Comscore Tracker

5 Eks Bintang Premier League Kini Jadi Asisten Pelatih Klub Inggris

Langkah awal sebelum jadi pelatih utama

Dalam dunia sepak bola, seorang pemain yang sudah pensiun seringkali alih profesi menjadi pelatih. Saat baru memulai kariernya, umumnya seorang pelatih akan lebih dulu menerima jabatan sebagai asisten pelatih. Setelah menimba pengalaman, barulah ia akan naik pangkat menjadi pelatih utama sebuah tim.

Saat ini, ada beberapa mantan pemain top yang sedang berkarier sebagai asisten pelatih. Contohnya adalah kelima nama berikut ini yang merupakan mantan bintang Premier League. Kini, mereka tengah menjabat sebagai asisten pelatih klub Inggris, baik di Premier League maupun EFL Championship.

1. Ashley Cole

5 Eks Bintang Premier League Kini Jadi Asisten Pelatih Klub InggrisFrank Lampard dan Ashley Cole (instagram.com/theofficialac3)

Ashley Cole adalah salah satu bek kiri terbaik dalam sejarah Premier League Inggris. Cole pernah sukses meraih trofi Premier League bersama dua klub, yaitu Arsenal dan Chelsea. Ia juga pernah memenangi trofi Liga Champions, Piala FA, dan sejumlah trofi lain selama berkarier di Premier League.

Cole pensiun sebagai pemain pada 2019. Setelah itu, Cole sempat menjabat sebagai pelatih tim junior Chelsea selama sekitar tiga tahun. Kini, Cole sudah meninggalkan Chelsea untuk menjadi asisten pelatih Frank Lampard yang sedang membesut Everton sejak Februari 2022.

2. Kolo Toure

5 Eks Bintang Premier League Kini Jadi Asisten Pelatih Klub InggrisKolo Toure (lcfc.com)

Kolo Toure juga pernah menjuarai Premier League bersama dua klub. Mantan bek asal Pantai Gading ini jadi rekan setim Ashley Cole saat juara Premier League 2003/2004. Setelah itu, Toure hijrah ke Manchester City dan meraih trofi Premier League keduanya pada 2011/2012.

Setelah gantung sepatu pada 2017, Toure langsung memulai karier di dunia kepelatihan. Ia pernah menjadi asisten pelatih Timnas Pantai Gading serta Celtic FC. Sejak 2019, Toure menjadi asisten pelatih Brendan Rodgers di Leicester City. Ia turut andil membawa Leictester juara Piala FA 2020/2021.

Baca Juga: 5 Pelatih Inggris yang Menangani Klub Premier League pada 2022/2023

3. Luis Boa Morte

5 Eks Bintang Premier League Kini Jadi Asisten Pelatih Klub InggrisLuis Boa Morte (fulhamfc.com)

Masih ada lagi mantan pemain Arsenal yang kini jadi asisten pelatih klub Premier League. Ia adalah Luis Boa Morte, eks gelandang asal Portugal. Boa Morte turut menjuarai Premier League 1997/1998 bersama The Gunners. Selain Arsenal, Boa Morte juga sempat membela Fulham di Premier League untuk kurun waktu yang cukup lama.

Kini, Boa Morte dipercaya menjadi asisten pelatih di mantan klubnya, Fulham. Ia mengemban jabatan tersebut sejak Juni 2021 sekaligus turut membawa The Cottagers promosi ke Premier League 2022/2023. Sebelum di Fulham, Boa Morte juga sempat jadi asisten pelatih Everton pada 2019.

4. Craig Bellamy

5 Eks Bintang Premier League Kini Jadi Asisten Pelatih Klub InggrisCraig Bellamy (burnleyfootballclub.com)

Ada pula beberapa eks bintang Premier League yang kini menjadi asisten pelatih klub EFL Championship. Craig Bellamy adalah salah satunya. Semasa bermain, winger asal Wales ini pernah membela beberapa klub Premier League, termasuk Liverpool dan Manchester City.

Usai pensiun pada 2014, Bellamy mulai berkarier sebagai asisten pelatih. Ia pernah jadi asisten pelatih Vincent Kompany di dua klub berbeda, yaitu Anderlecht pada 2021/2022 dan kini di Burnley. Tugas pertama Kompany dan Bellamy tentunya adalah membawa Burnley kembali ke Premier League setelah musim lalu terdegradasi.

5. John O'Shea

5 Eks Bintang Premier League Kini Jadi Asisten Pelatih Klub InggrisJohn O'Shea (stokecityfc.com)

John O'Shea juga adalah eks pemain yang sukses di Premier League. Mantan pemain bertahan versatile ini membela Manchester United selama 12 tahun dan meraih 14 trofi, termasuk 5 gelar Premier League dan 1 trofi Liga Champions. Setelah pensiun, pria asal Republik Irlandia ini segera menjajaki karier sebagai pelatih.

O'Shea pernah menjadi asisten pelatih Reading medio 2019–2021. Kini, ia baru saja ditunjuk sebagai asisten pelatih baru Stoke City mengarungi musim kompetisi 2022/2023. Bisakah ia bantu mengangkat performa Stoke City yang terbilang cukup buruk di Championship dalam empat musim terakhir?

Asisten pelatih yang berprestasi tentunya berpeluang meningkatkan karier menjadi pelatih utama suatu saat nanti. Dari kelima nama asisten pelatih dari eks bintang Premier League di atas, menurutmu siapa yang bakal jadi pelatih kepala terlebih dahulu?

Baca Juga: 5 Pelatih Premier League Berpotensi Dipecat Lebih Awal Musim 2022/2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya