Jurgen Klopp Tidak Peduli Kritikan Soal Pembelian Mahal Liverpool

Bursa transfer pemain memang telah berubah drastis

Liverpool baru saja memecahkan rekor pembelian kiper termahal di dunia dengan mandatangkan Alisson ke Anfield, hanya sekitar 6 bulan setelah mereka membeli bek Virgil Van Dijk dari Southmampton dengan mahar 75 juta pounds, yang juga menjadikannya bek termahal dunia.

Memecahkan dua rekor transfer dalam selang waktu yang begitu singkat membuat Liverpool mendapat banyak kritikan, yang terutama mengarah kepada manager Jurgen Klopp. Betapa tidak, 2 tahun lalu Klopp sempat mengkritik Manchester United yang membeli Paul Pogba dengan harga 89 juta pounds, rekor transfer terbesar kala itu.

Saat itu Klopp berkata bahwa ia tidak akan lagi menjadi manager jika harga semahal itu untuk seorang pemain menjadi hal yang umum. Kini, Klopp justru melakukan hal yang berkebalikan dengan komentarnya waktu itu, hingga ia pun mendapat banyak kritikan.

1. Klopp tidak peduli dengan kritikan

Jurgen Klopp Tidak Peduli Kritikan Soal Pembelian Mahal Liverpoolbbc.co.uk

Menanggapi hal tersebut, Klopp mengaku tidak peduli. Pria Jerman itu mengakui pandangannya soal bursa transfer telah berubah, tapi ia menganggap hal tersebut bukan sesuatu yang buruk.

"Aku tidak peduli apa yang dunia di sekitar kami pikirkan, seperti Mancherster United tidak peduli pada apa yang aku katakan [dulu]," kata Klopp dikutip BBC Sport. "Itu adalah opiniku saat itu. Apakah aku mengubah opiniku? Ya, itu benar. Tapi lebih baik mengubah opini daripada tidak memiliki opini sama sekali."

2. Liverpool telah dapatkan pemain-pemain yang dibutuhkan

Jurgen Klopp Tidak Peduli Kritikan Soal Pembelian Mahal Liverpoolliverpoolecho.co.uk

Termasuk transfer Alisson yang bernilai sekitar 66,8 juta pounds, selama 12 bulan terakhir Liverpool telah menghabiskan total hampir 250 juta pounds di bursa transfer. Pada bursa transfer musim panas ini saja, situs transfermarkt.co.uk mencatat bahwa The Reds telah menghabiskan lebih dari 160 juta pounds untuk 4 pemain.

Namun sekali lagi Klopp mengaku tidak terlalu memusingkan harga mahal tersebut, karena baginya yang terpenting saat ini adalah ia punya pemain-pemain yang ia butuhkan, terutama untuk memperkuat lini belakang yang kerap menjadi titik lemah The Kop.

"Apapun yang orang-orang katakan berulang-ulang, aku telah mengalami saat-saat yang lebih buruk dalam hidup dan hal-hal yang lebih buruk terjadi padaku. Kami punya pemain-pemain yang kami inginkan. Aku baik-baik saja dengan itu," ungkapnya.

3. Bursa transfer sepak bola dunia telah berubah

Jurgen Klopp Tidak Peduli Kritikan Soal Pembelian Mahal Liverpoolgoal.com

Klopp juga mengatakan bahwa saat ia membuat pernyataan soal transfer Pogba dulu, ia tidak menduga bahwa bursa transfer akan berubah menjadi seperti sekarang, dengan harga pemain melonjak gila-gilaan seperti misalnya Neymar yang dihargai sekitar 200 juta pounds saat didatangkan PSG dari Barcelona.

"Dunia benar-benar telah berubah," katanya. "Pemain-pemain yang lebih baik dari yang kami punya tidak akan menunggu di pojokan. Anda tidak bisa mendapatkan kiper kelas dunia yang punya kontrak panjang di AS Roma dengan gratis.

"Aku tidak akan mengatakan bahwa kami tidak ingin mengeluarkan uang banyak karena pada akhirnya Liverpool tidak sukses. Hal itu tidak akan berhasil," tutupnya.

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya