Cristiano Ronaldo Cedera, Portugal Ditahan Serbia

Ronaldo yakin cederanya tak serius

Langkah Portugal di babak kualifikasi Euro 2020 kembali tertahan. Menjamu Serbia di Estadio do Sport Lisboa e Benfica, anak asuh Fernando Santos lagi-lagi harus puas dengan hanya 1 poin setelah dipaksa bermain sama kuat 1-1. Cristiano Ronaldo gagal memenuhi harapan besar di pundaknya dan malah harus keluar lapangan lebih awal karena cedera.

1. Kehilangan Cristiano Ronaldo, Portugal kesulitan bongkar pertahanan Serbia

Cristiano Ronaldo Cedera, Portugal Ditahan Serbiadbsportsonline.com

Bertindak sebagai tuan rumah, Portugal langsung mengambil inisiatif serangan ke jantung pertahanan Serbia. Hasilnya nyaris mereka dapat di menit ke-4 ketika William Carvalho mendapat kesempatan menembak di muka gawang Serbia, namun sepakannya membentur bek lawan dan melenceng tipis di sebelah kanan gawang.

Tiga menit berselang, justru Serbia yang memecah kebuntuan lebih dulu. Pelanggaran kiper Rui Patricio terhadap Mijat Gacinovic membuat wasit tak punya pilihan lain kecuali memberi hadiah penalti bagi tim tamu. Dusan Tadic maju sebagai eksekutor dan sukses menunaikan tugasnya untuk membawa Serbia unggul 1-0.

Tertinggal satu gol membuat Portugal semakin bernafsu untuk membombardir pertahanan Serbia. Namun serangan mereka selalu mentah akibat rapatnya lini belakang Serbia. Situasinya makin runyam ketika Cristiano Ronaldo yang diharapkan menjadi penyelamat Portugal justru mendapat cedera hamstring dan ditarik keluar di menit ke-31.

Tanpa Ronaldo, Portugal tetap tidak mengendurkan serangan. Mereka akhirnya meraih hasilnya di menit 42 melalui tembakan keras Danilo dari luar kotak penalti. Masih belum puas, Portugal terus menekan di sisa pertandingan, namun 70% penguasaan bola dan 28 tembakan akhirnya tak berarti karena hingga akhir laga mereka tak mampu menambah gol. Laga pun ditutup dengan skor 1-1.

Baca Juga: Euro 2020: Gasak Islandia, Deschamps Nikmati Permainan Prancis

2. Ditahan imbang dua kali beruntun, Portugal duduk di peringkat ketiga grup B

Cristiano Ronaldo Cedera, Portugal Ditahan Serbiaoaoa.com

Hasil imbang ini adalah yang kedua beruntun bagi Selecao das Quinas setelah di laga perdana versus Ukraina pun mereka harus puas berbagi poin hasil skor kacamata. Gagal memanfaatkan 2 laga kandang, Portugal kini duduk di peringkat ketiga grup B dengan 2 poin, di bawah Ukraina dan Luksemburg dengan masing-masing 4 dan 3 poin.

Masih ada 6 pertandingan sisa bagi Crisitiano Ronaldo dkk, artinya peluang mereka lolos ke Euro 2020 masih terbuka lebar meski sedikit tersendat. Setelah ini Portugal harus mengalihkan konsentrasi mereka ke babak semifinal Nation League melawan Swiss pada 6 Juni. Mereka baru akan memainkan laga ketiga kualifikasi Euro pada 8 September dengan gantian bertandang ke Serbia.

3. Bagaimana kabar cedera Cristiano Ronaldo?

Cristiano Ronaldo Cedera, Portugal Ditahan Serbiaas.com

Meski kembali gagal membawa kemenangan bagi Portugal, nama Cristiano Ronaldo pasti akan selalu menjadi sorotan. Merasakan cedera hamstring di setengah jam pertama, Ronaldo langsung mengisyaratkan agar dirinya ditarik keluar untuk menghindari situasi yang lebih buruk. Apakah cederanya serius?

Ditemui seusai laga, sang mega bintang Juventus menyebut bahwa dirinya sama sekali tidak mengkhawatirkan cederanya. Juventus memang bakal mendapat kerugian besar jika harus kehilangan Ronaldo untuk waktu lama di saat-saat krusial di akhir musim, namun Ronaldo menegaskan bahwa ia yakin hal itu tak akan terjadi.

"Aku tidak khawatir, karena aku tahu betul tubuhku," katanya. "Itu biasa terjadi, ini sepak bola. Siapa pun yang bermain mengambil risiko. Aku sangat tenang, karena aku tahu aku akan kembali bugar dalam satu atau dua minggu tanpa masalah."

Juventus khususnya akan butuh jasa Ronaldo saat melakoni laga pertama perempat final Liga Champions melawan Ajax di Amsterdam pada 10 April, serta laga kedua 6 hari berselang. Setelah terbukti sebagai jagoan Liga Champions pada babak 16 besar melawan Atletico, Ronaldo diharapkan melakukan hal yang sama di hadapan anak-anak muda Ajax. Mampukah ia melakukannya?

Baca Juga: Inggris dan Prancis Awali Kualifikasi Euro 2020 dengan Baik

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya