8 Hattrick Lionel Messi Bersama Argentina, Pernah ke Gawang Brasil

La Pulga terbukti tajam di level internasional

Lionel Messi seperti sedang menikmati masa-masa bulan madu bersama timnas Argentina. Dewasa ini, ia baru saja sukses mengawinkan trofi Copa America dan Finalissima dalam kurun waktu setahun terakhir. Terbaru, Messi bersinar dengan memborong lima gol saat Argentina membantai Estonia 5-0 dalam laga persahabatan, Senin (6/6/2022).

Momen ini adalah kali pertama Lionel Messi mencetak lima gol dalam satu laga di level internasional. Namun, soal catatan hattrick atau trigol, hasil itu adalah catatan kedelapan bagi Messi.

Berikut ini merupakan fakta delapan hattrick yang pernah ditorehkan oleh Lionel Messi bersama timnas Argentina.

1. Trigol ke gawang Swiss pada laga persahabatan 2012

8 Hattrick Lionel Messi Bersama Argentina, Pernah ke Gawang BrasilLionel Messi mencetak hattrick ke gawang Swiss di tahun 2012. (twitter.com/squawka)

Trigol pertama Lionel Messi bersama timnas Argentina tercipta pada tahun 2012. Saat itu, Tim Tango bertanding melawan Swiss dalam laga persahabatan. Hasilnya, Argentina menang 3-1 berkat tiga gol yang seluruhnya diborong Messi.

Pada laga tersebut, Argentina unggul terlebih dulu melalui gol Messi pada menit ke-18. Swiss sempat menyamakan kedudukan di awal babak kedua. Namun, Messi sukses memastikan kemenangan Argentina berkat dua gol tambahan pada pengujung laga.

2. Trigol ke gawang Brasil pada laga persahabatan 2012

8 Hattrick Lionel Messi Bersama Argentina, Pernah ke Gawang BrasilLionel Messi cetak trigol ke gawang Brasil pada 2012. (twitter.com/roynemer)

Masih di tahun 2012, Messi kembali mencetak trigol dalam laga persahabatan internasional. Kali itu, lawan yang dihadapi Argentina bukanlah tim sembarangan, yaitu Brasil, yang notabene merupakan rival sengit mereka di zona Amerika Selatan.

Argentina sukses memenangi laga tersebut dengan skor 4-3. Messi bersinar dengan mencetak trigol; termasuk mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-85. Meski bertajuk persahabatan, laga itu juga tetap berlangsung panas hingga berbuah masing-masing satu kartu merah untuk kedua tim.

3. Trigol ke gawang Guatemala pada laga persahabatan 2013

8 Hattrick Lionel Messi Bersama Argentina, Pernah ke Gawang BrasilLionel Messi (skysports.com)

Trigol ketiga Messi di level internasional terjadi pada tahun 2013. Tajuknya lagi-lagi adalah laga persahabatan. Argentina bertandang ke markas Guatemala, sebuah negara yang terletak di Amerika Tengah.

Tanpa kesulitan berarti, Argentina memenangi laga tersebut dengan skor 4-0. Messi berperan dalam keempat gol Argentina dengan torehan 3 gol dan 1 assist. Satu lagi pencetak gol Argentina dalam laga tersebut adalah Augusto Fernandez, gelandang yang baru pensiun pada 2021 kemarin.

4. Trigol ke gawang Panama pada laga Copa America 2016

8 Hattrick Lionel Messi Bersama Argentina, Pernah ke Gawang BrasilLionel Mess usai mencetak hat-trick ke gawang Panama pada 2016. (skysports.com)

Lionel Messi akhirnya mencetak trigol bersama Argentina dalam turnamen mayor di tahun 2016. Momen ini terjadi pada laga fase grup Copa America Centenario 2016. Saat itu, Argentina bertanding melawan Panama yang merupakan tim undangan dari CONCACAF.

Hasilnya, Argentina menang 5-0 dengan tiga gol di antaranya dicetak Messi. Hebatnya, di pertandingan ini Messi hanya bermain dalam 29 menit terakhir laga saja, lho! Ketiga golnya pun ia ciptakan hanya dalam waktu 19 menit! Sayangnya, di tahun itu Argentina gagal jadi juara Copa America karena kalah dari Chile di partai final.

Baca Juga: Luar Biasa, Messi Borong Lima Gol dan Cetak Rekor

5. Trigol ke gawang Ekuador pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018

8 Hattrick Lionel Messi Bersama Argentina, Pernah ke Gawang BrasilLionel Messi (skysports.com)

Lionel Messi juga pernah mencetak hat-trick bersama Argentina di kualifikasi Piala Dunia 2018. Negara yang jadi korbannya kali ini adalah Ekuador. Bertanding di markas lawan, tiga gol Messi membuat Argentina menang 3-1.

Kemenangan itu cukup krusial bagi Argentina karena memastikan langkah mereka untuk lolos ke Piala Dunia 2018. Sebelumnya, Tim Tango sempat terancam gagal lolos karena tampil inkonsisten. 

6. Trigol ke gawang Haiti pada laga persahabatan 2018

8 Hattrick Lionel Messi Bersama Argentina, Pernah ke Gawang BrasilLionel Messi merayakan gol ke gawang Haiti bersama rekan-rekannya (skysports.com)

Sebelum menghadapi Piala Dunia 2018, Argentina sempat beberapa kali menggelar laga persahabatan. Salah satunya melawan Haiti pada bulan Mei 2018. Bermain di rumah sendiri, Argentina tanpa kesulitan menang telak 4-0 atas tim tamu.

Messi bermain penuh pada laga tersebut sekaligus membuat 3 gol plus 1 assist. Kekuatan Argentina sendiri jelas berada jauh di atas Haiti. Maka tak heran jika Argentina bisa menguasai bola hingga 76 persen pada laga tersebut serta membuat 21 tembakan.

7. Trigol ke gawang Bolivia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022

8 Hattrick Lionel Messi Bersama Argentina, Pernah ke Gawang BrasilLionel Messi (skysports.com)

Pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022, Lionel Messi juga berhasil mencetak hat-trick bagi negaranya. Ia melakukannya pada laga melawan Bolivia di markas Argentina. Messi memborong tiga gol Argentina dalam partai yang berkesudahan dengan skor 3-0 tersebut.

Tak seperti pada edisi 2018, penampilan Argentina di kualifikasi Piala Dunia 2022 lebih meyakinkan. Tim Tango finis di posisi runner-up tanpa terkalahkan dalam 18 pertandingan. Mereka pun meraih tiket lolos langsung ke Qatar bersama Brasil, Uruguay, dan Ekuador.

8. Trigol ke gawang Estonia pada laga persahabatan 2022

8 Hattrick Lionel Messi Bersama Argentina, Pernah ke Gawang BrasilLionel Messi mencetak gol pertama ke gawang Estonia melalui penalti. (instagram.com/afaseleccion)

Trigol terbaru Messi di kancah internasional terjadi di laga persahabatan melawan Estonia pada Juni 2022. Tak sekadar hat-trick, Messi bahkan mencetak lima gol pada laga tersebut. Estonia dipaksa mengakui kekuatan Lionel Messi dan timnas Argentina dengan hasil akhir 0-5.

Dengan tambahan lima gol, koleksi gol Messi bersama timnas pun kini bertambah menjadi 86 gol dalam 162 laga. Ia pun makin tak terkejar sebagai pemuncak daftar top scorer sepanjang masa timnas Argentina. Selain itu, performa apik Messi pantas membuat timnas Argentina diunggulkan sebagai kandidat juara Piala Dunia 2022.

Lionel Messi terbukti tak hanya tampil tajam di level klub. Ia juga garang bersama negaranya seperti yang telah dibuktikan melalui catatan delapan trigol selama membela timnas Argentina tersebut. Mampukah Messi sempurnakan prestasinya bersama timnas dengan membawa Argentina juara Piala Dunia 2022?

Baca Juga: 5 Pemain yang Tampil Lebih Baik daripada Lionel Messi di Ligue 1

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya