Comscore Tracker

5 Kekalahan Manchester United dalam Pekan Pembuka Premier League

Sempat juara meski kalah di laga pertama

Manchester United mengawali musim 2022/2023 dengan buruk. Pada pekan perdana Premier League, United dibuat keok oleh Brighton & Hove Albion dengan skor 1-2 meski bermain di kandang sendiri. Partai debut resmi Erik ten Hag sebagai pelatih Manchester United pun harus ternoda.

United sebenarnya bukan baru pertama kali mengalami kekalahan pada pekan pembuka Premier League. Inilah lima kekalahan yang diderita United pada laga perdana Premier League dalam dua dekade terakhir.

1. Manchester United 0-1 Chelsea (2004/2005)

5 Kekalahan Manchester United dalam Pekan Pembuka Premier LeagueManchester United melawan Chelsea di pekan pembuka Premier League 2004/2005. (chelseafc.com)

Pada musim 2004/2005, Manchester United mengawali Premier League dengan bertandang ke markas Chelsea. Partai itu spesial bagi Chelsea karena merupakan debut resmi Jose Mourinho sebagai pelatih mereka. The Blues juga pantas optimis karena telah mendatangkan sejumlah pemain top pada musim panas.

Hasilnya, laga sengit di Stamford Bridge tersebut dimenangi Chelsea 1-0. Satu gol Eidur Gudjohnsen membuat Manchester United pulang dengan tangan hampa. Premier League 2004/2005 sendiri berakhir dengan Chelsea keluar sebagai juara, sementara United harus puas finis di posisi ketiga.

2. Manchester United 0-1 Everton (2012/2013)

5 Kekalahan Manchester United dalam Pekan Pembuka Premier LeagueManchester United melawan Everton di pekan pembuka Premier League 2012/2013. (premierleague.com)

Kekalahan pada pekan pembuka sebenarnya tak selalu berujung buruk bagi Manchester United. Pada musim 2012/2013, Setan Merah keok 0-1 di markas Everton pada laga perdana liga. Gol tunggal Everton saat itu dibuat melalui sundulan Marouane Fellaini.

Meski menderita awal yang buruk, United ternyata tetap sukses menjuarai Premier League 2012/2013. Mereka finis di puncak klasemen dengan keunggulan 11 poin atas Manchester City. Itu menjadi gelar Premier League terakhir mereka hingga kini yang sekaligus menutup era Sir Alex Ferguson.

Baca Juga: 3 Catatan Unik dari Kekalahan Manchester United Lawan Brighton

3. Manchester United 1-2 Swansea City (2014/2015)

5 Kekalahan Manchester United dalam Pekan Pembuka Premier LeagueManchester United melawan Swansea City di pekan pembuka Premier League 2014/2015. (twitter.com/Squawka)

Sepeninggal Ferguson, Manchester United sempat dilatih David Moyes yang ternyata langsung dipecat sebelum genap semusim. United pun mengawali musim 2014/2015 dengan pelatih baru, Louis van Gaal. Pria asal Belanda itu melakoni debut resmi sebagai pelatih United melawan Swansea City di Premier League.

Bertanding di Old Trafford, United tampil lebih dominan. Namun, mereka tetap kalah dari Swansea dengan skor 1-2. Musim 2014/2015 pun berakhir dengan delapan kekalahan di Premier League bagi United. Mereka hanya finis di posisi keempat, sedangkan trofi juara jatuh ke tangan Manchester City.

4. Manchester United 1-3 Crystal Palace (2020/2021)

5 Kekalahan Manchester United dalam Pekan Pembuka Premier LeagueManchester United melawan Crystal Palace di pekan pembuka Premier League 2020/2021. (skysports.com)

Berikutnya, United kembali keok di pekan pembuka Premier League pada 2020/2021. Saat itu Premier League baru dimulai pada bulan September karena pandemi yang masih melanda. United kedatangan Crystal Palace sebagai tamu, tetapi malah harus menyerah dengan skor 1-3.

Dua gol Palace saat itu dibuat oleh Wilfried Zaha. Zaha adalah winger yang sempat dibeli Manchester United tetapi terbuang dari skuad. United sendiri akhirnya finis sebagai runner-up Premier League 2020/2021. Namun, selisih poin mereka cukup jauh dengan Manchester City yang jadi juara.

5. Manchester United 1-2 Brighton & Hove Albion (2022/2023)

5 Kekalahan Manchester United dalam Pekan Pembuka Premier LeagueManchester United melawan Brighton & Hove Albion di pekan pembuka Premier League 2022/2023. (twitter.com/premierleague)

Premier League 2022/2023 kembali diwarnai dengan kekalahan Manchester United di kandang sendiri pada pekan pembuka. Setan Merah kedatangan Brighton & Hove Albion, klub yang musim lalu membantai mereka 0-4. Bukannya balas dendam, United malah kalah lagi 1-2.

United sebenarnya sempat dilanda optimisme dalam memulai musim baru. Mereka meraih sejumlah hasil positif pada laga pramusim, termasuk menang 4-0 atas Liverpool. Namun, hal itu terbukti tak berpengaruh di kompetisi sesungguhnya. Setan Merah harus lekas bangkit pada laga berikutnya melawan Brentford.

 

Kekalahan di laga pertama memang bukan penentu kegagalan. Namun, Manchester United harus waspada dan segera berbenah menyikapi kekalahan dari Brighton. Kalau tidak, mereka bisa kembali mengakhiri musim dengan buruk.

Baca Juga: Filosofi RB Leipzig buat Benjamin Sesko Tolak Manchester United

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya