebagai pemain.

 

Itulah deretan 6 pemain outfield yang masih aktif bermain hingga sekarang walaupun sudah mendekati usia 40 tahun. Mereka benar-benar sudah membuktikan bahwa usia tua bukan halangan untuk terus aktif dan berprestasi. Siapa yang paling kamu kagumi dari antara mereka semua?

Baca Juga: Tidak Lagi Muda, 5 Pemain Tua yang Semakin Eksis di Piala Eropa 2020

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya