5 Kapten Aktif Klub Premier League yang Paling Lama Menjabat

Mereka punya jiwa kepemimpinan yang tinggi

Kapten adalah jabatan yang sangat penting dalam sebuah tim sepak bola. Pemain yang menjadi kapten harus memimpin serta mampu mengangkat moral rekan-rekannya. Karena itu, pemain yang ditunjuk menjadi kapten tentu bukan pemain sembarangan, melainkan pemain yang memiliki jiwa kepemimpinan serta mental kuat.

Nah, jika seorang pemain dipercaya menjadi kapten tim hingga bertahun-tahun, tentu hal itu menunjukkan bahwa ia memang punya kualitas kepemimpinan di atas rata-rata. Di Premier League, ada sejumlah pemain yang sudah beberapa tahun menjadi kapten karena kualitas itu. Inilah lima kapten di klub Premier League yang paling lama menjabat.

5. Jamaal Lascelles (kapten sejak 2016)

5 Kapten Aktif Klub Premier League yang Paling Lama MenjabatJamaal Lascelles (chroniclelive.co.uk)

Dari urutan kelima, ada Jamaal Lascelles, kapten Newcastle United yang sudah menjabat sejak 2016. Lascelles adalah bek asal Inggris yang membela Newcastle sejak 2014. Ia ditunjuk jadi kapten menyusul kepergian Fabricio Coloccini, bek asal Argentina yang hengkang pada 2016.

Di musim pertamanya jadi kapten, Lascelles langsung berhasil membawa Newcastle promosi ke Premier League setelah degradasi di musim sebelumnya. Sejak itu mereka juga konsisten bertengger di papan tengah Premier League. Lascelles sendiri selalu jadi andalan di lini belakang. Ia tampil 187 kali di semua ajang dalam 5 musim dan menyumbang 12 gol.

4. Hugo Lloris (kapten sejak 2015)

5 Kapten Aktif Klub Premier League yang Paling Lama MenjabatHugo Lloris (hotspurhq.com)

Tottenham Hotspur juga memiliki kapten yang sudah cukup lama menjabat, yaitu Hugo Lloris. Penjaga gawang asal Prancis ini dipercaya jadi kapten sejak 2015, menggantikan Younes Kaboul. Lloris sendiri sudah berseragam Tottenham sejak 2012 sehingga merupakan salah satu pemain paling senior di Spurs saat ini.

Dalam 4 musim pertamanya sebagai kapten, Lloris selalu berhasil membawa Spurs finis di empat besar Premier League, meski kemudian menurun di 2 musim terakhir. Mereka juga menembus final Liga Champions untuk pertama kalinya pada 2018/19. Itu membuktikan bahwa Lloris cukup berhasil menjalankan perannya sebagai pemimpin di lapangan.

Baca Juga: Hugo Lloris dan Son Heung-min Bersitegang, Mourinho: Itu Wajar

3. Jordan Henderson (kapten sejak 2015)

5 Kapten Aktif Klub Premier League yang Paling Lama MenjabatJordan Henderson (liverpoolfc.com)

Jordan Henderson juga menjabat kapten sejak 2015 bagi klubnya, Liverpool. Henderson sudah 10 musim membela Liverpool sejauh ini, alias sejak 2011. Maka ia memang sangat pantas menjadi pemimpin dari rekan-rekannya. Penampilannya sebagai gelandang pun cukup konsisten di lini tengah.

Bersama Henderson dan tentunya pelatih Jurgen Klopp, Liverpool sukses meraih kebangkitan. The Reds yang tadinya kesulitan untuk sekadar masuk empat besar berubah jadi klub peraih Liga Champions dan Premier League. Jika suatu saat Liverpool ditinggal Henderson, mereka harus putar otak mencari pengganti yang sekaliber dirinya.

2. Mark Noble (kapten sejak 2015)

5 Kapten Aktif Klub Premier League yang Paling Lama MenjabatMark Noble (whufc.com)

Berikutnya ada Mark Noble, kapten West Ham United yang juga sudah menjabat sejak 2015. Bukan hanya menjabat kapten, Noble juga adalah pemain paling senior di West Ham saat ini. Bahkan ia adalah pemain aktif Premier League dengan masa bakti terlama, karena sudah membela West Ham sejak 2004, alias sudah 17 tahun!

Karena loyalitas yang luar biasa, gelandang asal Inggris ini bahkan mendapat julukan Mr. West Ham. Noble sejauh ini sudah tampil 526 kali bagi The Hammers di semua ajang, dan mencetak 60 gol serta 61 assist. Berusia 34 tahun, Noble sudah menyatakan bahwa musim ini adalah musim terakhirnya karena ia akan pensiun sebagai pemain di akhir musim.

1. Troy Deeney (kapten sejak 2014)

5 Kapten Aktif Klub Premier League yang Paling Lama MenjabatTroy Deeney (watfordobserver.co.uk)

Pemain aktif Premier League yang menjabat kapten paling lama ternyata adalah Troy Deeney. Deeney adalah striker Inggris yang mulai membela Watford pada 2010. Ia lalu dinobatkan sebagai kapten pada 2014, dan terus bertahan hingga kini. Maka sejauh ini, sudah 7 tahun ia memakai ban kapten Watford di lengannya.

Selain jadi kapten, Deeney juga masih jadi striker andalan Watford. Sejauh ini ia sudah mencatat 419 laga bagi Watford di semua ajang dan mencetak 140 gol serta 62 assist. Setelah musim lalu membawa Watford promosi ke Premier League, kini Deeney harus berjuang supaya Watford bisa bertahan di kasta tertinggi dan tidak terdegradasi lagi.

Para pemain di atas pasti memiliki jiwa kepemimpinan yang luar biasa sehingga bisa dipercaya menjadi kapten cukup lama. Siapa dari antara mereka yang bisa membawa klubnya berprestasi musim ini?

Baca Juga: Mematikan, Troy Deeney: Firmino Pemain Nomor 9 Terbaik di Inggris

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya