Comscore Tracker

Cristiano Ronaldo Terus di Puncak Performa, Kaka: Itu Efek Messi

Ronaldo termotivasi untuk unggul dari Messi

Tidak diragukan lagi, Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain terbaik dunia. Selama lebih dari 10 tahun terakhir, ia konsisten menampilkan performa gemilang di level tertinggi sepak bola dunia. Hampir semua gelar kolektif maupun individu telah sukses direngkuhnya, disertai puluhan rekor yang telah dipecahkannya.

Kini, usia Ronaldo sudah menginjak 34 tahun, dan ia telah meraih hampir segalanya di dunia sepak bola. Pada situasi demikian, umumnya seorang pemain akan mulai mengalami penurunan karier karena faktor usia maupun karena rasa lapar gelar yang telah berkurang. Namun tidak demikian halnya dengan Ronaldo, yang masih terus berada di puncak performa hingga sekarang. Apa rahasianya?

1. Kaka: Ronaldo termotivasi oleh Messi

Cristiano Ronaldo Terus di Puncak Performa, Kaka: Itu Efek Messimirror.co.uk

Menurut Ricaro Izecson dos Santos Leite alias Kaka, konsistensi Ronaldo salah satunya disebabkan oleh 'efek Messi'. Sang mantan gelandang Brasil yang pernah menjadi kompatriot Ronaldo di Real Madrid itu menyebut bahwa Ronaldo tidak pernah kehabisan motivasi untuk tampil bagus, karena ia selalu ingin lebih unggul dari Lionel Messi.

"Itu tidak membuatku terkejut karena apa yang terjadi, itu membuatku terkejut karena dia masih berada di level ini," kata Kaka. "Aku yakin ada efek Messi, tantangan tanpa batas, hasrat untuk selalu mengungguli dirinya. Di usia 34 tahun dan setelah begitu banyak kesuksesan, Cristiano masih menemukan motivasi yang mengejutkan."

Baca Juga: Buktikan Masih Bertaji, Rooney Cetak Hattrick Bersama DC United

2. Perbandingan pencapaian Ronaldo dan Messi musim ini

Cristiano Ronaldo Terus di Puncak Performa, Kaka: Itu Efek Messimarca.com

Berusia 3 tahun lebih tua dari Messi, Ronaldo memang secara mengejutkan terus konsisten di level teratas. Pindah dari La Liga bersama Real Madrid ke Serie A bersama Juventus terbukti tidak memberikan kendala berarti bagi pemain berjuluk CR7 tersebut. Sejauh ini ia masih berstatus top skor Juve dengan 24 gol dari 36 laga di semua ajang.

Statistik tersebut seolah membuktikan bahwa Ronaldo memang tidak mau kalah dari Messi yang sering disebut-sebut sebagai rival abadinya. Saat ini perolehan Messi bisa dibilang lebih baik dengan catatan 36 gol dari 35 partai di semua kompetisi. Namun di sisa akhir musim ini, bukan mustahil Ronaldo akan mengejar Messi dengan terus menambah pundi-pundi golnya.

3. Ronaldo vs Messi di final Liga Champions musim ini?

Cristiano Ronaldo Terus di Puncak Performa, Kaka: Itu Efek Messias.com

Barcelona saat ini masih berpeluang meraih treble ketiga mereka dalam 10 tahun terakhir. Sementara Juventus hampir pasti meraih Scudetto kedelapan berturut-turut dan berpeluang melengkapinya dengan trofi Liga Champions. Khusus di ajang Liga Champions, Messi dan Ronaldo berpeluang bertemu untuk pertama kalinya sejak kepindahan Ronaldo dari Madrid.

Ya, kedua pemain bisa jadi akan bertemu jika sama-sama mampu melangkah ke babak final Liga Champions musim ini. Meninjau penampilan hebat keduanya saat membawa klubnya masing-masing lolos dari babak 16 besar, peluang tersebut tampaknya terbuka lebar. Jika terwujud, partai itu akan jadi klimaks pertarungan dua pemain terbaik sejagat yang pasti dinantikan pencinta sepakbola di seluruh dunia.

Baca Juga: Undian Semifinal Piala FA: Manchester City di Ambang Juara? 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya