5 Tim Besar yang Pernah Jadi Korban Hattrick Lionel Messi

Tak cuma di level klub, tetapi juga timnas

Sebagai salah satu pemain terbaik dunia, Lionel Messi tentu sudah meraih banyak prestasi sepanjang kariernya. Berbagai trofi dan rekor individu sukses ia raih. Salah satu pencapaian terhebat Messi adalah jumlah hattrick yang mencapai lebih dari lima puluh kali.

Dari semua hattrick tersebut, beberapa di antaranya mampu dibukukan Messi ke gawang tim-tim besar. Ia pernah melakukan itu tak hanya di level klub, tetapi juga bersama timnas.

Inilah lima tim besar yang pernah jadi korban hattrick Lionel Messi.

1. Real Madrid

5 Tim Besar yang Pernah Jadi Korban Hattrick Lionel Messipotret Messi merayakan gol ke gawang Real Madrid (fcbarcelona.com)

Saat masih membela Barcelona, Messi total mencetak 48 hattrick. Beberapa klub pernah ia bobol dengan hattrick lebih dari sekali, termasuk sang rival abadi Barca, Real Madrid. Los Blancos pernah dua kali menjadi korban hattrick Messi. Keduanya terjadi di ajang LaLiga.

Bahkan, hattrick pertama Messi ke gawang Real Madrid juga merupakan hattrick pertama dalam kariernya. Fenomena itu terjadi pada musim 2006/2007 kala Barca menjamu Real Madrid di Camp Nou. Messi yang baru berusia 19 tahun membuat sensasi dengan menjebol gawang Iker Casillas sampai tiga kali, termasuk gol pada menit akhir yang membuat laga berakhir imbang 3-3.

Hattrick kedua Messi ke gawang Real Madrid terjadi pada musim 2013/2014. Kala itu, Messi mencetak hattrick plus satu assist yang membuat timnya memenangi partai El Classico edisi ini dengan skor 4-3.

2. Arsenal

5 Tim Besar yang Pernah Jadi Korban Hattrick Lionel Messipotret Messi merayakan gol ke gawang Arsenal (twitter.com/fcbarcelona)

Menurut catatan, Lionel Messi sudah tiga kali mencetak hattrick ke gawang klub besar di ajang Liga Champions. Aksi yang pertama terjadi pada leg kedua perempat final musim 2009/2010. Saat itu Barcelona berhadapan dengan Arsenal di Camp Nou. Messi tampil menggila dengan mencetak empat gol ke gawang The Gunners.

Laga itu berakhir dengan skor 4-1 bagi kemenangan Blaugrana. Mereka pun lolos ke semifinal berkat unggul agregat 6-3. Sayangnya, langkah Barca kemudian terhenti di tangan Inter Milan yang menyingkirkan mereka dengan skor agregat 3-2.

Baca Juga: 5 Momen Tak Terlupakan Dari Lionel Messi Sepanjang Tahun 2021

3. Ajax Amsterdam

5 Tim Besar yang Pernah Jadi Korban Hattrick Lionel MessiMessi dan Dani Alves merayakan gol ke gawang Ajax Amsterdam (uefa.com)

Messi kembali mencetak hattrick ke gawang klub besar di Liga Champions edisi 2013/2014. Aksi itu terjadi pada partai pembuka fase grup kala menghadapi Ajax Amsterdam. Barcelona yang bertindak sebagai tuan rumah menang telak atas wakil Belanda itu dengan skor 4-0.

Sayangnya, lagi-lagi Messi gagal membawa klubnya jadi juara di musim tersebut. Barcelona tersingkir pada babak perempat final setelah dikalahkan oleh sesama klub LaLiga, Atletico Madrid.

4. Manchester City

5 Tim Besar yang Pernah Jadi Korban Hattrick Lionel Messipotret Lionel Messi merayakan gol ke gawang Manchester City (fcbarcelona.com)

Manchester City juga pernah jadi korban hattrick Lionel Messi di ajang Liga Champions. Aksi itu terjadi pada matchday ketiga fase grup Liga Champions 2016/2017. Bermain di Camp Nou, tiga gol Messi membuat Manchester City tak berkutik, 0-4.

Bahkan, di fase grup Liga Champions musim itu, Messi tak hanya satu kali membuat hattrick . Sebelumnya, ia juga sudah mencetak tiga gol ke gawang Celtic pada matchday pertama. Namun, Barca pun akhirnya gagal juara di musim tersebut karena harus tersisih saat babak perempat final.

5. Timnas Brasil

5 Tim Besar yang Pernah Jadi Korban Hattrick Lionel Messipotret Messi merayakan gol ke gawang Brasil (twitter.com/roynemer)

Satu lagi tim besar yang pernah dibobol hattrick oleh Messi adalah Timnas Brasil. Pada laga persahabatan bulan Juni 2012, Timnas Argentina dan Brasil bertemu di Amerika Serikat. Messi jadi bintang di laga tersebut berkat tiga golnya yang membawa Argentina menang 4-3.

Meski hanya bertajuk persahabatan, hattrick Messi tentu tetap membanggakan karena Argentina dan Brasil merupakan rival abadi. Plus, Messi juga membuktikan bahwa ketajamannya tak hanya terbatas pada level klub, tetapi juga kancah internasional.

Tak terhitung betapa banyaknya bukti bahwa Lionel Messi adalah salah satu pemain terbaik dunia sepanjang masa. Catatan hattrick-nya ke gawang tim-tim besar di atas hanyalah segelintir bukti dari karier Lionel Messi yang "gila". Berapa lama lagi Messi mampu bertahan di level elite sepak bola teratas?

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Dunia yang Mahir Memasak, Ada Lionel Messi, nih!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya