Lawan Umur, 5 Pemain Bintang Ini Bermain Hingga Usia 40 Tahun 

Beberapa bahkan loyal bermain hanya untuk satu klub

Bagi seorang pesepak bola, umur adalah sebuah tantangan yang tidak bisa dilawan. Sehebat apa pun seorang pemain, pada akhirnya performanya akan terus menurun karena usia. Akhirnya, ia pun harus gantung sepatu. Bagi seorang pemain outfield alias pemain selain kiper, masa pensiun biasanya datang pada usia 30-35 tahun.

Namun, tentu hal itu tidak berlaku bagi semua pemain. Sepanjang sejarah, ada beberapa pemain outfield pada era sepak bola modern yang berhasil melawan usia dan bermain hingga usia 40 tahun atau lebih. Siapa saja mereka? Ini dia ulasannya.

1. Ryan Giggs 

Lawan Umur, 5 Pemain Bintang Ini Bermain Hingga Usia 40 Tahun telegraph.co.uk

Para pencinta bola pasti kenal pemain sayap lincah asal Wales ini. Ia adalah gelandang legendaris Manchester United yang menghabiskan seluruh karier profesionalnya di klub berjuluk Setan Merah tersebut. Memulai debut profesional pada 1991, tepatnya usia 17 tahun, Giggs terus bermain hingga 2014 alias saat usianya menginjak 41 tahun.

Selama total 24 tahun berseragam United, Giggs bermain sebanyak 927 kali di semua ajang dan mengoleksi 161 gol. Segala macam trofi pun sudah pernah ia raih, termasuk 13 gelar Premier League, 2 trofi Liga Champions, 4 Piala FA, dan 1 trofi Piala Dunia Antarklub. Kini, Giggs tengah menjabat sebagai pelatih kepala tim nasional negaranya.

2. Francesco Totti 

Lawan Umur, 5 Pemain Bintang Ini Bermain Hingga Usia 40 Tahun goal.com

Gak hanya Giggs, kesetiaan bermain untuk satu klub selama lebih dari 2 dekade juga dimiliki Francesco Totti. Gelandang serang kreatif asal Itali itu menghabiskan 25 tahun kariernya di klub ibu kota Italia, AS Roma. Bermain sejak 1992, Totti pensiun pada 2017 lalu pada usia 41 tahun.

AS Roma memang tidak terlalu bergelimang gelar selama dibela Totti. Dilansir Transfermarkt, hanya 1 Scudetto, 2 Copa Italia, dan 2 Piala Super Italia yang pernah dirasakan sang kapten. Namun, keloyalan Totti tetap tak tergoyahkan meski pernah diincar klub raksasa Real Madrid pada masa jayanya. Benar-benar pengabdian yang setia!

Baca Juga: 10 Pemain Sepak Bola yang Mengikuti Jejak Ayahnya, Siapa Saja?

3. Paolo Maldini 

Lawan Umur, 5 Pemain Bintang Ini Bermain Hingga Usia 40 Tahun fifa.com

Rekan Totti di timnas Itali, Paolo Maldini, adalah contoh lain pemain loyal yang bermain hingga usia 40 tahun atau lebih. Selam 24 tahun sejak 1985 hingga 2009, bek tangguh ini setia membela AC Milan dan meraih berbagai gelar. Saat pensiun, Maldini sudah menginjak usia 41 tahun.

Deretan trofi yang pernah ia raih mencakup 7 Scudetto, 1 Copa Italia, 5 Liga Champions, dan 2 Piala Dunia Antar Klub. Ia memang tidak ikut membantu Italia menjadi juara dunia pada 2006, tapi kontribusinya bersama timnas juga tidak bisa dianggap remeh. Tampil sebanyak 126 kali adalah buktinya, alias rekor caps terbanyak ketiga di timnas Italia.

4. Javier Zanetti  

Lawan Umur, 5 Pemain Bintang Ini Bermain Hingga Usia 40 Tahun skysports.com

Satu lagi contoh pemain yang merumput di Italia bersama satu klub hingga usia lebih dari 40 tahun. Ia adalah Javier Zanetti. Bek berpaspor Argentina ini mengawali karier profesionalnya bersama Talleres dan Banfield, dua klub lokal Argentina. Setelah itu, ia memulai perjalanan bergelimang trofi selama 19 tahun bersama Nerazurri.

Saat pensiun di usia 41 tahun pada 2014, Zanetti telah bermain lebih dari 850 kali bersama Inter. Terkenal sebagai pemain yang bersih, Zanetti hanya mengoleksi 1 kartu merah sepanjang karier! Sementara trofi yang ia raih mencakup 5 Scudetto, 4 Copa Italia, 1 Liga Champions, dan 2 Piala Dunia Antarklub.

5. Rivaldo 

Lawan Umur, 5 Pemain Bintang Ini Bermain Hingga Usia 40 Tahun sportsmole.co.uk

Rivaldo Vítor Borba Ferreira alias Rivaldo juga mengalami tahun-tahun yang panjang dan bergelimang kesuksesan di dunia sepak bola. Bermain sebagai gelandang serang dan terkadang striker, pria asal Brasil ini menikmati 24 tahun karier profesional sejak usia 19 hingga 43 tahun!

Masa-masa paling sukses yang ia rasakan tentu bersama raksasa Spanyol, Barcelona. Selama 5 musim, ia turut membantu Barca meraih 2 gelar liga dan 1 Copa del Rey. Selain itu, Rivaldo juga pernah meraih sukses di Itali dengan meraih gelar Liga Champions 2002-03 bersama AC Milan.

Publik juga pasti ingat kontribusinya di timnas yang berbuah 1 trofi Piala Dunia 2002. Kombinasinya bersama Ronaldo dan Ronaldinho dijuluki trio R benar-benar membius dunia kala itu. Dan tentu saja, pencapaian individualnya yang terhebat adalah trofi Ballon d'Or pada 1999. Luar biasa!

Itulah lima pemain bintang yang menjalani karier luar biasa hingga berusia 40 tahun bahkan lebih. Benar-benar contoh kerja keras dan konsistensi yang bagus, ya!

Baca Juga: 10 Potret Para Pemain Sepak Bola Muslim Menyambut Ramadan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya