5 Klub Juara Liga Champions yang Tak Pernah Menjuarai Europa League

Menjuarai Europa League tidaklah semudah kelihatannya

Liga Champions dan Europa League adalah dua turnamen antarklub Eropa yang punya tingkat kesulitan berbeda. Jelas, Liga Champions lebih prestisius dan lebih sulit dimenangi daripada Europa League. Namun, bukan berarti klub yang berprestasi di Liga Champions pasti bisa berprestasi pula di Europa League.

Buktinya, ada beberapa klub Eropa yang pernah juara Liga Champions tetapi belum pernah juara Europa League. Padahal, mereka pernah beberapa kali tampil di Europa League atau yang dulu disebut Piala UEFA. Inilah lima klub punya catatan unik tersebut.

1. AC Milan

5 Klub Juara Liga Champions yang Tak Pernah Menjuarai Europa Leaguepara pemain AC Milan di Europa League 2020/2021 (acmilan.com)

AC Milan adalah klub tersukses kedua sepanjang sejarah Liga Champions. Koleksi 7 trofi Liga Champions yang mereka miliki hanya kalah dari Real Madrid yang punya 13 piala. Namun, ternyata Rossoneri belum pernah berjaya di Piala UEFA atau Europa League sampai sekarang.

Milan sebenarnya pernah beberapa kali berlaga di Piala UEFA, tetapi capaian terbaik mereka hanya babak semifinal pada 1971/1972 dan 2001/2002. Musim 2020/2021 lalu pun Milan tampil di Europa League, tetapi gugur pada babak 16 besar. Itu bukti bahwa memenangi Europa League tidak mudah bagi klub sekelas Milan sekalipun.

2. Barcelona

5 Klub Juara Liga Champions yang Tak Pernah Menjuarai Europa Leaguepartai Barcelona melawan Celtic di Piala UEFA 2003/2004 (planetfootball.com)

Barcelona juga punya cukup banyak koleksi trofi Liga Champions, tepatnya lima trofi. Namun, Barca pun tak pernah memenangi Piala UEFA meski pernah mengikuti ajang tersebut lebih dari sepuluh kali. Seperti Milan, langkah terjauh Blaugrana di Piala UEFA adalah babak semifinal.

Musim 2021/2022 ini Barcelona hanya finis di posisi ketiga fase grup Liga Champions. Mereka pun harus turun kasta ke Europa League untuk pertama kalinya sejak 2004. Ada kemungkinan Barca bakal serius dan berusaha jadi juara di ajang ini mengingat peluang mereka untuk meraih trofi di ajang lain hampir tertutup.

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona yang Gunakan Nomor 11 Sebelum Adama Traore

3. Borussia Dortmund

5 Klub Juara Liga Champions yang Tak Pernah Menjuarai Europa Leaguepartai Borussia Dortmund melawan Feyenoord di final Piala UEFA 2001/2002 (twitter.com/europaleague)

Borussia Dortmund menjuarai Liga Champions satu kali, yaitu pada 1996/1997. Selain itu, Dortmund juga sempat mencapai final 2012/2013 sehingga mereka cukup disegani di ajang ini. Namun, Dortmund juga belum pernah berjaya di Piala UEFA atau Europa League.

Padahal, Dortmund sempat dua kali mencapai final Piala UEFA, yaitu pada 1992/1993 dan 2001/2002. Sayangnya, kedua final itu berakhir dengan kekalahan bagi mereka. Sama seperti Barca, Dortmund juga bakal berlaga di Europa League 2021/2022. Akankah mereka serius mengincar gelar juara?

4. Benfica

5 Klub Juara Liga Champions yang Tak Pernah Menjuarai Europa Leaguepara pemain Benfica di Europa League 2020/2021 (slbenfica.pt)

Berikutnya ada Benfica, klub Portugal yang pernah menjuarai Liga Champions dua kali beruntun pada 1960/1961 dan 1961/1962. Setelah itu, Benfica juga sempat lima kali lagi melangkah ke final Liga Champions. Sialnya, klub berjuluk Si Elang ini selalu kalah dalam kelima partai final tersebut.

Sudah begitu, kesialan Benfica di final Liga Champions ternyata menular ke Piala UEFA dan Europa League. Mereka sempat tiga kali masuk final ajang tersebut, tetapi selalu kalah. Alhasil, Benfica pun belum punya koleksi trofi Europa League hingga kini.

5. Glasgow Celtic

5 Klub Juara Liga Champions yang Tak Pernah Menjuarai Europa Leaguepartai Celtic melawan Bayer Leverkusen pada Europa League 2021/2022 (skysports.com)

Satu lagi klub Eropa yang pernah memenangi Liga Champions, tetapi selalu gagal di Piala UEFA atau Europa League adalah Glasgow Celtic. Klub Skotlandia ini sempat punya tim yang disegani di Eropa hingga memenangi Liga Champions 1966/1967. Celtic juga sukses melaju ke final lagi pada 1969/1970 meski gagal merebut trofi kedua.

Sementara di ajang Piala UEFA, prestasi maksimal Celtic adalah final musim 2002/2003. Sejak itu, Celtic selalu kesulitan di kancah Eropa. Mereka bahkan sudah turun kasta dari Europa League 2021/2022 dan harus berlaga di Conference League. Kapan Celtic bisa ditakuti lagi di Eropa?

 

Lima klub di atas pernah menjuarai Liga Champions, tetapi tak pernah memenangi Piala UEFA atau Europa League. Itu membuktikan bahwa meski merupakan kompetisi kasta kedua, Europa League tetap tak mudah dimenangkan oleh klub besar sekalipun.

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol yang Pernah Juara Liga Champions dan Europa League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya