6 Klub Berkostum Biru yang Pernah Juara Divisi Utama Liga Inggris

Yang tersukses ternyata Everton

Setiap klub sepak bola memiliki warna yang menjadi ciri khas mereka. Warna biru adalah salah satu warna yang paling banyak digunakan. Banyak klub yang menggunakan warna biru sebagai warna kebesarannya sehingga kostum kandang mereka pun berwarna utama biru.

Di Inggris, ada cukup banyak klub yang menggunakan kostum berwarna biru, khususnya seragam bagian atas. Inilah enam klub di antaranya yang pernah menjuarai divisi utama Liga Inggris.

1. Everton (9 kali)

6 Klub Berkostum Biru yang Pernah Juara Divisi Utama Liga InggrisEverton menjuarai divisi utama Liga Inggris 1986/1987. (twitter.com/Everton)

Saat ini, klub Inggris yang paling terkenal memakai warna biru adalah Chelsea dan Manchester City. Namun, kedua klub tersebut bukanlah pemakai warna biru tersukses. Predikat itu ternyata dimiliki oleh Everton yang kini lebih dikenal sebagai klub semenjana.

Masa kejayaan Everton di Liga Inggris memang sudah lama berlalu. Namun, mereka masih punya koleksi trofi liga lebih banyak daripada Chelsea dan Manchester City. Klub berjuluk The Toffees ini pernah sembilan kali juara, alias rekor terbanyak keempat di Inggris.

Kali terakhir Everton memenangi divisi utama Liga Inggris adalah pada musim 1986/1987. Sementara itu, trofi terakhir yang mereka raih adalah Piala FA 1994/1995. Everton memang tidak pernah turun dari divisi teratas sejak 1954, tetapi kini mereka lebih sering jadi penghuni papan tengah.

2. Manchester City (8 kali)

6 Klub Berkostum Biru yang Pernah Juara Divisi Utama Liga InggrisManchester City menjuarai Premier League 2021/2022. (skysports.com)

Klub berkostum biru tersukses kedua di divisi teratas Liga Inggris saat ini adalah Manchester City. City memang sangat dominan di kancah domestik sejak menjelma klub kaya. Pada musim 2021/2022 kemarin, The Citizens baru saja meraih trofi Premier League keempat dalam lima musim terakhir.

Alhasil, jumlah trofi Liga Inggris milik City kini makin mendekati koleksi Everton, yaitu delapan trofi. Dominasi City di liga juga tampaknya masih akan terus berlanjut sehingga kemungkinan besar City akan menyalip jumlah trofi Everton dalam beberapa tahun ke depan.

3. Chelsea (6 kali)

6 Klub Berkostum Biru yang Pernah Juara Divisi Utama Liga InggrisChelsea menjuarai Premier League 2016/2017. (premierleague.com)

Chelsea berada di posisi ketiga daftar ini dengan koleksi enam trofi liga. Dibanding Manchester City, The Blues sebenarnya lebih dulu menjadi klub penuh bintang berkat pemilik yang kaya raya. Namun, koleksi trofi Chelsea di kancah domestik kini sudah disalip oleh City.

Chelsea sudah 5 tahun tidak menjuarai Premier League, alias sejak 2016/2017. Namun, mereka juga memiliki keunggulan dibanding Manchester City, yaitu dalam hal trofi Eropa. Sementara City belum berhasil menjuarai Liga Champions, Chelsea sudah 2 kali memenanginya, plus 2 kali pula merebut trofi Europa League.

Baca Juga: Chelsea Kebut Transfer Raheem Sterling dari ManCity

4. Portsmouth (2 kali)

6 Klub Berkostum Biru yang Pernah Juara Divisi Utama Liga InggrisPortsmouth menjuarai divisi utama Liga Inggris 1949/1950. (portsmouthfc.co.uk)

Berikutnya ada Portsmouth, klub berkostum biru yang kini bermain di EFL League One alias divisi ketiga Liga Inggris. Dulu, Portsmouth adalah langganan tampil di divisi teratas. Bahkan, mereka pernah jadi juara divisi utama Liga Inggris dua kali beruntun pada 1948/1949 dan 1949/1950.

Kini Portsmouth sudah lama absen dari disivi teratas. Kali terakhir mereka bermain di Premier League adalah pada musim 2009/2010. Portsmouth sempat membuat kejutan kala menjuarai Piala FA 2007/2008. Namun, setelah itu prestasi mereka terus menurun sehingga nyaris tak terdengar lagi.

5. Ipswich Town (1 kali)

6 Klub Berkostum Biru yang Pernah Juara Divisi Utama Liga Inggrisskuad Ipswich Town yang menjuarai divisi utama Liga Inggris 1961/1962. (theleaguepaper.com)

Senasib dengan Portsmouth, Ipswich Town adalah mantan juara divisi utama Liga Inggris yang saat ini bermain di League One. Ipswich menjuarai divisi utama Liga Inggris pada musim 1961/1962. Padahal, saat itu mereka berstatus klub promosi dari divisi kedua.

Tak hanya di kancah domestik, Ipswich ternyata juga pernah berjaya di Eropa. Mereka menjuarai Piala UEFA 1980/1981 sehingga menjadi satu dari lima klub Inggris yang pernah memenangi ajang tersebut. Terakhir kali Ipswich bermain di Premier League adalah 2001/2002 alias 20 tahun lalu.

6. Leicester City (1 kali)

6 Klub Berkostum Biru yang Pernah Juara Divisi Utama Liga InggrisLeicester City menjuarai Premier League 2015/2016. (skysports.com)

Satu lagi klub berkostum biru yang pernah menjuarai divisi utama Liga Inggris adalah Leicester City. Leicester membuat kejutan luar biasa di Premier League 2015/2016 dengan menjadi juara. Bisa dibilang, itu adalah kejutan terbesar di dunia sepak bola dalam beberapa dekade terakhir.

Lima tahun berselang, Leicester juga berhasil memenangi Piala FA untuk pertama kalinya pada musim 2020/2021. Meski lebih sering menghuni papan tengah, Leicester kini dianggap sebagai salah satu klub yang patut diwaspadai klub-klub besar.

 

Mungkin tak banyak yang menyangka bahwa klub berkostum biru tersukses di divisi utama Liga Inggris adalah Everton. Namun, mereka sudah lama tak juara sehingga koleksinya berpeluang disalip Manchester City serta Chelsea dalam beberapa musim ke depan.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Leicester City yang Diboyong dari Klub Ligue 1

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya