Comscore Tracker

Bantai PSG 5-1, Lille Tunda Pesta Juara PSG

PSG punya peluang mengunci gelar hari Rabu nanti

Paris Saint-Germain berpeluang menggelar pesta juara Ligue 1 Prancis tadi malam. Namun pesaing terdekat mereka Lille berhasil menunda pesta tersebut berkat kemenangan telak 5-1 atas Le Parisien. PSG pun dipaksa menunggu sedikit lebih lama untuk memastikan gelar juara yang sudah di depan mata.

1. Tampil dengan 10 orang sejak babak pertama, PSG dihancurkan Lille

Bantai PSG 5-1, Lille Tunda Pesta Juara PSGespn.com

Datang ke Stadion Pierre-Mauroy, markas Lille, PSG sebenarnya punya kesempatan emas untuk mengunci gelar Ligue 1 keenam mereka dalam 7 tahun terakhir. Sebelum laga, mereka tengah unggul 20 poin atas Lille yang berada di peringkat kedua. Lille tinggal punya 7 partai tersisa di liga, yang artinya hasil imbang sudah akan cukup membuat Kylian Mbappe dkk berpesta.

Namun Lille rupanya tidak rela melihat PSG menggelar pesta di markas mereka. Mereka tampil ngotot sejak awal laga dan langsung mendapat hasil di menit ke-7 melalui gol bunuh diri Thomas Meunier. PSG sempat menyamakan kemudian melalui sontekan Juan Bernat di menit ke-11 memanfaatkan aksi individu Kylian Mbappe, namun setelah itu keadaan memburuk bagi mereka.

From hero to zero, Juan Bernat sang penyama kedudukan justru malah mendapat kartu merah di menit ke-36 akibat menjatuhkan Nicolas Pepe yang berlari sendirian ke gawang PSG. Bermain dengan 10 orang, PSG masih mampu mendominasi penguasaan bola, namun mereka jadi kesulitan membongkar pertahanan Lille.

Lille yang lebih banyak tertekan malah berhasil menggelontor gawang PSG dengan 4 gol di babak kedua. Gol-gol dari Nicolas Pepe, Jonathan Bamba, Gabriel, dan Jose Fonte membuat skor akhir menjadi 5-1 untuk Lille. Kekalahan terbesar PSG musim ini, sekaligus membuat mereka belum bisa dinyatakan sah menjadi juara Ligue 1.

2. PSG kalah telak, Kylian Mbappe: Kami bermain seperti pemula

Bantai PSG 5-1, Lille Tunda Pesta Juara PSGnewsamed.com

PSG memang masih punya kesempatan emas untuk mengunci gelar di pekan-pekan berikutnya, namun kekalahan telak ini tetap menyisakan luka bagi mereka. Bintang muda mereka Kylian Mbappe misalnya. Meski sadar bahwa PSG akan tetap juara juga pada akhirnya, ia berkomentar bahwa kekalahan tersebut amat memalukan karena mereka bermain seperti pemula.

"Kami akan menjadi juara pada akhirnya, tapi ketika kalah Anda, seharusnya kalah dengan cara tertentu," kata Mbappe seperti dilansir Goal. "Anda tidak mau kehilangan kepribadian seperti itu, kebobolan tiga, empat, itu tidak normal."

"Kami harus bermain dengan kepribadian, itu salah satu kesalahan kami. Aku rasa, kamu harus memperbaikinya segera. Tidak ada jalan lain. Sepak bola dimainkan di atas lapangan. Hari ini kami bermain seperti pemula. Kami harus kembali fokus. Ada pertandingan hari Rabu nanti, tapi aku rasa kami harus berhenti kalah dengan cara itu."

Baca Juga: Tak Ingin Barca Bernasib Seperti PSG, Pique: Kami Harus Tetap Fokus

3. Pemain PSG banyak yang cedera, Thomas Tuchel: kami butuh lebih banyak pemain

Bantai PSG 5-1, Lille Tunda Pesta Juara PSGgoal.com

Sementara pelatih PSG Thomas Tuchel memiliki pandangan yang berbeda. Ia mengaku tidak setuju dengan pendapat Mbappe bahwa timnya kalah karena bermain tanpa kepribadian. Menurutnya, kekalahan PSG lebih disebabkan banyaknya pemain mereka yang absen karena cedera.

"Tidak, terlalu mudah untuk berkata seperti Mbappe bahwa kami tidak punya kepribadian, kami mengontrol pertandingan," kata Tuchel. "Kami memulai dengan baik, dengan 4 gol, dua untuk kami dan 2 offside. Mereka tidak punya peluang di babak pertama, dan ada peluang Kehrer di awal babak kedua.

"Dengan 10 pemain situasinya jadi rumit, kami bermain dengan pemain yang sakit, pemain yang tidak seharusnya bermain. Mustahil untuk memiliki hanya 16 pemain. Apakah kekalahan ini mengandung arti lain, bahwa kami tampil lebih buruk? Sebaliknya, laga ini menunjukkan mentalitas kami, tidak seperti yang dipikir semua orang."

PSG memang memiliki sejumlah pemain andalan yang cedera. Neymar dan Edinson Cavani masih belum bisa merumput. Dan situasinya semakin memburuk ketika di 25 menit pertama mereka sudah harus membuat dua pergantian pemain karena Thomas Meunier dan Thiago Silva cedera.

4. Masih unggul 17 poin, PSG punya peluang mengunci gelar hari Rabu nanti

Bantai PSG 5-1, Lille Tunda Pesta Juara PSGdailymail.co.uk

Meski kalah, langkah PSG untuk meraih gelar nampaknya tetap tidak akan tertahankan. Mereka masih memimpin klasemen sementara dengan 81 poin, unggul 17 poin dari Lille di peringkat kedua. Lille hanya punya sisa 6 pertandingan lagi, sementara PSG masih punya 7 laga tersisa.

Kylian Mbappe cs punya kesempatan kedua untuk mengunci gelar hari Rabu waktu setempat atau Kamis dini hari WIB ketika bertandang ke markas Nantes, penghuni posisi 15 klasemen. Jika menang, PSG dipastikan akan juara. Pun jika hanya meraih hasil imbang, mereka sudah hampir pasti juara karena punya keunggulan selisih gol yang sangat jauh dari Lille. Akankah PSG berpesta Rabu nanti?

Baca Juga: Capai Kesepakatan Pra Kontrak, Herrera Selangkah Lagi Gabung PSG

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You