Comscore Tracker

Kalah Perdana, 6 Klub Besar Eropa yang Takluk di Liga Akhir Pekan Lalu

Mereka kompak kalah untuk pertama kalinya di liga

Akhir pekan lalu, liga-liga domestik Eropa seperti biasa melanjutkan kompetisi. Itu adalah matchday terakhir sebelum jeda internasional untuk kualifikasi Piala Dunia 2022. Ternyata, ada fenomena menarik yang terjadi, yaitu beberapa klub besar mengalami kekalahan dari lawan-lawan mereka.

Uniknya lagi, klub-klub besar tersebut sebelumnya tak terkalahkan di liga domestik. Seolah janjian, mereka kompak menelan kekalahan perdana pada akhir pekan kemarin. Inilah 6 klub besar Eropa yang mengalami hal itu.

1. Barcelona

Kalah Perdana, 6 Klub Besar Eropa yang Takluk di Liga Akhir Pekan Lalulaga Atletico Madrid vs Barcelona (acefootball.com)

Pertama ada Barcelona, raksasa Spanyol yang lagi-lagi harus menuai hasil negatif di awal musim ini. Mereka sebelumnya sudah dua kali kalah di Liga Champions, tapi belum takluk di LaLiga. Namun, kekalahan perdana di liga domestik pun akhirnya menghampiri mereka di tangan Atletico Madrid pada akhir pekan kemarin dengan skor 0-2.

Gol-gol Atletico dicetak di babak pertama melalui Thomas Lemar serta Luis Suarez yang merupakan mantan bomber Barca. Hasil itu membuat Barca terdampar di posisi ke-9 klasemen sementara dengan 12 poin dari 7 laga. Kapankah skuad asuhan Ronald Koeman bisa lepas dari deretan hasil buruk yang menimpa mereka?

2. Real Madrid

Kalah Perdana, 6 Klub Besar Eropa yang Takluk di Liga Akhir Pekan Lalulaga Espanyol vs Real Madrid (90min.com)

Barcelona dan Real Madrid memang musuh bebuyutan, tapi kedua klub tersebut kompak mengalami dua kekalahan beruntun di Liga Champions serta LaLiga selama sepekan ke belakang. Setelah ditaklukkan Sheriff Tiraspol secara mengejutkan di Liga Champions, Madrid keok 1-2 dari tuan rumah Espanyol di liga domestik.

Seperti biasa, Madrid sebenarnya sangat mendominasi jalannya laga dan membuat banyak tembakan. Namun, penyelesaian akhir yang buruk serta pertahanan yang rapuh membuat Los Blancos tak mampu meraih poin. Madrid memang masih memimpin klasemen sementara LaLiga, tapi kini jumlah poin mereka sudah disamai oleh Atletico Madrid dan Real Sociedad.

Baca Juga: 5 Hal yang Menjadi Sorotan dalam Kekalahan Real Madrid atas Espanyol

3. Bayern Munchen

Kalah Perdana, 6 Klub Besar Eropa yang Takluk di Liga Akhir Pekan Lalulaga Bayern Munchen vs Eintracht Frankfurt (bayernstrikes.com)

Bayern Munchen yang tampil trengginas di awal musim ini pun harus takluk di akhir pekan kemarin. Menjamu Eintracht Frankfurt di kandang sendiri, Robert Lewandowski dan kolega harus tunduk dengan skor 1-2. Seperti Barca dan Madrid, itu adalah kekalahan perdana Munchen di liga domestik musim ini.

Bahkan, sebelumnya Munchen tak terkalahkan dalam 30 laga Bundesliga sejak musim lalu. Posisi Munchen di puncak klasemen memang belum terjegal, tapi mereka harus waspada karena Bayer Leverkusen, Borussia Dortmund, serta SC Freiburg menempel mereka dengan ketat. Setelah jeda internasional nanti, Munchen harus lekas tancap gas lagi.

4. Paris Saint-Germain

Kalah Perdana, 6 Klub Besar Eropa yang Takluk di Liga Akhir Pekan Lalulaga Rennes vs Paris Saint-Germain (sportskeeda.com)

Berikutnya ada Paris Saint-Germain yang juga alami kekalahan perdana di semua ajang musim ini pada akhir pekan kemarin. Bertandang ke markas Rennes, PSG harus pulang dengan tangan hampa karena dikalahkan dengan skor 0-2. Padahal, PSG memainkan para pemain bintang mereka, termasuk Kylian Mbappe dan Lionel Messi.

PSG sebenarnya punya banyak peluang mencetak gol, namun penyelesaian akhir yang buruk serta ketidakberuntungan membuat mereka tumpul. Hasil itu pun menodai rekor sempurna PSG di Ligue 1 musim ini yang sebelumnya menyapu bersih 8 laga awal. Meski begitu, mereka masih nyaman di puncak klasemen karena unggul 6 poin dari Lens di posisi runner-up.

5. Ajax Amsterdam

Kalah Perdana, 6 Klub Besar Eropa yang Takluk di Liga Akhir Pekan Lalulaga Ajax Amsterdam vs FC Utrecht (netherlandsnewslive.com)

Dari Eredivisie Belanda, kejutan pun terjadi berupa kekalahan Ajax Amsterdam di tangan FC Utrecht. Utrecht memang adalah klub yang cukup tangguh, buktinya musim lalu mereka bisa finis di posisi ke-6 liga. Namun, tentu Ajax tetap diunggulkan atas mereka, apalagi laga tersebut digelar di Johan Cruyff Arena, markas Ajax.

Ternyata, Utrecht berhasil mencuri poin penuh berkat kemenangan tipis 1-0. Selain kalah perdana, itu adalah pertama kalinya Ajax gagal mencetak gol di liga musim ini. Poin Ajax pun masih tetap 19 dari 8 laga dan posisi mereka di puncak klasemen kini terancam oleh PSV Eindhoven yang sudah punya koleksi 18 poin.

6. Benfica

Kalah Perdana, 6 Klub Besar Eropa yang Takluk di Liga Akhir Pekan Lalulaga Benfica vs Portimonense (iol.pt)

Satu lagi klub besar yang baru saja alami kekalahan perdana di liga adalah Benfica. Sang pemuncak klasemen sementara Liga Portugal kemarin dikalahkan oleh Portimonense dengan skor 0-1. Seperti Ajax, kekalahan itu mengejutkan sekaligus memalukan bagi Benfica karena mereka bermain di kandangnya sendiri.

Padahal, sebelumnya Benfica sukses memenangi 7 laga awal Primeira Liga Portugal. Dengan poin 21, posisi Benfica kini rawan disalip FC Porto dan Sporting Lisbon yang sama-sama sudah mengoleksi 20 poin. Persaingan juara di Liga Portugal musim ini sepertinya bakal sengit dan menarik diikuti.

 

Enam klub besar di atas kompak alami kekalahan perdana di liga domestik pada akhir pekan lalu. Sebagian besar dari mereka memang masih memimpin klasemen sementara, tapi posisi mereka bisa terancam jika performa buruk itu berlanjut. Bisakah mereka segera bangkit setelah jeda internasional nanti?

Baca Juga: Dibungkam Benfica 0-3, Barcelona Semakin Terpuruk

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya