Comscore Tracker

5 Pemain Jebolan Akademi Barcelona yang Pernah Membela Chelsea

Marc Cucurella terbaru

Barcelona adalah salah satu klub Eropa yang sering menghasilkan pesepakbola top. La Masia alias akademi Barcelona telah menerbitkan banyak pemain yang namanya mendunia. Tak hanya bersama Barcelona sendiri, banyak jebolan La Masia juga akhirnya bersinar di klub-klub besar lain.

Salah satunya adalah Chelsea. Klub asal London tersebut sudah beberapa kali memakai jasa pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Barca. Inilah lima pemain jebolan akademi Barcelona yang pernah membela Chelsea.

1. Albert Ferrer

5 Pemain Jebolan Akademi Barcelona yang Pernah Membela ChelseaAlbert Ferrer (chelseafc.com)

Lulusan La Masia sekaligus pemain Spanyol pertama yang pernah membela Chelsea adalah Albert Ferrer. Ferrer adalah mantan bek kanan asal Spanyol yang membela Barcelona medio 1990–1998. Ia sukses jadi andalan Blaugrana hingga mencatat tiga ratus penampilan di semua ajang dan meraih lima belas trofi.

Ferrer kemudian hijrah ke Chelsea pada 1998. Selama 5 tahun berseragam Chelsea, Ferrer bermain 112 kali dan turut mempersembahkan tiga trofi. Ia bahkan menjadikan Chelsea pelabuhan terakhirnya hingga gantung sepatu pada 2003.

2. Cesc Fabregas

5 Pemain Jebolan Akademi Barcelona yang Pernah Membela ChelseaCesc Fabregas (chelseafc.com)

Berikutnya, ada Cesc Fabregas, gelandang Spanyol yang menimba ilmu di akademi Barcelona pada 1997–2003. Namun, Fabregas baru menembus tim senior setelah pindah ke Arsenal pada 2003. Setelah itu kariernya mulai berkembang sebagai pemain andalan The Gunners hingga 2011.

Fabregas lalu sempat kembali ke Barcelona selama 3 tahun, sebelum pindah lagi ke Inggris dan bergabung dengan Chelsea. Bersama The Blues, ia bermain 4,5 musim dengan catatan 198 penampilan di semua kompetisi. Ia juga meraih dua gelar English Premier League (EPL), gelar yang gagal ia dapatkan bersama Arsenal.

Baca Juga: 10 Potret Alejandro Grimaldo, Alumni La Masia yang Bersinar di Benfica

3. Pedro Rodriguez

5 Pemain Jebolan Akademi Barcelona yang Pernah Membela ChelseaPedro Rodriguez (chelseafc.com)

Sementara itu, Pedro Rodriguez lulus dari akademi Barcelona pada 2005. Namun, ia baru debut bersama tim utama Barca pada 2008. Perlahan tapi pasti, pemain berposisi winger atau penyerang ini menjelma jadi andalan Blaugrana. Ia mencatat total 321 penampilan di semua ajang dan meraih 20 trofi.

Pedro kemudian hijrah ke Chelsea pada 2015. Bersama The Blues, Pedro juga sempat diandalkan. Ia bermain 206 kali selama 5 musim serta turut mengangkat tiga trofi bergengsi. Pedro meninggalkan Chelsea pada 2020 dan melanjutkan karier di Serie A Italia hingga kini.

4. Oriol Romeu

5 Pemain Jebolan Akademi Barcelona yang Pernah Membela ChelseaOriol Romeu (skysports.com)

Oriol Romeu juga merupakan pemain jebolan akademi Barcelona. Gelandang bertahan asal Spanyol ini lulus dari akademi pada 2008, lalu membela tim reserve Barca hingga 2011. Sayangnya, Romeu hanya sempat bermain dua kali bersama tim utama Barcelona.

Romeu kemudian hijrah dan membela Chelsea pada 2011–2015. Namun, nasibnya tak jauh berbeda karena ia juga hanya jadi pelapis di Chelsea. Meski demikian, Romeu sempat turut memenangi Piala FA dan Liga Champions bareng The Blues. Saat ini, Romeu sudah kembali ke Spanyol dan membela Girona FC.

5. Marc Cucurella

5 Pemain Jebolan Akademi Barcelona yang Pernah Membela ChelseaMarc Cucurella (instagram.com/cucurella3)

Marc Cucurella menjadi lulusan akademi Barcelona terbaru yang membela Chelsea. Bek kiri asal Spanyol ini sebenarnya tak terpakai di tim utama Barcelona. Ia hanya sempat tampil sekali bersama Barca dan selebihnya bermain di tim reserve Barca serta dipinjamkan ke klub lain.

Namun, Cucurella sukses berkembang saat membela Getafe kemudian Brighton & Hove Albion. Ia pun diboyong Chelsea pada musim panas 2022 sebagai bek kiri termahal yang pernah bergabung dengan The Blues. Sejauh ini, Cucurella sudah bermain 7 kali bersama Chelsea dan menyumbang 2 assists.

 

Chelsea sudah beberapa kali memakai jasa pemain lulusan akademi Barcelona. Empat pemain sebelum Cucurella bahkan turut mempersembahkan trofi bagi Chelsea. Bisakah Cucurella melakukan hal yang sama?

Baca Juga: 5 Rekrutan Bek Kiri Termahal Chelsea Sepanjang Sejarah, Ada Cucurella!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya