Comscore Tracker

Sudah Jadi Legenda Klub, 10 Pemain Ini Justru Pensiun di Klub Lain

Mereka pindah klub di penghujung kariernya

Dalam dunia sepak bola, seorang pemain bisa mendapat sebutan legenda sebuah klub jika ia membela klub tersebut untuk waktu yang lama. Terutama jika ia bisa membawa klubnya meraih banyak prestasi, status legenda pun akan semakin melekat. Bahkan, si pemain bisa menjadi ikon klub dan namanya sulit dipisahkan dengan klub tersebut.

Umumnya, pemain yang berstatus legenda klub akan menyempurnakan pengabdiannya dengan pensiun di klub tersebut. Namun ternyata hal itu tak selalu terjadi. Contohnya adalah 10 pemain berikut ini, yang sudah menjadi legenda bagi klubnya tapi akhirnya malah pensiun di klub lain. Ini dia ulasannya.

1. Steven Gerrard

Sudah Jadi Legenda Klub, 10 Pemain Ini Justru Pensiun di Klub LainSteven Gerrard (thisisanfield.com)

Semua pencinta sepak bola pasti mengenal Steven Gerrard sebagai legenda Liverpool. Hal itu memang benar karena Gerrard merupakan lulusan akademi Liverpool, dan ia setia membela The Reds selama 17 musim dari 1998 hingga 2015. Namun setelah itu, ia sempat bermain di MLS bersama LA Galaxy selama semusim sebelum akhirnya pensiun pada akhir 2016.

2. Roy Keane

Sudah Jadi Legenda Klub, 10 Pemain Ini Justru Pensiun di Klub LainRoy Keane (manchestereveningnews.co.uk)

Sementara Roy Keane sudah begitu identik dengan Manchester United, karena ia membela MU selama 12 musim dari 1993 hingga 2005. Selain itu, Keane juga sempat menjadi kapten United selama 8 musim, termasuk saat United meraih treble winners di musim 1998/99. Namun, Keane justru pensiun bersama Glasgow Celtic di Liga Skotlandia pada tahun 2006.

3. John Terry

Sudah Jadi Legenda Klub, 10 Pemain Ini Justru Pensiun di Klub LainJohn Terry (mirror.co.uk)

John Terry adalah pemain yang paling lama membela Chelsea di era modern. Bek asal Inggris ini berseragam The Blues sejak 1998 hingga 2017 alias selama 19 musim. Namun Terry tidak pensiun di Chelsea, melainkan bersama Aston Villa. Terry membela Villa yang bermain di divisi Championship pada musim 2017/18, sebelum pensiun pada Oktober 2018.

4. David Seaman

Sudah Jadi Legenda Klub, 10 Pemain Ini Justru Pensiun di Klub LainDavid Seaman (dailymail.co.uk)

David Seaman pernah membela 6 klub di sepanjang kariernya, tapi ia dikenal sebagai legenda Arsenal karena pernah bermain untuk The Gunners selama 13 musim. Kariernya bersama Arsenal juga sukses karena dihiasi oleh 12 trofi. Setelah meninggalkan Arsenal pada 2003, Seaman sempat membela Manchester City selama setengah musim sebelum pensiun.

5. Raul Gonzalez

Sudah Jadi Legenda Klub, 10 Pemain Ini Justru Pensiun di Klub LainRaul Gonzalez (dailymail.co.uk)

Bukan tanpa alasan Raul Gonzalez mendapat sebutan 'Pangeran Madrid'. Striker legendaris Spanyol ini merupakan lulusan akademi Real Madrid dan ia membela Los Blancos selama 16 musim. Namun, Raul akhirnya hengkang dari Madrid pada 2010, dan ia sempat membela 3 klub berbeda sebelum akhirnya pensiun pada tahun 2015 di klub MLS, New York Cosmos.

Baca Juga: 5 Legenda Real Madrid yang Dibuang ke Klub Lain, Ramos Terbaru

6. Xavi Hernandez

Sudah Jadi Legenda Klub, 10 Pemain Ini Justru Pensiun di Klub LainXavi Hernandez (fcbarcelona.com)

Barcelona pun punya pemain legendaris yang justru tidak pensiun bersama mereka. Xavi Hernandez mengabdi kepada Barca sejak di akademi hingga menjalani karier profesional selama 17 musim. Setelah meninggalkan Barca pada 2015, Xavi sempat bermain selama 4 tahun membela Al Sadd di Liga Qatar, dan kini ia menjadi pelatih klub tersebut sejak 2019.

7. Alessandro Del Piero

Sudah Jadi Legenda Klub, 10 Pemain Ini Justru Pensiun di Klub LainAlessandro Del Piero (goal.com)

Nama Alessandro Del Piero sudah begitu lekat dengan Juventus, karena ia membela Juve selama 19 musim dari 1993 hingga 2012. Setelah meninggalkan Juve di usia 38 tahun, Del Piero tak langsung pensiun. Ia berpetualang ke Australia dengan membela Sydney FC, lalu Delhi Dynamos di India. Del Piero akhirnya pensiun pada 2015 saat berusia 41 tahun.

8. Gennaro Gattuso

Sudah Jadi Legenda Klub, 10 Pemain Ini Justru Pensiun di Klub LainGennaro Gattuso (goal.com)

Ingat Gennaro Gattuso, pasti ingat AC Milan. Gattuso memang adalah pemain andalan Milan selama 13 tahun dari 1999 hingga 2012. Setelah dilepas Milan, Gattuso pergi ke Liga Swiss dan membela FC Sion.

Ia juga sempat jadi player-manager bagi Sion selama setengah musim. Setelah pensiun pada 2013, Gattuso melanjutkan kariernya sebagai pelatih hingga kini.

9. Daniele De Rossi

Sudah Jadi Legenda Klub, 10 Pemain Ini Justru Pensiun di Klub LainDaniele De Rossi (beinsports.com)

AS Roma punya beberapa pemain legendaris, salah satunya adalah Daniele De Rossi yang membela Roma selama 18 musim. De Rossi adalah pemain dengan penampilan terbanyak kedua bagi Roma, setelah Francesco Totti. Namun, De Rossi justru pensiun di Argentina bersama Boca Juniors pada 2020, setelah sempat membela Boca selama setengah musim.

10. Bastian Schweinsteiger

Sudah Jadi Legenda Klub, 10 Pemain Ini Justru Pensiun di Klub LainDaniele De Rossi (goal.com)

Terakhir, ada Bastian Schweinsteiger, gelandang legendaris Jerman dan Bayern Munchen yang membela Die Roten selama 13 musim dari 2002 hingga 2015. Setelah meninggalkan Munchen, Schweinsteiger sempat membela Manchester United selama 2 musim. Lalu ia bermain di MLS bersama Chicago Fire selama 2 musim lagi, baru kemudian pensiun pada tahun 2019.

 

Meski menjadi legenda klub, 10 pemain di atas ternyata malah pensiun di klub lain. Namun tentu hal itu tidak mengubah fakta bahwa mereka adalah legenda klubnya masing-masing. Adakah dari antara mereka yang merupakan pemain favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain yang Mengakhiri Karier di Klub Masa Kecilnya, Legenda Klub!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya