8 Jenis Trofi yang Dimenangi Chelsea pada Era Roman Abramovich

Abramovich sukses membawa Chelsea meraih semua jenis trofi

Roman Abramovich telah secara resmi menyatakan akan melepas kepemilikan Chelsea. Miliarder asal Rusia itu menjual Chelsea setelah semakin memanasnya situasi perang antara Rusia dan Ukraina. Sebagai salah satu orang dekat Presiden Vladimir Putin, Abramovich pun terpengaruh sehingga terpaksa melepas Chelsea.

Dengan demikian, era kepemilikan Abramovich terhadap Chelsea yang dimulai sejak 2003 pun akan segera berakhir. Selama hampir 20 tahun, Abramovich telah sukses mengangkat Chelsea menjadi salah satu klub terbaik dunia. Inilah deretan trofi yang berhasil dimenangi Chelsea pada era kepemilikan Roman Abramovich.

1. Premier League (5 trofi)

8 Jenis Trofi yang Dimenangi Chelsea pada Era Roman AbramovichChelsea menjuarai Premier League 2016/2017. (skysports.com)

Pertama tentu adalah trofi Premier League yang lima kali dimenangi Chelsea selama dimiliki Roman Abramovich. Sebelum era Abramovich, Chelsea hanya pernah juara Liga Inggris sekali saja, yaitu pada 1954/1955. Kedatangan Abramovich membuat koleksi The Blues bertambah jadi enam trofi.

Trofi Premier League pertama Chelsea diraih pada 2004/2005, alias 50 tahun setelah trofi Liga Inggris pertama mereka. Sementara itu, trofi Premier League terakhir mereka sejauh ini diraih pada 2016/2017. Selain itu, Chelsea juga empat kali menjadi runner-up Premier League selama era Roman Abramovich.

2. Piala FA (5 trofi)

8 Jenis Trofi yang Dimenangi Chelsea pada Era Roman AbramovichChelsea menjuarai Piala FA 2017/2018. (skysports.com)

Setelah menjelma klub kaya, Chelsea juga cukup dominan di ajang Piala FA. Mereka sukses lima kali menjuarai Piala FA selama era Roman Abramovich. Jumlah itu pun lebih banyak dibanding koleksi mereka sebelum era Abramovich, yaitu tiga trofi.

Koleksi trofi Piala FA milik The Blues pun kini berjumlah delapan trofi. Terakhir kali mereka berjaya di ajang ini adalah pada 2017/2018. Musim 2021/2022 ini pun Chelsea berpeluang menambah koleksinya karena sudah mencapai babak perempat final.

3. Piala Liga (3 trofi)

8 Jenis Trofi yang Dimenangi Chelsea pada Era Roman AbramovichChelsea menjuarai Piala Liga 2014/2015. (skysports.com)

Ada pula Piala EFL atau Piala Liga yang berhasil dimenangi tiga kali oleh Chelsea pada era Roman Abramovich. Bahkan, trofi pertama yang mereka raih setelah diambil alih Abramovich adalah Piala Liga pada 2004/2005.

Secara total, The Blues sudah lima kali menjadi juara di ajang ini. Selain itu, Chelsea juga tiga kali jadi runner-up Piala Liga pada era Abramovich. Itu termasuk pada musim 2021/2022 ini saat mereka gagal juara karena kalah di final dari Liverpool.

4. Community Shield (2 trofi)

8 Jenis Trofi yang Dimenangi Chelsea pada Era Roman AbramovichChelsea memenangi Community Shield 2009. (skysports.com)

Karena sering jadi juara Premier League dan Piala FA, Chelsea pun kerap tampil di ajang Community Shield pada era Roman Abramovich. Meski kerap dianggap laga pemanasan awal musim, ajang ini tetap berbuah trofi sehingga tentu layak dimenangkan.

Chelsea sembilan kali berlaga di Community Shield selama era Abramovich. Sayangnya, mereka hanya dua kali menang, yaitu pada edisi 2005 dan 2009. Secara total, Chelsea punya koleksi empat trofi Community Shield sepanjang sejarahnya.

Baca Juga: Abramovich Lego Chelsea, Thomas Tuchel Nilai itu Keputusan Tepat

5. Liga Champions (2 trofi)

8 Jenis Trofi yang Dimenangi Chelsea pada Era Roman AbramovichChelsea menjuarai Liga Champions 2020/2021. (skysports.com)

Berkat Roman Abramovich, Chelsea menjelma klub yang tak hanya disegani di kancah domestik, tetapi juga Eropa. Sebelum tahun 2003, Chelsea memang sudah punya 2 trofi Piala Winners dan 1 trofi Piala Super UEFA. Namun, mereka belum pernah juara Liga Champions, turnamen antarklub terakbar di Eropa.

Bersama Abramovich, akhirnya Chelsea berhasil memenangi trofi tersebut. Mereka meraih trofi pertama secara dramatis pada 2011/2012. Lalu, The Blues kembali menjadi yang terbaik di Eropa pada musim 2020/2021 lalu. Chelsea pun bergabung ke barisan empat klub Inggris lain yang sudah lebih dulu menjuarai Liga Champions.

6. Europa League (2 trofi)

8 Jenis Trofi yang Dimenangi Chelsea pada Era Roman AbramovichChelsea menjuarai Europa League 2012/2013. (skysports.com)

Tak hanya Liga Champions, Europa League pun berhasil dimenangi Chelsea dua kali pada era Roman Abramovich. Uniknya, Chelsea memang hanya dua kali berlaga di Europa League selama era Abramovich, yaitu pada 2012/2013 dan 2018/2019. Hebatnya lagi, mereka berhasil menjuarai kedua edisi tersebut.

Sebelum era Abramovich, Chelsea sempat tiga kali berlaga di ajang Piala UEFA. Namun, pencapaian terbaik mereka hanya sampai putaran kedua. Jelas, kedatangan Abramovich berdampak signifikan terhadap peningkatan prestasi mereka di Eropa.

7. Piala Super UEFA (1 trofi)

8 Jenis Trofi yang Dimenangi Chelsea pada Era Roman AbramovichChelsea memenangi Piala Super UEFA 2021. (skysports.com)

Karena pernah 2 kali juara Liga Champions dan 2 kali juara Europa League, Chelsea pun berhak empat kali berlaga di ajang Piala Super UEFA. Tiga penampilan pertama mereka di ajang tersebut berakhir dengan kekalahan. Mereka pun gagal merebut trofi Piala Super UEFA pada 2012, 2013, serta 2019.

Chelsea akhirnya berhasil meraih trofi Piala Super UEFA bersama Roman Abramovich pada 2021. The Blues sukses mengalahkan Villarreal yang jadi juara Europa League 2020/2021. Koleksi trofi Piala Super UEFA milik Chelsea pun bertambah menjadi dua trofi sepanjang sejarah mereka.

8. Piala Dunia Antarklub (1 trofi)

8 Jenis Trofi yang Dimenangi Chelsea pada Era Roman AbramovichChelsea menjuarai Piala Dunia Antarklub 2021. (instagram.com/chelseafc)

Inilah trofi teranyar yang berhasil diraih Chelsea pada era Roman Abramovich sejauh ini. Chelsea berhasil menjuarai Piala Dunia Antarklub 2021 setelah menaklukkan Palmeiras di partai final. Trofi itu pun melengkapi delapan jenis trofi yang sukses mereka menangi di bawah Abramovich.

The Blues sebenarnya sudah pernah berlaga di Piala Dunia Antarklub pada 2012 setelah juara Liga Champions 2011/2012. Namun, saat itu mereka gagal juara karena kalah dari Corinthians di partai final. Beruntung, Chelsea akhirnya berhasil meraih trofi tersebut sebelum Roman Abramovich melepas kepemilikannya.

 

Chelsea berhasil menjuarai semua jenis trofi yang bisa mereka menangi selama era Roman Abramovich. Abramovich jelas sangat berjasa bagi keberhasilan The Blues meraih semua trofi tersebut. Bisakah Chelsea mempertahankan prestasi hebat mereka setelah ditinggal Roman Abramovich nantinya?

Baca Juga: Tanpa Roman Abramovich, Chelsea Bisa Apa?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya