5 Kiper yang Pernah Menjadi Pelapis Hugo Lloris di Tottenham Hotspur

Fraser Forster berikutnya?

Tottenham Hotspur baru saja mendatangkan penjaga gawang baru, Fraser Forster. Forster bergabung dengan Tottenham setelah kontraknya bersama Southampton habis. Kiper asal Inggris berusia 34 tahun itu punya kualitas yang mumpuni. Meski begitu, ia diperkirakan hanya diplot sebagai pelapis Hugo Lloris saja di Tottenham. 

Kedigdayaan Lloris bersama Tottenham memang sejauh ini belum tergoyahkan. Sejak bergabung dengan Spurs pada 2012 silam, kiper nomor satu Prancis tersebut selalu jadi pilihan utama di bawah mistar. Kelima nama kiper berikut ini pun silih berganti menjadi pelapis Lloris di Tottenham Hotspur. Mereka pun tak pernah berhasil menggeser Lloris sebagai sosok penjaga gawang inti.

Lantas, siapa saja mereka? Langsung simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Brad Friedel

5 Kiper yang Pernah Menjadi Pelapis Hugo Lloris di Tottenham HotspurBrad Friedel (skysports.com)

Pertama ada nama Brad Friedel, kiper asal Amerika Serikat yang membela Tottenham sejak 2011–2015. Friedel menjadi kiper utama Tottenham pada musim pertamanya. Namun, ia turun pangkat jadi kiper kedua setelah kedatangan Hugo Lloris pada musim 2012/2013.

Tottenham sendiri akhirnya menjadi klub terakhir Friedel. Ia mencatatkan total 67 penampilan bareng Spurs, 29 laga di antaranya setelah kehadiran Lloris. Sebelum gabung Spurs, Friedel sempat lama malang melintang di Premier League bersama Liverpool, Blackburn Rovers, dan Aston Villa.

2. Michel Vorm

5 Kiper yang Pernah Menjadi Pelapis Hugo Lloris di Tottenham HotspurMichel Vorm (instagram.com/mvorm)

Pada 2014, Tottenham mendatangkan kiper baru ke White Hart Lane. Ia adalah Michel Vorm, kiper asal Belanda yang sebelumnya tampil apik bersama Swansea City. Meski punya kualitas mumpuni, Vorm pun pada akhirnya hanya jadi pelapis Hugo Lloris.

Meski demikian, Vorm tetap setia membela Tottenham hingga pensiun pada 2020. Bersama Spurs, ia tampil 47 kali di semua ajang dan mencatatkan 17 clean sheet. Sepanjang kariernya, Vorm pernah meraih satu trofi, yaitu Piala Liga 2012/2013 bersama Swansea City.

Baca Juga: 7 Pemain Tertua yang Membela Tottenham Hotspur pada 2021/2022

3. Paulo Gazzaniga

5 Kiper yang Pernah Menjadi Pelapis Hugo Lloris di Tottenham HotspurPaulo Gazzaniga (instagram.com/gazzanigapaulo)

Berikutnya ada nama Paulo Gazzaniga, kiper asal Argentina yang bergabung dengan Tottenham pada 2017. Gazzaniga sebelumnya membela Southampton sebagai kiper pelapis. Di Tottenham, posisinya pun tak jauh berbeda.

Meski demikian, Gazzaniga sempat tampil cukup banyak pada musim 2019/2020, tepatnya 25 penampilan di semua ajang. Pasalnya, saat itu Hugo Lloris didera cedera dan harus menepi untuk waktu yang cukup lama. Gazzaniga akhirnya berkostum Tottenham hingga akhir 2020/2021. Total penampilannya adalah 37 kali di semua ajang dengan torehan 10 clean sheet.

4. Joe Hart

5 Kiper yang Pernah Menjadi Pelapis Hugo Lloris di Tottenham HotspurJoe Hart (instagram.com/joehartofficial)

Pada musim 2020/2021, Tottenham sempat dibela kiper yang namanya tidak asing lagi di Premier League. Ia adalah Joe Hart, mantan kiper Manchester City sekaligus Timnas Inggris yang sudah meraih banyak prestasi dalam kariernya. Namun, penampilan Hart memang cenderung menurun sejak meninggalkan City.

Alhasil, Hart pun tak bisa menggeser posisi Lloris sebagai kiper utama Tottenham. Ia akhirnya hanya bertahan semusim dengan catatan 10 penampilan; sebagian besar di ajang Europa League. Pada 2021/2022, Hart membela Celtic FC dan sukses membawa klubnya memenangi Liga Skotlandia.

5. Pierluigi Gollini

5 Kiper yang Pernah Menjadi Pelapis Hugo Lloris di Tottenham HotspurPierluigi Gollina (instagram.com/piergollo)

Kiper terbaru yang menjadi pelapis Hugo Lloris di Tottenham adalah Pierluigi Gollini. Gollini didatangkan Spurs pada awal 2021/2022 menyusul hengkangnya Joe Hart ke Celtic. Kiper asal Italia ini hanya membela Spurs sebagai pemain pinjaman dari Atalanta.

Sepanjang 2021/2022, Gollini mencatatkan sepuluh penampilan di semua ajang. Sebagian besar penampilannya terjadi di ajang Europa Conference League. Saat ini, Gollini sudah kembali ke Atalanta pasca musim 2021/2022 usai.

Konsistensi Hugo Lloris sebagai kiper utama Tottenham Hotspur memang luar biasa. Tak ada satupun dari kelima penjaga gawang di atas yang bisa menggeser posisinya sebagai kiper utama Spurs. Karena itu, kemungkinan besar Fraser Forster pun hanya akan jadi pelapis bagi Lloris mulai musim 2022/2023 mendatang.

Baca Juga: Hugo Lloris, Keturunan Miliarder yang Berubah Haluan Jadi Pesepak Bola

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya