Comscore Tracker

5 Kiper Asing yang Pernah Membela Lazio, Ada yang Baru Bergabung

Lazio makin sering mengandalkan kiper asing

Dulunya, Lazio selalu mengandalkan posisi penjaga gawang kepada pemain asal Italia. Beberapa di antaranya adalah Luca Marchegiani, Angelo Peruzzi, hingga Federico Marchetti. Mereka adalah kiper berkualitas yang tampil ratusan kali bareng Lazio serta pernah pula dipanggil membela Timnas Italia.

Namun, dalam beberapa musim terakhir, Lazio justru lebih sering memakai jasa kiper asing. Inilah kelima nama di antara sederet nama kiper asing tersebut, termasuk satu kiper yang baru diboyong Biancocelesti pada bursa transfer musim panas 2022 ini.

1. Fernando Muslera 

5 Kiper Asing yang Pernah Membela Lazio, Ada yang Baru BergabungFernando Muslera (twitter.com/OfficialSSLazio)

Pertama, ada Fernando Muslera, penjaga gawang utama Timnas Uruguay. Muslera pernah membela Lazio pada 2007–2011. Sempat jadi pelapis, ia sukses merebut tempat utama di bawah mistar dalam dua musim terakhirnya.

Bersama Lazio, Muslera mencatat total 113 penampilan di semua ajang. Ia juga sempat mengantarkan Lazio memenangi Coppa Italia dan Piala Super Italia. Meski jadi kiper utama, Muslera akhirnya memilih meninggalkan Lazio pada 2011 untuk bergabung dengan Galatasaray, klub yang ia bela hingga kini.

2. Etrit Berisha

5 Kiper Asing yang Pernah Membela Lazio, Ada yang Baru BergabungEtrit Berisha (sslazio.it)

Sepeninggal Muslera, Lazio kembali mengandalkan kiper lokal yaitu Federico Marchetti sebagai pilihan utama. Marchetti sempat memiliki beberapa pelapis, salah satunya Etrit Berisha. Berisha adalah kiper asal Albania yang berseragam Lazio pada 2013–2016.

Meski bukan kiper utama, Berisha sempat cukup banyak tampil bareng Lazio. Ia bermain 59 kali di semua ajang, termasuk 38 laga di Serie A.

Berisha akhirnya memang tak berhasil meraih trofi bareng Lazio. Namun, ia sempat terpilih sebagai kiper asing terbaik di Serie A musim 2013/2014.

Baca Juga: 9 Fakta Luis Maximiano, Kiper Baru Lazio asal Portugal

3. Thomas Strakosha

5 Kiper Asing yang Pernah Membela Lazio, Ada yang Baru BergabungThomas Strakosha (instagram.com/thomas_strakosha)

Thomas Strakosha adalah kiper jebolan akademi Lazio yang juga berasal dari Albania. Ia merangsek ke tim senior pada 2015 dan mulai menjadi penjaga gawang utama pada musim 2016/2017. Strakosha terus bertahan di Lazio hingga akhirnya hengkang pada musim panas 2022.

Bersama Lazio, jumlah penampilan Strakosha mencapai 208 laga di semua ajang dengan catatan 62 clean sheets. Ia juga sempat meraih 2 trofi Coppa Italia dan 2 Piala Super Italia bareng Biancocelesti. Strakosha baru saja meninggalkan Lazio untuk merapat ke Brentford pada bursa transfer musim panas 2022.

4. Pepe Reina

5 Kiper Asing yang Pernah Membela Lazio, Ada yang Baru BergabungPepe Reina (instagram.com/preinaofficial)

Pepe Reina juga baru saja meninggalkan Lazio pada musim panas 2022. Reina adalah kiper asal Spanyol yang namanya tenar sejak masih membela Liverpool. Setelah meninggalkan Liverpool, Reina silih berganti membela beberapa klub, termasuk Lazio medio 2020–2022.

Reina sempat menyaingi Thomas Strakosha sebagai kiper utama Lazio. Ia tampil 54 kali di semua ajang meski gagal mempersembahkan trofi bagi Biancocelesti.

Sudah berusia 39 tahun, nyatanya Reina masih enggan pensiun. Di bursa transfer musim panas 2022 ini Reina memutuskan pulang ke Spanyol untuk membela Villarreal.

5. Luis Maximiano

5 Kiper Asing yang Pernah Membela Lazio, Ada yang Baru BergabungLuis Maximiano (instagram.com/luismaximiano81)

Setelah melepas Thomas Strakosha dan Pepe Reina, Lazio tentu harus mendatangkan penjaga gawang baru untuk musim 2022/2023. Pilihan mereka lagi-lagi jatuh ke kiper asing, yaitu Luis Maximiano. Maximiano adalah kiper asal Portugal yang baru berusia 23 tahun dengan potensi memikat.

Maximiano didatangkan Lazio dari klub Spanyol, Granada, dengan harga 10 juta euro atau sekitar Rp152 miliar. Ia diberi nomor punggung 1, sebuah indikasi bahwa ia bakal diproyeksikan sebagai kiper utama Lazio. Bersama Granada, Maximiano telah menunjukkan kualitasnya sepanjang 2021/2022.

Maximiano memang gagal mencegah Granada terdegradasi dari LaLiga musim 2021/2022 lalu. Namun, ia sudah tampil semaksimal mungkin.

Buktinya, ia membuat penyelamatan terbanyak di LaLiga 2021/2022, yaitu 127 penyelamatan. Jelas bahwa Maximiano punya potensi gemilang kala bermain bersama tim yang lebih berkualitas.

Beberapa kiper asing di atas sukses membuktikan kualitasnya saat mampu mengantarkan Lazio meraih trofi. Sanggupkah Luis Maximiano, sang kiper anyar Biancocelesti, menorehkan prestasi serupa?

Baca Juga: 5 Pemain Italia di Skuad Lazio pada Musim 2021/2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya