Comscore Tracker

5 Pemain Asing Barcelona dengan Gol Terbanyak setelah Lionel Messi

Salah satu pemain berasal dari daratan Asia, lho!

Tanpa keraguan, Lionel Messi adalah pemain terbaik yang pernah dimiliki Barcelona. Meski kini sudah hengkang, mega bintang asal Argentina itu masih memegang dua rekor terhebat di Barca; penampil sekaligus pencetak gol terbanyak dengan catatan 778 penampilan dan 672 gol.

Setelah Lionel Messi, ada beberapa pemain dengan torehan gol yang juga menakjubkan bagi Barcelona. Banyak dari antara mereka yang berasal dari luar Spanyol seperti Messi.

Berikut ulasan kelima pemain asing dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah Barcelona setelah Lionel Messi. Siapa favoritmu?

1. Luis Suarez (198 gol)

5 Pemain Asing Barcelona dengan Gol Terbanyak setelah Lionel MessiLuis Suarez (fcbarcelona.com)

Luis Suarez adalah pemain tertajam ketiga sepanjang sejarah Barcelona. Selama membela Barca pada 2014–2020, ia bermain 283 kali di semua ajang dan mencetak 198 gol. Jumlah gol itu membuatnya hanya kalah dari Lionel Messi serta legenda Barca asal Spanyol, Cesar Rodriguez, yang mencetak 232 gol.

Selain piawai mencetak gol, Suarez juga sukses membuat 97 assists selama berseragam Barca. Ia pun berandil besar dalam kesuksesan Blaugrana meraih 13 trofi, termasuk 4 trofi LaLiga dan 1 trofi Liga Champions. Belum lagi, Suarez juga sempat menjadi top skor LaLiga serta terpilih jadi pemain terbaik Barcelona pada musim 2015/2016.

2. Laszlo Kubala (194 gol)

5 Pemain Asing Barcelona dengan Gol Terbanyak setelah Lionel MessiLaszlo Kubala (fcbarcelona.com)

Berselisih empat gol dari Suarez, ada nama Laszlo Kubala, striker kelahiran Hungaria yang juga memiliki kewarganegaraan Spanyol. Kubala membela Barca medio 1950–1961 dengan catatan 194 gol dalam laga resmi. Sementara itu, jika digabung dengan partai tak resmi, koleksinya mencapai 281 gol.

Berkat ketajaman Kubala, Barca sukses meraih 14 trofi. Raihan itu termasuk 4 trofi LaLiga serta trofi dari berbagai kompetisi yang sekarang sudah tak diselenggarakan lagi. Pada tahun 1957, Kubala juga sempat menempati posisi kelima dalam pemilihan Ballon d'Or.

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona yang Diuntungkan dari Hengkangnya Messi ke PSG

3. Paulino Alcantara (143 gol)

5 Pemain Asing Barcelona dengan Gol Terbanyak setelah Lionel MessiPaulino Alcantara (fcbarcelona.com)

Nama Paulino Alcantara mungkin tak terlalu populer di kalangan fans Barcelona era modern. Padahal, Alcantara memiliki rekor gol yang menakjubkan bersama Barcelona, yaitu 395 gol dal 399 penampilan! Fakta ini membuatnya sempat jadi top skor sepanjang masa Barca sebelum akhirnya dilewati Lionel Messi.

Namun, jumlah 395 gol adalah total gol yang diciptakan Alcantara dalam seluruh laga, baik resmi maupun tak resmi. Jika dihitung dari partai resminya saja, torehan Alcantara tinggal 143 gol saja. Alcantara sendiri membela Barca dalam dua periode berbeda, yaitu pada 1912–1916 dan 1918–1927.

Fakta unik lain yang dimiliki Alcantara adalah ternyata ia berasal dari Asia, tepatnya Filipina. Ia pun sempat membela Timnas Filipina meski akhirnya berganti membela Timnas Spanyol seiring berjalannya waktu. 

4. Samuel Eto'o (131 gol)

5 Pemain Asing Barcelona dengan Gol Terbanyak setelah Lionel MessiSamuel Eto'o (fcbarcelona.com)

Berikutnya, ada Samuel Eto'o, pemain Afrika tertajam yang pernah membela Barcelona. Eto'o berseragam Barca pada 2004–2009.

Selama periode tersebut, ia sukses mencetak 131 gol dalam 201 penampilan di semua ajang. Ketajaman bomber Kamerun ini sempat membuatnya jadi top skor LaLiga 2005/2006.

Eto'o juga sukses mengantarkan Barca meraih 8 trofi, termasuk 3 gelar LaLiga dan 2 trofi Liga Champions. Bersama Timnas Kamerun pun Eto'o tercatat sebagai top skor sepanjang masa serta dua kali membawa negaranya juara Piala Afrika. Tak heran jika ia banyak dianggap sebagai salah satu pemain Afrika terbaik sepanjang masa.

5. Rivaldo (130 gol)

5 Pemain Asing Barcelona dengan Gol Terbanyak setelah Lionel MessiRivaldo (fcbarcelona.com)

Terakhir, ada nama Rivaldo, mantan bintang Brasil yang bisa berperan sebagai striker atau gelandang serang sama baiknya. Rivaldo penah membela belasan klub sepanjang kariernya, termasuk Barcelona medio 1997–2002. Selama lima musim, Rivaldo bermain 235 kali bersama Barca sambil mencetak 130 gol.

Rivaldo sempat memenangi 4 trofi serta meraih Ballon d'Or 1999 kala berseragam Blaugrana. Tak hanya itu, karier Rivaldo juga berhiaskan trofi Piala Dunia dan Copa America bersama Timnas Brasil. 

Torehan gol kelima pemain di atas bagi Barcelona bisa dibilang memang masih kalah jauh dari Lionel Messi. Meski begitu, mereka tentunya tetap layak menyandang predikat sebagai legenda Barcelona, bukan? Bagaimana menurutmu, Cules?

Baca Juga: Selain Messi, 5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak di Barcelona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya