5 Kiper Top yang Dipercaya Jadi Kapten Klub, Berprestasi!

Ada yang juga menjadi kapten timnas

Penjaga gawang atau kiper adalah salah satu posisi terpenting dalam tim sepak bola. Meski kerap dipandang sebelah mata, sebenarnya peran kiper sangat vital. Selain harus menahan bola yang mengarah ke gawangnya, kiper juga harus bisa mengatur para pemain di depannya supaya turut menjaga pertahanan.

Karena itu, kiper yang baik biasanya memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Tak heran jika beberapa kiper dipercaya menjadi kapten sepak bola.

1. Manuel Neuer (Bayern Munchen)

5 Kiper Top yang Dipercaya Jadi Kapten Klub, Berprestasi!Manuel Neuer (instagram.com/manuelneuer)

Manuel Neuer, kiper asal Jerman, telah dipercaya menjadi kapten Bayern Munchen pada 2017. Sejak didatangkan dari Schalke 04 pada 2011, Neuer memang konsisten tampil prima mengawal gawang Bayern Munchen. Karena itulah posisi kapten diserahi kepadanya usai ditinggal Philipp Lahm yang gantung sepatu.

Sejak menjadi kapten, Neuer sudah membawa Bayern Munchen meraih tiga belas trofi. Itu termasuk sixtuple winners pada 2019/2020. Neuer terbukti punya jiwa kepemimpinan yang tinggi karena ia juga dipercaya menjadi kapten timnas Jerman sejak 2014.

2. Hugo Lloris (Tottenham Hotspur)

5 Kiper Top yang Dipercaya Jadi Kapten Klub, Berprestasi!Hugo Lloris (instagram.com/spursofficial)

Hugo Lloris juga dipercaya menjadi kapten bagi klub serta timnas negaranya. Ia lebih dahulu diserahi jabatan kapten timnas Prancis, yaitu pada 2010. Lloris kemudian ditunjuk menjadi kapten Tottenham Hotspur pada 2015, alias 3 tahun setelah ia mulai bergabung dengan Spurs.

Sejauh ini, Lloris memang belum bisa mempersembahkan trofi bagi Tottenham. Namun, ia tetap berprestasi karena sukses memimpin rekan-rekannya mencapai final Liga Champions untuk pertama kalinya pada 2018/2019. Sementara, di level timnas, Lloris sudah berhasil mengapteni Prancis hingga jadi juara Piala Dunia 2018 dan Nations League 2020/2021.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil yang Jadi Kapten Klub Liga Top Eropa 2021/2022

3. Kasper Schmeichel (Leicester City)

5 Kiper Top yang Dipercaya Jadi Kapten Klub, Berprestasi!Kasper Schmeichel (instagram.com/kasperschmeichel)

Kasper Schmeichel, kiper asal Denmark, saat ini menjadi kapten Leicester City. Schmeichel mulai dipercaya menjabat kapten pada awal 2021/2022 ini. Ia menggantikan posisi Wes Morgan yang pensiun pada akhir musim lalu.

Laga pertama Schmeichel sebagai kapten utama Leicester adalah pada Community Shield 2021 melawan Manchester City. Ia langsung sukses memimpin rekan-rekannya meraih trofi pada laga tersebut berkat kemenangan 1-0. Sebelum jadi kapten, Schmeichel sudah berhasil meraih trofi Premier League 2015/2016 dan Piala FA 2020/2021 bersama klubnya.

4. Samir Handanovic (Inter Milan)

5 Kiper Top yang Dipercaya Jadi Kapten Klub, Berprestasi!Samir Handanovic (instagram.com/samirhandanovic)

Inter Milan yang saat ini sedang perkasa di Serie A juga memiliki kapten seorang kiper. Samir Handanovic mulai menjabat kapten sejak 2019, setelah Mauro Icardi hijrah dari Inter ke Paris Saint-Germain. Hasilnya, Handanovic langsung membawa Inter meraih Scudetto 2020/2021.

Belum lama ini, Handanovic sukses meraih trofi keduanya sebagai kapten Inter Milan, yaitu Piala Super Italia 2021. Berikutnya, kiper asal Slovenia ini juga berpeluang meraih Scudetto keduanya pada 2021/2022 ini. Hingga pekan ke-21, Nerazzurri masih kokoh di puncak klasemen Serie A, mengungguli AC Milan dan Napoli.

5. Steve Mandanda (Marseille)

5 Kiper Top yang Dipercaya Jadi Kapten Klub, Berprestasi!Steve Mandanda (90min.com)

Satu lagi kiper top yang dipercaya menjadi kapten klubnya saat ini. Ia adalah Steve Mandanda. Mandanda adalah kiper asal Prancis yang membela Olympique Marseille sejak 2008. Ia sempat hijrah ke Crystal Palace pada 2016/2017, tetapi musim berikutnya langsung kembali ke Marseille.

Bersama Marseille, Mandanda sudah meraih banyak prestasi. Ia sukses meraih enam trofi sejauh ini, termasuk Ligue 1 2009/2010. Mandanda juga lima kali dinyatakan jadi kiper terbaik Ligue 1 selama membela Marseille. Sudah berusia 36 tahun, Mandanda memiliki kontrak hingga 2024, sehingga mungkin bakal pensiun bersama Marseille.

Lima kiper di atas terbukti menjadi kapten yang hebat, karena mereka semua berhasil mengantarkan klubnya meraih prestasi. Bahkan, ada pula yang menjadi kapten timnas dan sukses meraih trofi. Siapa di antara mereka yang prestasinya paling mengagumkan menurutmu?

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Kini Berkarier di Luar Liga Top Eropa, Ada Joe Hart

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya