Dipukul Everton, Chelsea Gagal Dekati 4 Besar Liga Inggris

The Blues terancam gagal lolos ke Liga Champions musim depan

Chelsea melewatkan kesempatan melewati Manchester United sekaligus mendekatkan diri ke 4 besar klasemen sementara Liga Inggris. Bertandang ke Goodison Park markas Everton, Eden Hazard cs dibungkam 0-2. Skuad asuhan Maurizio Sarri pun masih bertengger di peringkat 6 dan harus berjuang keras di sisa musim untuk merebut tiket ke Liga champions musim depan.

1. Gagal cetak gol di babak pertama, Chelsea "dihukum" Everton di babak kedua

Dipukul Everton, Chelsea Gagal Dekati 4 Besar Liga Inggrisstandard.co.uk

Tampil di kandang lawan, Chelsea sebenarnya tampil dominan dan rajin menekan pertahanan Everton. Khususnya di babak pertama, dimana mereka sempat mendapat peluang emas melalui sepakan Hazard yang mengenai tiang gawang dan tendangan jarak dekat Gonzalo Higuain yang digagalkan Jordan Pickford. Sebaliknya, Everton sama sekali tidak berbahaya di 45 menit pertama.

Namun situasinya berubah di babak kedua. Tuan rumah mulai berani keluar dan mengancam gawang Kepa Arrizabalaga. Usaha The Toffees pun langsung berbuah hasil di menit ke-49 melalui sundulan Richarlison memanfaatkan kemelut buah sepak pojok di depan gawang Chelsea. Tim tamu yang tersentak pun terus menekan pertahanan Everton.

Tapi bukannya menyamakan kedudukan, Chelsea malah semakin tertinggal. Richarlison kembali menjadi momok bagi lini belakang Chelsea setelah pergerakannya membuat Marcos Alonso terpaksa mengganjalnya dan membuahkan tendangan penalti bagi Everton. Eksekusi Gylfi Sigurdsson sempat ditahan kiper, namun bola rebound langsung disambar lagi olehnya untuk menutup laga dengan skor 2-0.

Baca Juga: Cetak Hat-trick, James Rodriguez Ingin Bertahan di Bayern Muenchen

2. Chelsea menurun lagi, Sarri tak bisa berikan penjelasan

Dipukul Everton, Chelsea Gagal Dekati 4 Besar Liga Inggrisgoal.com

Kekalahan ini adalah kekalahan pertama bagi Chelsea sejak takluk di final Carabao Cup bulan Februari lalu. Setelah itu mereka sempat tampil bagus dengan menang 4 kali dalam 5 pertandingan, namun kini kembali mengalami penurunan, khsusunya di babak kedua laga. Apa penyebabnya? Manager Maurizio Sarri mengaku tidak tahu jawabannya.

"Aku tidak tahu," kata Sarri. "Para pemain tidak tahu apa yang terjadi dan saat ini aku tak bisa menjelaskan. Kami memainkan, dalam pendapatku, babak pertama terbaik sepanjang musim ini dan kami bisa mencetak 4 atau 5 gol, tapi setelah itu kami berhenti bermain. Itu sangat aneh. Kami berhenti bertahan dan menyerang, semuanya. Kami menjadi tim lain, aku tidak tahu."

3. Sisa 8 laga, bagaimana peluang Chelsea lolos ke Liga Champions musim depan?

Dipukul Everton, Chelsea Gagal Dekati 4 Besar Liga Inggrisfutaa.com

The Blues kini duduk di peringkat ke 6 klasemen dengan 57 poin, terpaut 1 poin dari Manchester United di atasnya dan 3 poin dari Arsenal di posisi 4. Satu tim lain yang juga masih memperebutkan tiket Liga Champions adalah Tottenham Hotspur yang bertengger di peringkat ketiga dengan 61 poin. Keempat tim sama-sama telah memainkan 30 laga.

Di sisa 8 pertandingan, Chelsea masih akan berjibaku dengan Liverpool dan Manchester United serta derby London yang berpotensi sengit melawan West Ham. Jika kembali kehilangan poin di laga-laga tersebut, The Blues terancam kembali absen di Liga Champions musim depan.

Namun Hazard dkk masih punya satu jalur lain menuju Liga Champions musim depan: melalui Europa League. Ya, Chelsea akan tetap lolos ke Liga Champions meski gagal finis di 4 besar musim ini dengan jika mereka bisa menjadi juara Europa League. Saat ini mereka telah sampai di perempat final dan akan berhadapan dengan wakil Republik Ceko, Slavia Praha. Mampukah The Blues melakukannya?

Baca Juga: Pesta Gol, Barcelona Semakin Mantap di Puncak Klasemen La Liga

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya