Comscore Tracker

Gagal Penalti Hingga Chelsea Kalah, Ross Barkley Dicerca dan Dibela

Sempat berebut dengan Jorginho dan Willian

Chelsea memulai petualangan mereka di Liga Champions musim ini dengan buruk. Menjamu Valencia di Stamford Bridge, The Blues kalah 0-1 akibat gol tunggal Rodrigo. Kegagalan Ross Barkley mengeksekusi penalti di penghujung laga membuat Chelsea urung meraih satu poin pun. Cercaan pun mendera Barkley, namun ada pula dukungan menghampiri.

1. Diwarnai adegan 'berebut' penalti, Ross Barkley gagal tunaikan tugas

Gagal Penalti Hingga Chelsea Kalah, Ross Barkley Dicerca dan Dibelafoxsportsasia.com

Proses yang terjadi memang cukup memancing reaksi. Dalam kondisi tertinggal 0-1, Chelsea mendapat penalti di menit ke-86 menyusul handball pemain Valencia di kotak terlarang. Wasit menunjuk titik putih, dan Chelsea punya kesempatan emas menyamakan kedudukan.

Uniknya sempat terjadi semacam 'rebutan' antara dua penendang penalti reguler Chelsea, Jorginho dan Willian, dengan Ross Barkley yang baru masuk lapangan 6 menit sebelumnya. Dengan gaya meyakinkan, Barkley bersikeras bahwa dirinya yang akan mengambil tendangan. Namun sayang, tendangan kerasnya membentur mistar dan mental keluar lapangan.

Chelsea pun gagal menyamakan skor dan harus puas mengakhiri laga tanpa poin. Laga debut Frank Lampard sebagai pelatih Chelsea di Liga Champions pun berakhir buruk, dan The Blues kini duduk di posisi ketiga klasemen sementara grup H, di bawah Ajax Amsterdam dan Valencia.

2. Legenda Chelsea semprot Ross Barkley yang tidak respek

Gagal Penalti Hingga Chelsea Kalah, Ross Barkley Dicerca dan Dibelaindependent.co.uk

Usai laga, sorotan pun banyak tertuju pada kegagalan Barkley yang menyebabkan Chelsea terjungkal. Mantan striker legendaris Chelsea Eidur Gudjohnsen bereaksi keras terhadap apa yang Barkley lakukan saat timnya mendapat penalti. Bagi pria asal Islandia tersebut, Barkley telah bersikap tidak respek.

"Tidak merespek rekan setim untuk melakukan apa yang seperti Ross Barkley lakukan malam ini," kata Gudjohnsen dilansir Talksport. "Aku cukup yakin sudah jelas siapa penendang penalti sebelum pertandingan.

Hanya menciptakan kegaduhan, ketegangan antara rekan setim dan dirimu dan lalu gagal menendang penalti. Anda membuat jauh lebih besar tekanan bagi diri sendiri daripada menendang penalti itu sendiri."

Gudjohnsen juga melayangkan kritik kepada kapten Cesar Azpilicueta yang disebutnya tidak bisa mengontrol situasi. Menurutnya, seorang kapten seharusnya bisa bersikap tegas supaya tidak terjadi kebingungan soal siapa yang harus menendang.

"Jika Anda adalah pelatih dalam situasi seperti ini, di mana satu, dua, tiga, empat pemain berdiri di hadapan bola, dan ada pertanyaan siapa yang akan menendang, tidakkah Anda ingin sang kapten maju dan berkata, 'Dengar, sudah ditentukan sebelum pertandingan siapa penendang penalti? Tunjukkan wewenang sebagai kapten dan buat keputusan untuk semua orang yang ada di lapangan," sambung Gudjohnsen.

Baca Juga: Chelsea Tersungkur di UCL, Frank Lampard: Ini Jadi Pelajaran Buat Kami

3. Lampard dan Azpilicueta bela Barkley sebagai penendang penalti Chelsea

Gagal Penalti Hingga Chelsea Kalah, Ross Barkley Dicerca dan Dibelagoal.com

Barangkali tidak hanya Gudjohnsen, tapi banyak juga fans Chelsea yang merasa kesal dengan apa yang dilakukan Barkey. Namun manager Frank Lampard ternyata membela pemainnya itu dengan menyebut bahwa Barkley memang ditugaskan sebagai penendang pada laga ini.

"Ross adalah penendang penalti, dia penendangnya ketika dia memulai laga jadi dia mengambilnya dan gagal," kata Lampard dilansir dari Metro. "Ada cerita besar jika ada pertentangan antara pemain tapi jelas itu tidak ada. Ross mengambilnya dan gagal. Jika dia berhasil tidak akan ada yang mempertanyakan tapi dia gagal.

"Dia mengambil penalti saat pre-season dan berhasil. Dia hanya gagal mengambil penalti, itu saja. Anda melihat ke depan dan Anda memiliki penendang penalti tapi itu adalah Ross dan dia gagal."

Kapten Cesar Azpilicueta yang juga dikritik Gudjohnsen pun ikut angkat bicara. Ia menyebut bahwa Barkley adalah penendang penalti yang bagus, hanya saja sedang tidak beruntung.

"Ross adalah salah satu penendang penalti terbaik di tim dan seseorang yang mengambilnya," katanya dilansir Goal. "Dia punya kepercayaan diri dan dia tidak beruntung tendangannya membentur tiang."

Bagaimana pun, Lampard dan Azpilicueta dituntut untuk menjaga suasana ruang ganti tetap harmonis karena Chelsea akan segera kedatangan lawan berat akhir pekan ini: Liverpool. Seperti Chelsea, The Reds sendiri baru saja mengalami kekalahan di tangan Napoli di Liga Champions. Siapakah yang akan keluar sebagai pemenang pada laga big match nanti?

Baca Juga: Tampil Gagah Berani, Valencia Curi Tiga Poin dari Markas Chelsea

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You