Comscore Tracker

Kalah Bersaing, 5 Pemain Top Ini Jarang Bermain di Timnas

Jadi andalan di klub, tapi tersisih di timnas

Bagi seorang pemain sepak bola, bisa bermain membela tim nasional adalah sebuah kebanggaan. Meski bermain di klub besar dan meraih banyak trofi, rasanya karier seorang pemain tetap kurang lengkap jika ia tidak bisa bermain untuk negaranya.

Maka setiap pemain biasanya akan berlomba-lomba tampil bagus di klub supaya bisa dipanggil oleh timnas. Namun, terkadang seorang pemain tetap jarang mendapat kesempatan di timnas meski ia sudah tampil hebat bersama klubnya.

Umumnya, hal itu terjadi karena persaingan yang ketat dengan pemain lain yang senegara dengannya. Lima nama berikut ini adalah contoh pemain top yang hebat bersama klubnya namun jarang bermain di timnas.

1. Mauro Icardi

Kalah Bersaing, 5 Pemain Top Ini Jarang Bermain di TimnasMauro Icardi (mundoalbiceleste.com)

Kehebatan Mauro Icardi sebagai striker di level klub tak perlu diragukan lagi. Pemain asal Argentina ini terutama menunjukkan kualitasnya kala membela Inter Milan pada 2013 hingga 2020. Selama membela Inter, Icardi mencetak 124 gol dari 219 laga di semua ajang. Kini ia bermain di Paris Saint-Germain, dan ketajamannya pun masih terjaga.

Namun statistik hebat Icardi di level klub ternyata tak membuatnya jadi andalan di timnas. Sejak debut bersama timnas Argentina pada 2013, Icardi baru mencatat 8 caps saja sejauh ini, dengan sumbangan 1 gol. Icardi bahkan tak pernah dipercaya masuk skuad Piala Dunia maupun Copa America.

Menurut rumor yang beredar, Icardi tak dipanggil oleh timnas bukan karena performa yang buruk, melainkan karena hubungannya dengan Lionel Messi yang tidak harmonis. Namun pelatih Argentina, Lionel Scaloni pernah menyebut bahwa Icardi masih bisa membela Argentina di masa depan. Pertanyaannya, kira-kira kapan itu akan terjadi?

2. Fabinho

Kalah Bersaing, 5 Pemain Top Ini Jarang Bermain di TimnasFabinho (skysports.com)

Sementara Fabinho adalah gelandang Brasil yang dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan pesonanya bersama Liverpool. Peran vital Fabinho bagi The Reds terlihat dari total 122 laga yang sudah ia mainkan untuk Liverpool hanya dalam 3 musim. Namun bersama timnas Brasil, pemain berkepala plontos ini masih kesulitan menancapkan kukunya di tim inti.

Sejak menjalani debut di timnas pada 2015, Fabinho baru bermain 14 kali saja bagi Brasil di semua ajang. Namun pada 13 Juni 2021 lalu, Fabinho untuk pertama kalinya membela Brasil di turnamen mayor kala Brasil mengalahkan Venezuela 3-0 di laga Copa America 2021. Apakah itu pertanda bahwa Fabinho akan mulai dapat lebih banyak kesempatan bersama timnas?

Baca Juga: 5 Gelandang Bertahan Top Asal Prancis yang Tak Dipanggil Timnas

3. Alexandre Lacazette

Kalah Bersaing, 5 Pemain Top Ini Jarang Bermain di TimnasAlexandre Lacazette (standard.co.uk)

Berikutnya ada Alexandre Lacazette, striker asal Prancis yang membela Arsenal sejak 2017. Sebelumnya ia membela Lyon selama 7 musim dan berhasil tampil cukup tajam. Lacazette total mengoleksi 129 gol selama membela Lyon, dan sejauh ini ia sudah menciptakan 65 gol saat berseragam Arsenal.

Namun catatan tersebut rupanya belum cukup untuk membuatnya mendapat tempat reguler di timnas Prancis. Sejak debut pada 2013, Lacazette baru bermain 16 kali bagi timnas dan mencetak 3 gol.

Ia juga tak pernah tampil ikut turnamen mayor, termasuk absen di Piala Eropa 2020. Sudah berusia 30 tahun, apakah kesempatan Lacazette membela timnas sudah habis?

4. Danny Ings

Kalah Bersaing, 5 Pemain Top Ini Jarang Bermain di TimnasDanny Ings (independent.co.uk)

Danny Ings adalah striker yang sedang naik daun bersama Southampton dalam dua musim terakhir. Selama periode tersebut, Ings sukses mencetak 46 gol dari 100 penampilan di semua ajang. Catatan itu terbilang menakjubkan mengingat klub yang ia bela bukanlah klub besar.

Namun, Ings sejauh ini masih belum mendapat banyak kesempatan untuk membela negaranya. Ia sempat menjalani debut bersama timnas pada 2015 kala masih membela Liverpool. Namun sejak saat itu hingga kini, baru tiga kali ia turun berseragam Inggris. Persaingan sengit di lini depan Inggris adalah faktor yang menyebabkan Ings sulit dapat kesempatan.

5. Cesar Azpilicueta

Kalah Bersaing, 5 Pemain Top Ini Jarang Bermain di TimnasCesar Azpilicueta (football.london)

Terakhir, ada Cesar Azpilicueta, bek asal Spanyol yang setia membela Chelsea sejak 2012. Azpilicueta kini menjabat kapten Chelsea, yang menunjukkan besarnya kontribusinya bagi The Blues. Ia juga sudah mencatat 429 kali di semua ajang dengan sumbangan 14 gol dan 53 assist.

Sayangnya, kesempatan yang didapat oleh Azpilicueta di timnas Spanyol tak sebanyak di Chelsea. Sejak 2013, ia baru bermain 25 kali bagi timnas. Namun, penampilan hebat Azpi musim lalu bersama Chelsea membuat pelatih Luis Enrique turut membawanya ke Piala Eropa 2020. Menarik ditunggu apakah ia akan dapat kesempatan tampil di Piala Eropa kali ini.

 

Menjadi andalan di klub memang tak menjamin seorang pemain juga akan diandalkan di timnas. Dari kelima pemain di atas, menurutmu siapa yang pantas mendapat lebih banyak kesempatan bermain untuk negaranya?

Baca Juga: Tampil Apik, 5 Pemain Ini Tak Dipanggil Timnas Spanyol di Euro 2020

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya