Comscore Tracker

5 Kapten Termuda di Piala Eropa 2020, Ada Hazard dan Kane

Ada yang baru berusia 27 tahun

Dalam sebuah tim sepak bola, pemain yang menjadi kapten mengemban tanggung jawab yang besar. Ia tak hanya harus tampil bagus demi membantu tim, tapi juga harus bisa memotivasi rekan-rekannya untuk terus berjuang hingga akhir. Karena harus memiliki mental baja, biasanya pemain yang dipercaya jadi kapten adalah pemain yang sudah cukup senior.

Namun, hal itu tidak selalu berlaku. Terkadang, pemain yang masih berusia muda pun dipercaya menjadi kapten karena sudah terbukti punya mental yang tangguh. Di Piala Eropa 2020 ini, sejumlah pemain yang relatf masih muda pun dipercaya mengemban amanat jadi kapten. Inilah 5 pemain termuda yang menjadi kapten tim di Piala Eropa 2020.

5. Georginio Wijnaldum (30 tahun)

5 Kapten Termuda di Piala Eropa 2020, Ada Hazard dan KaneGeorginio Wijnaldum (goal.com)

Dimulai dari urutan kelima, ada Georginio Wijnaldum yang dipercaya menjadi kapten Timnas Belanda di Piala Eropa kali ini. Pemain berposisi gelandang ini lahir pada 11 November 1990 sehingga saat ini ia masih berusia 30 tahun. Usia tersebut pun sebenarnya terbilang cukup senior, tapi masih termasuk muda dibanding kapten tim-tim lain di Piala Eropa 2020.

Wijnaldum sejauh ini berhasil menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Ia berhasil membawa Belanda memenangi 3 laga grup sehingga lolos ke 16 besar dengan status juara grup. Tak hanya itu, Wijnaldum juga berperan besar dalam kesuksesan tersebut karena sudah mencetak 3 gol. Bisakah Wijnaldum membawa Belanda berprestasi di Piala Eropa 2020?

4. Eden Hazard (30 tahun)

5 Kapten Termuda di Piala Eropa 2020, Ada Hazard dan KaneEden Hazard (as.com)

Eden Hazard, sang kapten Timnas Belgia, juga masih berusia 30 tahun. Namun, sedikit lebih muda dari Wijnaldum karena ia lahir pada 7 Januari 1991. Gelandang Real Madrid ini sempat menjadi cadangan di laga pertama dan kedua grup melawan Rusia dan Denmark sehingga tugas kapten diserahkan kepada Jan Vertonghen.

Namun, di laga ketiga menghadapi Finlandia, Hazard tampil full sehingga ban kapten pun kembali melekat di lengannya. Sejauh ini Hazard memang belum terlalu bersinar di Piala Eropa 2020, terutama karena ia baru sekali bermain penuh. Di babak knockout, Hazard pasti masih akan jadi andalan Belgia untuk bisa terus melaju.

Baca Juga: Siap Gempur Finlandia, Eden Hazard Abaikan Cedera Engkel

3. Granit Xhaka (28 tahun)

5 Kapten Termuda di Piala Eropa 2020, Ada Hazard dan KaneGranit Xhaka (90min.com)

Granit Xhaka dipercaya mengapteni Swiss meski saat ini masih berusia 28 tahun. Pemain kelahiran 27 September 1992 ini memang sudah menjadi kapten Swiss sejak 2018. Tak heran jika di Piala Eropa 2020 pun jabatan itu masih dipercayakan padanya.

Kepemimpinan Xhaka sejauh ini berdampak cukup baik bagi Swiss. Ia tampil full di tiga laga Swiss di fase grup dan berhasil membawa negaranya finis di posisi ketiga. Dengan raihan 4 poin, peluang Swiss cukup terbuka untuk lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

2. Harry Kane (27 tahun)

5 Kapten Termuda di Piala Eropa 2020, Ada Hazard dan KaneHarry Kane (theguardian.com)

Timnas Inggris membawa cukup banyak pemain muda di Piala Eropa 2020 ini. Tak heran jika kapten tim mereka pun masih cukup muda. Ia adalah Harry Kane, striker yang lahir pada 28 Juli 1993 alias masih berusia 27 tahun. Kane mendapat kepercayaan sebagai kapten Inggris, sama seperti di Piala Dunia 2018 lalu.

Kane pun berhasil menunjukkan kelasnya dengan membawa Inggris lolos dari grup D. Namun, sejauh ini ia belum berhasil mencetak gol. Di babak knockout nanti, Inggris tentu tak hanya butuh jiwa kepemimpinan Kane, tapi juga ketajamannya di depan gawang lawan demi meraih kemenangan.

1. Andy Robertson (27 tahun)

5 Kapten Termuda di Piala Eropa 2020, Ada Hazard dan KaneAndy Robertson (liverpoolfc.com)

Pemain termuda yang dipercaya menjadi kapten tim di Piala Eropa 2020 ini adalah Andy Robertson. Bek sayap Skotlandia ini adalah pemain kelahiran 11 Maret 1994 yang artinya ia baru berusia 27 tahun. Meski masih muda, Robertson pantas menjadi kapten bagi Skotlandia karena ia juga adalah salah satu pemain terbaik yang dimiliki negaranya itu.

Sayangnya, Robertson gagal membawa negaranya lolos ke babak berikutnya. Skotlandia hanya meraih 1 poin dalam 3 laga, hasil dari sekali imbang melawan Inggris. Meski demikian, Piala Eropa kali ini akan jadi pengalaman berharga baginya dalam memimpin rekan-rekannya di ajang internasional lainnya.

 

Itulah 5 pemain termuda di Piala Eropa 2020 yang dipercaya menjadi kapten timnya. Meski kalah senior dibanding kapten tim-tim lain, mereka tetap memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat dibutuhkan negaranya. Menurutmu, bisakah salah satu di mereka membawa negaranya jadi juara Piala Eropa 2020?

Baca Juga: 10 Potret Bek Pekerja Keras Andalan Liverpool, Andy Robertson

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya