4 Didikan Akademi Barcelona Bisa Raih Trofi LaLiga Perdana pada 2023

Deretan pemain muda potensial milik Barcelona

Peluang Barcelona menjuarai LaLiga Spanyol 2022/2023 terbuka lebar. Hingga pekan ke-24, Barca masih kokoh di puncak klasemen. Mereka unggul sembilan poin atas sang rival, Real Madrid, yang menempati peringkat kedua.

Jika akhirnya juara, maka beberapa pemain Barcelona musim ini bakal mengangkat trofi LaLiga untuk pertama kalinya. Itu termasuk empat pemain lulusan akademi mereka sendiri.

Inilah empat didikan akademi Barcelona yang bisa meraih trofi LaLiga perdana pada 2023.

1. Ansu Fati

4 Didikan Akademi Barcelona Bisa Raih Trofi LaLiga Perdana pada 2023Ansu Fati (instagram.com/ansufati)

Ansu Fati adalah salah satu pemain lulusan akademi terbaik yang dimiliki Barcelona saat ini. Pemain berposisi winger ini sudah membela tim senior Barca sejak 2019. Debutnya bahkan terjadi saat usianya belum genap 17 tahun.

Sejauh ini, Ansu Fati sudah tampil 94 kali dan mencetak 25 gol bagi Barca. Dua trofi juga sudah diraihnya bersama Blaugrana, yaitu Copa del Rey 2020/2021 dan Piala Super Spanyol 2022/2023. Musim ini, ia berpeluang melengkapi koleksinya dengan trofi LaLiga.

2. Gavi

4 Didikan Akademi Barcelona Bisa Raih Trofi LaLiga Perdana pada 2023Gavi (instagram.com/pablogavi)

Trofi LaLiga perdana juga jadi incaran Gavi musim ini. Pemain bernama lengkap Pablo Martín Paez Gavira ini baru mulai membela tim senior Barca pada 2021. Sejauh ini, capaian Gavi bersama Barca baru berupa Piala Super Spanyol 2022/2023.

Jika Barca sukses juara LaLiga musim ini, maka hal itu tentu tak lepas dari andil Gavi. Ia sudah jadi andalan di lini tengah Barca meski baru berusia 18 tahun. Hingga kini, Gavi telah bermain 82 kali di semua ajang dan menyumbang 4 gol serta 11 assist.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Piala Dunia, Gavi Pecahkan Rekor!

3. Inaki Pena

4 Didikan Akademi Barcelona Bisa Raih Trofi LaLiga Perdana pada 2023Inaki Pena (instagram.com/inakipenya)

Ada pula Inaki Pena, kiper jebolan akademi Barcelona. Pena baru musim ini membela tim senior Barca. Debutnya terjadi di partai terakhir fase grup Liga Champions Eropa 2022/2023. Setelah itu, ia juga sempat tampil dua kali di Copa del Rey.

Pena saat ini berstatus kiper pilihan kedua di Barcelona setelah Marc-Andre ter Stegen. Baru berusia 24 tahun, masa depannya masih panjang. Bukan mustahil, suatu saat nanti Inaki Pena akan dipercaya menjadi kiper utama Blaurgana.

4. Eric Garcia

4 Didikan Akademi Barcelona Bisa Raih Trofi LaLiga Perdana pada 2023Eric Garcia (instagram.com/ericgm3)

Eric Garcia juga pemain didikan akademi Barcelona. Namun, ia memulai karier profesionalnya bersama Manchester City. Garcia sempat berseragam Manchester City pada 2018–2021 dan memenangi tiga trofi. Setelah itu, ia kembali ke Barcelona pada musim panas 2021.

Sejauh ini, Eric Garcia telah tampil 57 kali bagi Barcelona. Namun, bek tengah berusia 22 tahun ini tak selalu jadi pilihan utama. Ia sering dirotasi dengan bek-bek lain yang dimiliki Barca.

5. Tiga pemain lulusan akademi Barcelona sudah pernah meraih trofi LaLiga

4 Didikan Akademi Barcelona Bisa Raih Trofi LaLiga Perdana pada 2023Sergio Busquets adalah salah satu lulusan akademi Barcelona. (instagram.com/5sergiob)

Selain empat nama di atas, masih ada pemain lulusan akademi Barcelona pada 2022/2023. Mereka adalah Sergio Busquets, Jordi Alba, dan Sergi Roberto. Namun, ketiganya sudah senior dan sudah lama membela Barcelona.

Karena itu, mereka sudah berpengalaman memenangi LaLiga, bahkan berkali-kali. Menjuarai LaLiga musim ini tak akan jadi hal baru bagi mereka. Namun, itu bisa menjadi salah satu persembahan terakhir mereka pada usia yang sudah makin senior.

Memenangi trofi LaLiga perdana bakal jadi momen spesial bagi empat pemain muda Barcelona di atas. Kepercayaan diri dan semangat mereka pasti akan meningkat untuk terus berburu trofi.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Barcelona ke Klub LaLiga Lainnya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya