Comscore Tracker

Cadangan Mati Tim-tim Penghuni Grup H Piala Dunia 2022

Tidak mendapat kesempatan bermain di Qatar

Piala Dunia 2022 Qatar sudah memasuki babak perempat final. Tinggal delapan tim yang tersisa, sedangkan 24 lainnya lebih dulu angkat koper. Mimpi jadi juara dunia pun usai bagi 24 tim tersebut. Bahkan, beberapa pemain mereka harus pulang tanpa sempat tampil satu kali pun.

Ya, kebanyakan tim peserta memang tidak memainkan seluruh pemain mereka di Piala Dunia 2022. Bahkan, beberapa penggawa tim yang masih bertahan pun belum bermain sama sekali. Di antara tim-tim penghuni Grup H Piala Dunia 2022, berikut merupakan sederet pemain yang hanya jadi penonton VVIP di bangku cadangan.

1. Portugal belum memainkan dua kiper cadangannya di Piala Dunia 2022

Cadangan Mati Tim-tim Penghuni Grup H Piala Dunia 2022Jose Sa dan Rui Patricio (instagram.com/rpatricio1)

Portugal adalah tim pertama di Grup H yang memastikan lolos ke babak knockout. Selecao das Quinas bahkan sudah lolos setelah dua matchday awal di fase grup. Portugal pun memilih menurunkan sejumlah pemain cadangan mereka di laga terakhir grup melawan Korea Selatan.

Alhasil, semua pemain outfield Portugal sudah sempat tampil di Qatar. Hanya dua kiper cadangan Portugal yang belum diberi kesempatan, yaitu Rui Patricio dan Jose Sa. Mereka hanya jadi pelapis bagi Diogo Costa yang tampil di seluruh laga Portugal hingga babak 16 besar.

Rui Patricio sendiri adalah eks kiper utama Portugal. Ia adalah kiper yang membawa Portugal juara Piala Eropa 2016. Sementara, Jose Sa sedang naik daun bersama Wolverhampton Wanderers, tetapi belum pernah tampil bersama timnas meski sudah dipanggil sejak 2017.

2. Lima pemain Korea Selatan hanya jadi penghangat bangku cadangan 

Cadangan Mati Tim-tim Penghuni Grup H Piala Dunia 2022aksi kiper Jo Hyeon Woo saat Korea Selatan melawan Jerman di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Korea Selatan sukses lolos sebagai runner-up Grup H, tetapi kemudian dipulangkan Brasil di babak 16 besar. Taegeuk Warriors pun memainkan total empat laga di Qatar. Sebagian besar anggota skuad Korea Selatan sempat diberi kesempatan tampil, kecuali lima pemain.

Itu termasuk tiga pemain outfield, yaitu Kim Tae Hwan (bek), Yoon Jong Gyu (bek), dan Song Min Kyu (winger). Ada pula dua kiper cadangan Korea Selatan, yaitu Jo Hyeon Woo dan Song Bum Keun.

Dari antara nama-nama tersebut, nama yang cukup populer adalah Jo Hyeon Woo. Jo adalah kiper utama Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia. Penampilannya saat itu cukup menyita perhatian. Ia khususnya membuat banyak penyelamatan ketika Korea Selatan mengalahkan Jerman 2-0.

Baca Juga: 6 Pemain Timnas Jerman yang Jadi Cadangan Mati di Piala Dunia 2022

3. Dua kiper senior Uruguay tidak tampil di Qatar

Cadangan Mati Tim-tim Penghuni Grup H Piala Dunia 2022Lucas Toreira (instagram.com/ltorreira34)

Uruguay juga tidak menurunkan dua kiper cadangan mereka di Qatar. Salah satunya Fernando Muslera, kiper senior Uruguay yang sebelumnya sudah tampil 16 kali di Piala Dunia. Ada pula Sebastian Sosa, yang juga sudah senior tetapi baru mulai debut bersama timnas tahun 2022 ini.

Selain mereka, ada empat pemain outfield Uruguay yang tidak sempat tampil di Qatar. Mereka adalah Jose Rodriguez (bek), Facundo Torres (gelandang), Lucas Torreira (gelandang), dan Manuel Ugarte (gelandang). Kecuali Torreira, mereka memang sejauh ini belum banyak tampil bersama Uruguay.

4. Ghana tidak memakai jasa enam pemain di Piala Dunia 2022

Cadangan Mati Tim-tim Penghuni Grup H Piala Dunia 2022Daniel Afriyie (instagram.com/afriyiebdaniel)

Sama dengan Uruguay, Ghana juga tidak memakai jasa enam pemain mereka di Piala Dunia 2022. Salah satunya Daniel Afriyie, gelandang muda Ghana yang punya potensi besar. Afriyie yang baru berusia 21 tahun telah mencetak 3 gol dalam 6 penampilannya untuk timnas senior Ghana.

Selain Afriyie, ada Joseph Aidoo (bek), Elisha Owusu (gelandang), dan Kamal Sowah (winger). Ada pula dua kiper cadangan Ghana yaitu Abdul Nurudeen dan Ibrahim Danlad. Tanpa mereka semua, Ghana sempat tampil apik di fase grup meski akhirnya tetap tersingkir sebagai juru kunci.

5. Masih ada kesempatan bermain bagi Rui Patricio dan Jose Sa

Cadangan Mati Tim-tim Penghuni Grup H Piala Dunia 2022Portugal sukses melaju ke perempat final Piala Dunia 2022. (instagram.com/portugal)

Portugal adalah satu-satunya tim penghuni Grup H yang masih melaju di Piala Dunia 2022. Portugal sudah mencapai babak perempat final dan akan berhadapan dengan Maroko. Artinya, masih ada kesempatan bagi dua kiper cadangan Portugal, Rui Patricio dan Jose Sa, untuk tampil.

Jasa mereka bakal dibutuhkan andai Diogo Costa tiba-tiba tidak bisa bermain. Namun, jika tetap jadi cadangan pun, Patricio dan Sa pasti bakal terus mendukung negaranya. Portugal sendiri patut diwaspadai oleh tim mana pun setelah tampil garang dengan membantai Swiss 6-1 di babak 16 besar.

Sejumlah pemain tim-tim penghuni Grup H tidak sempat tampil di Piala Dunia 2022. Namun, mereka tetap bisa berbangga karena sudah dianggap layak mewakili negaranya di pentas sepak bola terakbar tersebut. Selanjutnya, bisa jadi mereka bakal dapat kesempatan berlaga di Piala Dunia 2026, andai kata tim nasional masing-masing lolos dari babak kualifikasi.  

Baca Juga: Deretan Pemain Cadangan Mati dari Tim-tim yang Gugur di Grup B

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya