Catatan RB Leipzig di Liga Champions, Pernah Capai Semifinal!

Sudah lima kali tampil di Liga Champions

RB Leipzig telah tersingkir dari Liga Champions Eropa 2022/2023. Wakil Jerman itu gagal menghentikan laju Manchester City pada babak 16 besar. Mimpi Leipzig untuk berjaya di Eropa pun belum kesampaian.

RB Leipzig sendiri adalah klub Jerman yang masih berusia sangat muda. Mereka didirikan pada 2009 lalu. Bisa tampil di Liga Champions sebenarnya capaian gemilang.

Musim 2022/2023 sendiri adalah musim kelima RB Leipzig bermain di Liga Champions. Seperti apa catatan mereka di ajang tersebut sejauh ini?

1. Gugur pada fase grup Liga Champions 2017/2018

Catatan RB Leipzig di Liga Champions, Pernah Capai Semifinal!RB Leipzig melawan FC Porto di Liga Champions 2017/2018. (twitter.com/RBLeipzig)

RB Leipzig pertama kali bermain di kasta tertinggi Liga Jerman pada 2016/2017. Mereka berstatus tim promosi setelah naik dari divisi kedua. Hebatnya, Leipzig langsung mengakhiri musim sebagai runner-up Bundesliga.

Leipzig pun berhak tampil di Liga Champions untuk pertama kali pada 2017/2018. Pada fase grup, mereka tergabung dengan Besiktas, FC Porto, dan AS Monaco. Sebagai debutan, capaian Leipzig cukup apik. Mereka sukses meraih 7 poin hasil 2 kali menang dan 1 kali seri.

Meski begitu, itu tak cukup meloloskan Leipzig ke babak knockout. Mereka finis di posisi ketiga grup hingga turun kasta ke Europa League. Di ajang tersebut, Leipzig berhasil mencapai babak perempat final sebelum disingkirkan Olympique Marseille.

2. Mencapai semifinal Liga Champions 2019/2020

Catatan RB Leipzig di Liga Champions, Pernah Capai Semifinal!RB Leipzig melawan PSG di Liga Champions 2019/2020. (twitter.com/RBLeipzig)

RB Leipzig sempat absen di Liga Champions 2018/2019. Namun, mereka langsung kembali ke Liga Champions pada musim berikutnya. Ternyata, Leipzig berhasil membuat kejutan dengan melaju hingga babak semifinal.

Sejak fase grup, penampilan Leipzig sudah memukau. Mereka lolos sebagai juara Grup G, mengungguli Olympique Lyon dan Benfica. Kemudian, Leipzig menyingkirkan Tottenham Hotspur pada babak 16 besar dengan agregat meyakinkan (4-0).

Lanjut ke perempat final, giliran Atletico Madrid yang jadi korban Leipzig. Langkah mereka baru terhenti di semifinal setelah kalah 0-3 oleh Paris Saint-Germain (PSG). Hingga kini, musim 2019/2020 menjadi musim terbaik RB Leipzig di Liga Champions.

Baca Juga: 5 Pemain Muda yang Pernah Dipinjam RB Leipzig, Mampu Bersinar?

3. Terhenti pada babak 16 besar Liga Champions 2020/2021

Catatan RB Leipzig di Liga Champions, Pernah Capai Semifinal!RB Leipzig melawan Liverpool di Liga Champions 2020/2021. (twitter.com/RBLeipzig)

Musim berikutnya, RB Leipzig kembali mencapai fase knockout Liga Champions. Pada fase grup, Leipzig sendiri sempat mengalahkan dua klub besar, yaitu PSG dan Manchester United. Mereka akhirnya lolos dari fase grup bersama PSG sekaligus menyisihkan Manchester United.

Laju Leipzig akhirnya hanya mentok sampai babak 16 besar. Bertemu Liverpool, Leipzig dihajar 0-2 di laga kandang maupun tandang. Di kedua laga, Mohamed Salah dan Sadio Mane jadi mimpi buruk Leipzig dengan torehan masing-masing satu gol.

4. Gagal lolos fase grup Liga Champions 2021/2022

Catatan RB Leipzig di Liga Champions, Pernah Capai Semifinal!RB Leipzig melawan Club Brugge di Liga Champions 2021/2022. (rbleipzig.com)

Musim 2021/2022 lalu, RB Leipzig berhasil meraih trofi mayor pertama dalam sejarah mereka. Christopher Nkunku dan kolega memenangi DFB-Pokal. Di Eropa, Leipzig juga berhasil mencapai semifinal Europa League.

Leipzig sendiri tampil di Europa League karena terhenti pada fase grup Liga Champions. Mereka hanya finis di posisi ketiga di bawah Manchester City dan PSG. Itu adalah kali kedua Leipzig gagal lolos dari fase grup Liga Champions dan turun kasta ke Europa League.

5. Dipermalukan Manchester City pada babak 16 besar Liga Champions 2022/2023

Catatan RB Leipzig di Liga Champions, Pernah Capai Semifinal!RB Leipzig melawan Manchester City di Liga Champions 2022/2023. (twitter.com/RBLeipzig)

Musim 2022/2023 ini, Leipzig sempat terancam gagal lolos dari fase grup Liga Champions. Mereka kalah dalam dua laga awal. Beruntung, Leipzig bangkit dan menyapu bersih empat laga tersisa dengan kemenangan. Mereka pun lolos sebagai runner-up grup.

Undian babak 16 besar mempertemukan Leipzig dengan Manchester City. Pada leg pertama, mereka sempat menahan imbang The Citizens 1-1 di kandang sendiri. Namun, saat bertamu ke markas lawan, Leipzig menelan hasil memalukan.

Bertanding di Etihad Stadium, Leipzig dicukur habis 0-7 oleh Manchester City. Selain tersingkir, rekor buruk bagi Leipzig juga tercipta di laga tersebut. Itu adalah kekalahan terbesar yang pernah diderita mereka di semua ajang sepanjang sejarah.

Sebagai klub yang belum lama berdiri, capaian RB Leipzig di Liga Champions terbilang apik. Mereka beberapa kali lolos ke fase knockout, bahkan sempat mencapai semifinal. Akankah suatu saat RB Leipzig membuat kejutan dengan menjuarai Liga Champions?

Baca Juga: 5 Rekrutan Mahal RB Leipzig Ini Gagal Bersinar, Tak Sesuai Ekspektasi!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya