3 Eks Borussia Dortmund yang Juara LaLiga Bersama Real Madrid

Jude Bellingham terbaru

Musim 2023/2024 menjadi musim yang sukses bagi sejumlah pemain anyar klub-klub Eropa. Setelah pindah klub pada musim panas 2023, mereka tak butuh waktu lama untuk bersinar. Salah satu yang paling menonjol adalah Jude Bellingham. Gelandang Inggris itu langsung gacor bersama Real Madrid usai diboyong dari Borussia Dortmund.

Sinar Bellingham bahkan langsung menghasilkan tiga trofi bagi Real Madrid. Los Blancos memenangi LaLiga Spanyol, Liga Champions Eropa, dan Piala Super Spanyol. Sukses Bellingham di LaLiga khususnya menarik diulas. Pasalnya, ia bukan pemain pertama yang juara LaLiga bersama Real Madrid usai bergabung dari Dortmund.

Termasuk Bellingham, ada tiga pemain yang pernah sukses melakukan hal itu. Uniknya, mereka semua langsung berjaya di LaLiga pada musim debutnya. Inilah ketiga pemain tersebut.

1. Christoph Metzelder pernah juara liga bersama Borussia Dortmund dan Real Madrid

3 Eks Borussia Dortmund yang Juara LaLiga Bersama Real MadridChristoph Metzelder (thesefootballtimes.co)

Pertama, ada Christoph Metzelder, bek asal Jerman yang membela Borussia Dortmund pada 2000–2007. Metzelder sempat meraih sukses bersama Dortmund pada 2001/2002. Ia menjadi bek andalan Dortmund dan membawa mereka juara Bundesliga Jerman. Dortmund juga mencapai final Piala UEFA musim tersebut meski gagal juara.

Setelah habis kontrak di Dortmund, Metzelder merapat ke Real Madrid pada 2007. Musim debut Metzelder di Spanyol sempat diganggu cedera panjang. Sepanjang 2007/2008, ia hanya merumput 13 kali di semua ajang. Beruntung, Metzelder masih bisa mengangkat trofi LaLiga yang dimenangi Real Madrid pada musim tersebut.

Metzelder terus lanjut membela Real Madrid hingga 2010. Namun, ia tak menjadi pilihan utama dan sempat beberapa kali cedera lagi. Metzelder pun meninggalkan Real Madrid dengan catatan hanya 31 penampilan dalam 3 musim.

Baca Juga: 4 Klub LaLiga yang Ganti Pelatih Lebih dari Sekali pada 2023/2024

2. Nuri Sahin turut membawa Real Madrid juara LaLiga 2011/2012 meski hanya empat kali tampil

3 Eks Borussia Dortmund yang Juara LaLiga Bersama Real MadridNuri Sahin (marca.com)

Nuri Sahin pun sempat memenangi Bundesliga Jerman sebelum diboyong Real Madrid. Sahin adalah salah satu pemain kunci Borussia Dortmund saat juara Bundesliga 2010/2011. Ia tampil 30 kali dan menyumbang 6 gol serta 8 assist di Bundesliga musim tersebut. Alhasil, kiprah gelandang Turki itu pun menarik perhatian Real Madrid.

Sahin digaet Real Madrid pada musim panas 2011. Ia menyebut, bergabung dengan Real Madrid adalah impian yang jadi nyata. Sayangnya, nasib Sahin di Real Madrid ternyata tak seindah itu. Ia sempat dihantam cedera pada awal musim. Setelah pulih pun Sahin kesulitan merebut tempat inti di skuad bertabur bintang milik Los Blancos.

Pada akhirnya, Sahin hanya tampil empat kali bagi Real Madrid di LaLiga 2011/2012. Ia juga gagal menyumbang gol maupun assist. Namun, Sahin tetap tercatat sebagai salah satu pemenang LaLiga musim tersebut. Setelah itu, Sahin sempat dipinjamkan Real Madrid ke dua klub sebelum akhirnya hengkang permanen pada 2014.

3. Jude Bellingham menjadi top skor Real Madrid di LaLiga 2023/2024 dengan 19 gol

3 Eks Borussia Dortmund yang Juara LaLiga Bersama Real MadridJude Bellingham (instagram.com/judebellingham)

Tak seperti dua nama di atas, Jude Bellingham tak pernah juara Bundesliga bareng Borussia Dortmund. Bellingham berbaju Dortmund pada 2020–2023, alias periode ketika Bundesliga didominasi Bayern Munich. Namun, aksi Bellingham bersama Dortmund tetap jadi sorotan. Ia bersinar dengan catatan total 24 gol dan 25 assist dalam 132 penampilan.

Real Madrid pun berani memboyong Bellingham dengan harga 103 juta euro atau Rp1,8 triliun. Ternyata, Bellingham sukses membuktikan kepantasannya dihargai mahal. Ia tampil gemilang sepanjang 2023/2024. Di LaLiga, gelandang 20 tahun itu menjadi top skor Los Blancos dengan torehan 19 gol.

Trofi Liga Champions yang dimenangi Real Madrid pun tak lepas dari andil Bellingham. Ia tampil dalam 11 laga hingga final dan mencetak 4 gol serta 5 assist. Alhasil, Bellingham memenangi dua penghargaan individu pada akhir 2023/2024. Ia terpilih jadi pemain terbaik di LaLiga dan pemain muda terbaik di Liga Champions.

Baca Juga: 5 Pemain LaLiga yang Memperkuat Timnas Prancis di Euro 2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya