Fakta Menarik yang Tercipta dari Kemenangan Inggris atas Panama

#WorldCup2018 The Three Lions bantai Panama 6-1

Timnas Inggris berhasil meraih kemenangan telak 6-1 atas Panama dalam pertandingan kedua grup G piala dunia 2018. Hat-trick Harry Kane, dua gol John Stones, serta satu gol tambahan dari Jesse Lingard yang hanya dibalas sekali oleh Felipe Baloy membawa The Three Lions meraih poin penuh sekaligus memastikan satu tempat di babak 16 besar. Berikut fakta-fakta menarik dari laga seru tersebut:

1. Kemenangan terbesar Inggris di piala dunia

Fakta Menarik yang Tercipta dari Kemenangan Inggris atas Panamafifa.com

Dilansir dari eurosport.com, skor 6-1 tercatat sebagai kemenangan terbesar Inggris sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di piala dunia, sekaligus jumlah gol terbanyak mereka dalam satu pertandingan. Sebelumnya Inggris tidak pernah mencetak lebih dari 3 gol dalam satu laga piala dunia, dimana kemenangan 3-0 atas Denmark di edisi 2002 serta Paraguay dan Polandia pada 1998 menjadi rekor yang kini telah patah.

2. Inggris naik ke puncak klasemen sementara

Fakta Menarik yang Tercipta dari Kemenangan Inggris atas Panamafifa.com

Hasil fantastis yang Inggris raih juga mengantarkan mereka naik ke posisi teratas klasemen sementara grup G menggeser Belgia. Inggris dan Belgia memang memiliki jumlah poin yang sama (6 poin) serta jumlah memasukkan-kemasukan yang identik (8-2), namun skuad asuhan Gareth Southgate berhak berada di puncak karena unggul dalam hal fair play, dimana mereka 

baru mendapat 2 kartu kuning sementara pemain Belgia telah mengoleksi 3 kartu kuning.

3. Harry Kane top skorer sementara

Fakta Menarik yang Tercipta dari Kemenangan Inggris atas Panamafifa.com

Penyerang Inggris Harry Kane berhasil mencetak hat-trick dalam laga ini, dengan dua di antaranya berasal dari titik putih di menit 22 dan menit 45+1, serta satu gol tambahan di menit 62. Tiga gol tersebut tidak hanya menjadikan Kane sebagai pemain Inggris ketiga yang sukses mencetak hat-trick di piala dunia, tapi juga mengantarkannya melesat ke posisi puncak daftar top skorer sementara dengan 5 gol dari 5 shot on target dalam dua partai, sesuai data Opta.

4. Jumlah gol terbanyak kedua Inggris di piala dunia

Fakta Menarik yang Tercipta dari Kemenangan Inggris atas Panamafifa.com

Tambahan 6 gol juga membuat Inggris kini telah mengoleksi 8 gol hanya dari 2 pertandingan. Raihan tersebut sudah menyamai torehan 8 gol mereka di piala dunia 1990, namun saat itu jumlah tersebut baru dicapai setelah 7 pertandingan, dimana The Three Lions mengakhiri turnamen di tempat keempat.

Dengan minimal 2 pertandingan lagi yang masih akan mereka mainkan, Inggris berpeluang besar menyamai atau bahkan melampaui jumlah gol terbanyak mereka di piala dunia, yaitu 11 gol pada piala dunia 1966. Kala itu Inggris bertindak sebagai tuan rumah dan berhasil memenangi trofi piala dunia pertama mereka sekaligus satu-satunya hingga saat ini.

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya