Comscore Tracker

5 Kiper Belanda yang Pernah Membela Klub Besar English Premier League

Sebagian besar berhasil meraih trofi

Belanda terkenal sebagai negara penghasil pesepak bola top. Khususnya dari barisan penyerang, ada banyak nama pemain Belanda yang mendunia.

Meski begitu, tak hanya penyerang, beberapa penjaga gawang asal Belanda juga punya karier yang apik. Contohnya adalah lima kiper berikut ini.

Mereka pernah berkarier bersama klub besar di English Premier League (EPL). Beberapa di antaranya bahkan berhasil meraih trofi.

1. Raimond van der Gouw

5 Kiper Belanda yang Pernah Membela Klub Besar English Premier LeagueRaimond van der Gouw berseragam Manchester United. (planetfootball.com)

Raimond van der Gouw adalah kiper asal Belanda yang pernah bermain bagi Manchester United. Ia cukup lama membela Setan Merah, tepatnya pada 1996–2002. Namun, Van der Gouw hanya berstatus kiper pelapis di Manchester United, sehingga tampil enam puluh kali saja.

Meski demikian, Van der Gouw tetap berhasil meraih sejumlah trofi bareng Setan Merah. Ia mengangkat 2 trofi Premier League, 1 Liga Champions, dan 3 trofi lain. Saat ini, Van der Gouw menjabat sebagai pelatih kiper di PSV Eindhoven.

2. Ed de Goey

5 Kiper Belanda yang Pernah Membela Klub Besar English Premier LeagueEd de Goey berseragam Chelsea. (twitter.com/ChelseaFC)

Sementara, Eduard de Goey adalah kiper asal Belanda yang sempat jadi andalan Chelsea. De Goey berseragam Chelsea pada 1997–2003 dan mencatat 176 penampilan di semua ajang. Ia tampil apik bersama The Blues hingga berhasil menorehkan 73 clean sheet.

Meski bermain pada era sebelum kedatangan Roman Abramovich, Ed de Goey juga berhasil membawa The Blues meraih lima trofi. Itu termasuk trofi Eropa seperti Piala Winners 1997/1998. Sama dengan Van der Gouw, saat ini Ed de Goey juga melanjutkan karier sebagai pelatih kiper.

Baca Juga: 10 Potret Guillermo Ochoa, Kiper Meksiko Spesialis Piala Dunia

3. Sander Westerveld

5 Kiper Belanda yang Pernah Membela Klub Besar English Premier LeagueSander Westerveld berseragam Liverpool. (twitter.com/LFC)

Liverpool juga pernah memiliki kiper asal Belanda. Sander Westerveld adalah kiper utama Liverpool pada 1999–2001. Sayangnya, ia hanya bertahan selama 2 musim bersama The Reds sebelum dilepas ke Real Sociedad.

Westerveld bermain 102 kali bersama Liverpool di semua ajang. Ia juga adalah salah satu aktor utama kala The Reds meraih lima trofi pada 2001. Setelah hengkang dari Liverpool, Westerveld sempat melanjutkan kariernya bersama beberapa klub, termasuk Everton.

4. Edwin van der Sar

5 Kiper Belanda yang Pernah Membela Klub Besar English Premier LeagueEdwin van der Sar menjuarai Premier League bersama Manchester United. (skysports.com)

Raimond van der Gouw bukan satu-satunya kiper Belanda yang pernah berseragam Manchester United. Pada 2005–2011, mereka dibela Edwin van der Sar, kiper dengan catatan caps terbanyak bagi Timnas Belanda.

Tak seperti Van der Gouw, Van der Sar sangat diandalkan Manchester United. Van der Sar tampil 264 kali bersama Setan Merah dengan mencatat 135 clean sheet.

Ia juga meraih 11 trofi, termasuk 4 Premier League. Van der Sar pun tercatat sebagai kiper Belanda tersukses di ajang Premier League.

5. Michel Vorm

5 Kiper Belanda yang Pernah Membela Klub Besar English Premier LeagueMIchel Vorm berseragam Tottenham Hotspur. (skysports.com)

Satu lagi kiper asal Belanda yang pernah membela klub besar Premier League adalah Michel Vorm. Vorm membela Tottenham Hotspur pada 2014–2020. Saat itu, Tottenham sudah dikenal sebagai salah satu klub anggota The Big Six Premier League.

Meski begitu, Vorm hanya menjadi pelapis bagi Hugo Lloris selama membela Tottenham. Jumlah penampilannya mencapai 47 laga di semua ajang dengan 17 clean sheet. Vorm tidak berhasil meraih trofi bersama Tottenham, tetapi setia kepada Spurs hingga pensiun.

Lima nama di atas berhasil membuktikan bahwa Belanda tak hanya penghasil penyerang hebat, tetapi juga kiper hebat. Apakah akan ada lagi kiper asal Belanda yang bersinar di Premier League?

Baca Juga: 10 Potret Odysseas Vlachodimos, Kiper Nomor Satu Benfica dan Yunani

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya