Comscore Tracker

Baru Pensiun, Ini 10 Rekor Hebat Wayne Rooney di Sepanjang Kariernya

Happy retirement, legend!

Wayne Rooney baru saja memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola pada usia 35 tahun. Terkenal sebagai legenda Manchester United, pecinta sepak bola di seluruh dunia pasti kenal betul pemain kelahiran Liverpool ini. Tak diragukan lagi sederet prestasi dan pencapaian yang pernah ia raih membuatnya pantas disebut legenda Inggris dan Manchester United.

Kalau kamu adalah fans Wayne Rooney, kamu pasti tahu betapa hebatnya permainan pria yang bisa berposisi striker atau gelandang ini di masa jayanya. Nah, untuk mengenang masa-masa hebatnya saat bermain dulu, yuk kita lihat 10 rekor hebat yang hingga kini masih tercatat atas nama Wayne Rooney, baik di level klub maupun di Timnas Inggris.

Baca Juga: 12 Fakta Menarik Wayne Rooney Selama Berkarier di Premier League

1. Pertama adalah rekor gol terbanyak sepanjang masa bagi Manchester United dengan total 253 gol

Baru Pensiun, Ini 10 Rekor Hebat Wayne Rooney di Sepanjang Kariernyaindianexpress.com

Dilansir Transfermarkt, total 253 gol tersebut ia catat dalam 559 laga di semua ajang bagi Setan Merah. Di posisi kedua daftar pencetak gol terbanyak bagi MU sepanjang masa ada nama legendaris Sir Bobby Charlton dengan 249 gol disusul oleh Denis Law di tempat ketiga dengan 237 gol.

2. Khusus di ajang Premier League, Rooney adalah pemain dengan torehan gol terbanyak untuk satu klub

Baru Pensiun, Ini 10 Rekor Hebat Wayne Rooney di Sepanjang Kariernyaskysports.com

Rooney mencetak 183 gol di Premier League bagi satu klub, yakni Manchester United. Jumlah itu ia raih dalam 393 laga bersama Manchester United di Premier League selama 13 musim.

3. Catatan gol tandang Rooney di ajang Premier League adalah yang terbaik hingga saat ini

Baru Pensiun, Ini 10 Rekor Hebat Wayne Rooney di Sepanjang Kariernyaindependent.co.uk

Laman resmi Premier League mencatat bahwa Rooney 94 kali menjebol gawang lawan di laga tandang pada ajang Premier League. Ini adalah yang terbaik di antara pemain mana pun.

4. Rooney menciptakan minimal 10 gol dalam 12 musim Premier League

Baru Pensiun, Ini 10 Rekor Hebat Wayne Rooney di Sepanjang Kariernyableacherreport.com

Rinciannya adalah 11 musim bersama Manchester United dan 1 musim bersama Everton. Catatan ini adalah yang terbanyak dibanding pemain mana pun. Secara total, Rooney memainkan 16 musim di Premier League.

5. Di kancah antarklub Eropa, Rooney adalah top skor Manchester United dengan torehan 39 gol

Baru Pensiun, Ini 10 Rekor Hebat Wayne Rooney di Sepanjang Kariernyauefa.com

Catatan itu mencakup 34 gol di Liga Champions (termasuk babak kualifikasi) serta 5 gol di Europa League. Rooney juga mencatat 2 hattrick, satu di penyisihan grup Liga Champion dan satu lagi di babak kualifikasi.

6. Di timnas Inggris pun Rooney masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa

Baru Pensiun, Ini 10 Rekor Hebat Wayne Rooney di Sepanjang Kariernyashropshirestar.com

Ia mencatat 53 gol dalam 120 penampilan bagi Timnas Inggris di semua ajang, termasuk laga persahabatan. Lagi-lagi, Rooney sukses mengungguli catatan gol Sir Bobby Charlton yang berada di angka 49 gol. Di kalangan pemain yang masih aktif, Harry Kane paling berpeluang memecahkan rekor Rooney karena ia sudah mencetak 32 gol bagi Timnas Inggris sejauh ini.

7. Jika berbicara tentang gol di laga resmi Timnas Inggris, nama Rooney juga masih ada posisi teratas

Baru Pensiun, Ini 10 Rekor Hebat Wayne Rooney di Sepanjang Kariernyaenglandmemories.com

Dilansir Goal, Rooney mengoleksi 37 gol dalam partai resmi bersama Timnas Inggris yang artinya tidak termasuk laga persahabatan. Namun, sedikit disayangkan karena sebagian besar gol tersebut lahir pada babak kualifikasi Piala Dunia dan Piala Eropa, sedangkan gol yang ia cetak dalam turnamen resmi hanya 7 buah.

8. Rooney juga masih tercatat sebagai pemain outfield dengan penampilan terbanyak bagi timnas

Baru Pensiun, Ini 10 Rekor Hebat Wayne Rooney di Sepanjang Kariernyafootball365.com

Jumlah 120 laga yang ia mainkan hanya kalah dari satu nama, yaitu Peter Shilton sang kiper legendaris Inggris. Shilton memainkan 125 laga bersama The Three Lions pada periode 1970 hingga 1990.

9. Pada babak kualifikasi Euro 2004, Rooney menjadi pemain termuda yang menjadi starter sepanjang sejarah Timnas Inggris

Baru Pensiun, Ini 10 Rekor Hebat Wayne Rooney di Sepanjang Kariernyasportsmole.co.uk

Kala itu Inggris menghadapi Turki dan Rooney baru berusia 17 tahun 160 hari, seperti dilansir Talksport. Namun, kedewasaan sudah terlihat dalam permainannya sehingga ia pun jadi langganan starter bagi timnas sejak itu.

10. Rooney tercatat sebagai pemain termuda yang pernah mencetak gol bagi Timnas Inggris

Baru Pensiun, Ini 10 Rekor Hebat Wayne Rooney di Sepanjang Kariernyagoal.com

Masih di ajang kualifikasi Euro 2004, Rooney mencetak gol ke gawang Makedonia pada saat berusia 17 tahun 317 hari. Sampai saat ini, belum ada pemain Ingrgis dengan usia lebih muda yang berhasil memecahkan rekor tersebut.

 

Itulah 10 rekor menakjubkan yang hingga kini masih dipegang oleh Wayne Rooney, sang pemain legendaris Manchester United dan Timnas Inggris. Kini, Rooney akan melanjutkan kariernya sebagai manajer bagi klub divisi Championship, Derby County. Akankah Rooney meraih kesuksesan serupa sebagai manajer seperti saat menjadi pemain? Menarik untuk disaksikan!

Baca Juga: 5 Catatan Mengesankan Wayne Rooney Saat Berseragam Manchester United

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya