5 Binaan Akademi Ajax yang Kini Membela Klub Semenjana Premier League

Semuanya berasal dari Belanda

Ajax Amsterdam sejak dahulu terkenal sebagai klub pencetak pemain berkualitas. Banyak lulusan akademi Ajax yang sukses mengembangkan kariernya di luar Belanda, termasuk Inggris. English Premier League (EPL) pernah jadi saksi kehebatan sejumlah pemain hasil didikan akademi Ajax.

Tak hanya klub besar, para pemain binaan akademi Ajax juga menarik minat klub-klub yang kurang ternama. Inilah lima binaan akademi Ajax yang kini membela klub semenjana Premier League.

1. Jairo Riedewald

5 Binaan Akademi Ajax yang Kini Membela Klub Semenjana Premier LeagueJairo Riedewald (cpfc.co.uk)

Pertama, ada Jairo Riedewald, bek asal Belanda yang kini membela Crystal Palace sejak 2017. Riedewald lulus dari akademi Ajax pada 2013.

Ia sempat membela tim senior Ajax hingga 2017. Selama 4 musim, Riedewald bermain 93 kali di semua ajang dan turut memenangi Eredivisie 2013/2014.

Setelah bergabung dengan Crystal Palace, jumlah penampilan Riedewald naik-turun. Kadang ia jadi andalan, tetapi tak jarang pula tersingkir dari tim utama. Sejauh ini, Riedewald sudah tampil 77 kali bagi Palace dan sempat menyumbang 3 gol.

2. Pascal Struijk

5 Binaan Akademi Ajax yang Kini Membela Klub Semenjana Premier LeaguePascal Struijk (instagram.com/pascalstruijk)

Pascal Struijk juga pernah menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam. Namun, ia tak sempat tampil bersama tim senior Ajax. Struijk baru bisa bermain di level senior setelah pindah ke Leeds United pada 2018. Sampai saat ini, bek tengah berusia 23 tahun ini pun masih berseragam Leeds.

Meski masih muda, Struijk berhasil jadi pemain inti di lini belakang Leeds. Sejauh ini, ia sudah bermain 72 kali di semua ajang dan menyumbang 2 gol.

Musim 2022/2023 ini, posisi Struijk diubah oleh pelatih Jesse Marsch. Ia tak lagi menjadi bek tengah tetapi selalu dipasang di pos bek kiri.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Ajax dan Liverpool

3. Joel Veltman

5 Binaan Akademi Ajax yang Kini Membela Klub Semenjana Premier LeagueJoel Veltman (instagram.com/joelveltman)

Sementara, Joel Veltman lulus dari akademi Ajax pada 2012. Pemain berposisi bek kanan atau bek tengah ini kemudian loyal membela Ajax hingga 2020. Veltman mencatat 246 penampilan bareng Ajax dan turut meraih 6 trofi, termasuk 3 Eredivisie.

Veltman akhirnya meninggalkan Ajax pada musim panas 2020 setelah dibeli oleh Brighton & Hove Albion. Ia menjadi andalan Brighton sejak itu dan turut membawa Brighton jadi tim yang disegani di EPL. Veltman sudah bermain 77 kali bagi Brighton sejauh ini dan mencetak 2 gol.

4. Kenny Tete

5 Binaan Akademi Ajax yang Kini Membela Klub Semenjana Premier LeagueKenny Tete (instagram.com/kennytete)

Ada pula Kenny Tete, bek kanan berusia 26 tahun yang kini membela Fulham. Tete menimba ilmu di akademi Ajax selama 8 tahun, sebelum membela tim senior Ajax pada 2013–2017. Namun, ia hanya dapat kesempatan bermain 55 kali di semua ajang dan gagal meraih trofi bersama Ajax.

Setelah itu, Tete sempat membela Lyon selama 3 tahun, lalu pindah ke Fulham pada 2020. Tete menjadi bagian skuad Fulham yang menjuarai EFL Championship 2021/2022 lalu. Musim ini pun Fulham tampil apik di EPL hingga menempati peringkat keenam setelah 7 pekan.

5. Sven Botman

5 Binaan Akademi Ajax yang Kini Membela Klub Semenjana Premier LeagueSven Botman (instagram.com/svenbotman_)

Pemain jebolan akademi Ajax teranyar yang membela klub semenjana EPL adalah Sven Botman. Ia merupakan bek tengah berusia 22 tahun yang baru diboyong Newcastle United pada musim panas 2022. Botman sendiri sempat menimba ilmu di akademi Ajax selama 11 tahun pada 2009–2020.

Bersama Newcastle, Botman sudah dipercaya bermain enam kali pada 2022/2023. Namun, penampilan klubnya sendiri sejauh ini belum meyakinkan. Meski sudah dimiliki taipan kaya raya asal Arab Saudi, Newcastle baru meraih 1 kemenangan dan 5 hasil imbang dalam 7 laga di EPL musim ini.

Kualitas pemain binaan akademi Ajax Amsterdam memang tak perlu diragukan. Tak hanya klub besar, klub-klub semenjana pun tak segan mengandalkan mereka.

Baca Juga: 10 Fakta Sven Botman, Bek Baru Newcastle United

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya