Bikin Solskjaer Dipecat, 7 Kekalahan MU Musim Ini

Banyak kekalahan memalukan!

Manchester United akhirnya resmi memecat Ole Gunnar Solskjaer. Setelah cukup lama diserukan fans dan banyak legenda klub, Solskjaer akhirnya terusir dari Old Trafford gara-gara performa buruk musim ini. Manchester United baru saja kalah 1-4 dari Watford di ajang Premier League, hasil yang akhirnya tak bisa ditoleransi lagi oleh manajemen Setan Merah.

Kekalahan dari Watford tentu bukan satu-satunya faktor penyebab. Dari 17 laga di semua ajang musim ini, MU sudah kalah 7 kali. Rekor buruk tersebut jadi alasan sahih kenapa Solskjaer memang layak dipecat.

1. Young Boys 2-1 Manchester United (Liga Champions)

Bikin Solskjaer Dipecat, 7 Kekalahan MU Musim IniManchester United melawan Young Boys di Liga Champions 2021/2022. (instagram.com/bscyb_offiziell)

Kekalahan perdana Manchester United musim ini terjadi di Liga Champions. Pada matchday pertama Grup F, MU bertandang ke markas klub asal Swiss, Young Boys. Setan Merah jelas lebih diunggulkan karena sebelumnya Young Boys baru meraih satu kemenangan sejak era Liga Champions, yaitu saat menghadapi Juventus pada 2018/2019.

Namun, akhirnya MU jadi klub kedua yang dikalahkan Young Boys di Liga Champions, dengan skor akhir 1-2 bagi tuan rumah. MU yang sempat unggul lebih dahulu kena comeback setelah Aaron Wan-Bissaka diberi kartu merah pada babak pertama. Beruntung, MU sukses bangkit pada tiga laga berikutnya sehingga untuk sementara memimpin klasemen grup.

2. Manchester United 0-1 West Ham United (Piala EFL)

Bikin Solskjaer Dipecat, 7 Kekalahan MU Musim IniManchester United melawan West Ham United di Piala EFL. (instagram.com/manchesterunited)

Sekitar seminggu setelah kalah dari Young Boys, Manchester United kembali menelan hasil negatif. Kali itu mereka kalah dari West Ham United pada putaran ketiga Piala EFL alias Piala Liga. Bermain di kandang sendiri, MU yang menurunkan banyak pemain pelapis harus takluk dengan skor tipis 0-1.

Padahal empat hari sebelumnya MU sudah bertemu West Ham di Premier League. Mereka menang dramatis 2-1. Kekalahan dari West Ham pun memastikan MU gugur dari Piala Liga, ajang yang terakhir kali mereka menangkan pada 2016/2017.

3. Manchester United 0-1 Aston Villa (Premier League)

Bikin Solskjaer Dipecat, 7 Kekalahan MU Musim IniManchester United melawan Aston Villa di Premier League. (instagram.com/manchesterunited)

Dua hari setelah gugur dari Piala Liga, mimpi buruk Manchester United berlanjut di Premier League. Setan Merah kedatangan Aston Villa, klub yang sebelumnya hampir selalu mereka kalahkan di liga. Kali terakhir MU takluk dari Aston Villa di Premier League adalah pada 2009 alias 12 tahun silam.

Siapa sangka, ternyata sejarah tersebut berulang. MU kalah 0-1 dari Villa berkat gol bek Kortney Hausse pada akhir laga. Tuan rumah sebenarnya berpeluang menyelamatkan satu poin saat injury time, tetapi sepakan penalti Bruno Fernandes melambung jauh ke atas mistar.

Baca Juga: Angkat Kaki dari Manchester United, 5 Fakta dari Ole Gunnar Solskjær

4. Leicester City 4-2 Manchester United (Premier League)

Bikin Solskjaer Dipecat, 7 Kekalahan MU Musim IniManchester United melawan Leicester City di Premier League. (instagram.com/manchesterunited)

Meski kerap tampil buruk di kandang, Manchester United justru cukup ditakuti ketika bertandang ke markas lawan. Mereka mencatat 29 laga tandang beruntun tanpa terkalahkan di Premier League, sebuah rekor baru. Sayangnya, rekor tersebut kini telah patah ketika MU dikalahkan Leicester City pada pekan ke-8 Premier League.

Bertandang ke King Power Stadium, markas Leicester, MU kalah memalukan dengan skor 2-4. Mereka sempat unggul terlebih dahulu pada 20 menit awal, tetapi setelah itu hancur lebur gara-gara pertahanan yang berantakan. Rekor tak terkalahkan putus, seruan fans yang menuntut Solskjaer dipecat pun makin nyaring terdengar.

5. Manchester United 0-5 Liverpool (Premier League)

Bikin Solskjaer Dipecat, 7 Kekalahan MU Musim IniManchester United melawan Liverpool di Premier League. (instagram.com/liverpoolfc)

Bisa dibilang ini adalah kekalahan paling memalukan yang diderita Manchester United musim ini. Bagaimana tidak, bertanding di kandang sendiri melawan Liverpool yang merupakan rival abadi mereka, Setan Merah kena bantai 0-5. Liverpool bahkan sudah unggul 4-0 pada babak pertama, sehingga banyak fans MU yang memilih pulang lebih awal.

Itu adalah kekalahan paling telak yang pernah dialami MU dari Liverpool di kandang sendiri pada ajang liga. Mereka kalah segalanya dari The Reds, bahkan termasuk jumlah pemain karena Paul Pogba harus terusir pada menit ke-60. Liverpool pun meneguhkan diri sebagai salah satu kandidat juara, sementara peluang MU bersaing makin diragukan.

6. Manchester United 0-2 Manchester City (Premier League)

Bikin Solskjaer Dipecat, 7 Kekalahan MU Musim IniManchester United melawan Manchester City di Premier League. (instagram.com/mancity)

Manchester United benar-benar sial musim ini karena harus merasakan kekalahan di kandang sendiri bukan hanya dari satu rival, tetapi dua. Setelah kalah dari Liverpool, mereka juga ditaklukkan Manchester City, sang rival sekota. Bertanding di Old Trafford, Manchester City menang 2-0 berkat dua gol yang diciptakan pada babak pertama.

Sama seperti saat melawan Liverpool, MU juga kalah kelas di hadapan Manchester City. Mereka kalah jauh dalam penguasaan bola, bahkan hanya bisa mencatat satu sepakan ke gawang lawan. Kekalahan ini semakin menegaskan bahwa MU belum cukup mampu menandingi dua rival beratnya dalam persaingan juara musim ini.

7. Watford 4-1 Manchester United (Premier League)

Bikin Solskjaer Dipecat, 7 Kekalahan MU Musim IniManchester United melawan Watford di Premier League. (instagram.com/watfordfcofficial)

Inilah kekalahan yang akhirnya membulatkan tekad manajemen MU untuk memecat Ole Gunnar Solskjaer. Bertanding setelah jeda internasional, MU diharapkan bisa segera bangkit, dan lawan yang dihadapi kebetulan adalah Watford yang masih kesulitan di papan bawah. Selain tiga poin, kemenangan juga seharusnya bisa sedikit memberi napas lega kepada Solskjaer.

Apa daya, hasil yang didapat justru benar-benar berkebalikan dari harapan. Bukannya menang, MU justru keok dengan skor telak 1-4 dari tuan rumah. Itu adalah kekalahan paling telak yang pernah diderita MU dari Watford sepanjang sejarah. Hasilnya, MU pun bulat untuk berpisah jalan dengan Solskjaer.

Tujuh kekalahan di atas jadi penyebab MU akhirnya memecat Ole Gunnar Solskjaer dari kursi pelatih. Kalau kamu fans MU, kekalahan mana yang menurutmu paling memalukan sehingga membuat Solskjaer layak dipecat?

Baca Juga: 5 Rekor Buruk Ole Gunnar Solskjaer sebagai Pelatih Manchester United

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya