5 Klub Besar yang Sudah Dipastikan Puasa Gelar pada Musim 2021/2022

Termasuk klub jagoanmu?

Meraih gelar juara adalah tujuan utama dari sebuah klub sepak bola. Sebuah klub yang tergolong klub besar, khususnya, diharapkan bisa meraih setidaknya satu trofi setiap musimnya. Mengakhiri musim tanpa trofi pantas disebut sebagai kegagalan bagi sebuah klub besar.

Pada musim 2021/2022 ini, sejumlah klub besar sudah berhasil memenangi trofi dan ada yang masih berjuang meraihnya. Namun, ada pula beberapa klub besar yang sudah dipastikan harus puasa gelar musim ini karena sudah mustahil mendapat trofi apa pun.

1. Manchester United

5 Klub Besar yang Sudah Dipastikan Puasa Gelar pada Musim 2021/2022ekspresi para pemain Manchester United saat dikalahkan Manchester City di Premier League 2021/2022 (skysports.com)

Musim 2021/2022 benar-benar menjadi musim yang mengecewakan bagi Manchester United. Setan Merah sempat dilanda optimisme tinggi pada awal musim karena kepulangan Cristiano Ronaldo. Plus, mereka juga mendatangkan Jadon Sancho dan Raphael Varane yang digadang-gadang bakal bersinar.

Apa daya, ketiga pemain tersebut tak cukup untuk membawa United meraih trofi musim ini. Mereka cepat tersingkir di Piala FA dan Piala Liga serta gugur di babak enam belas besar Liga Champions. Sementara itu, di Premier League, jangankan jadi penantang juara, United malah terancam finis di luar empat besar.

Dengan demikian, periode puasa trofi Manchester United pun kini genap menginjak 5 tahun. Trofi terakhir yang diraih United adalah Europa League 2016/2017. Bakal dilatih Erik ten Hag pada musim 2022/2023 mendatang, bisakah United lekas mengakhiri puasa trofi mereka?

2. Arsenal

5 Klub Besar yang Sudah Dipastikan Puasa Gelar pada Musim 2021/2022ekspresi Martin Odegaard dan Albert Sambi Lokonga saat Arsenal dikalahkan Crystal Palace di Premier League 2021/2022 (skysports.com)

Arsenal juga harus mengakhiri musim 2021/2022 ini tanpa trofi. Seperti Manchester United, The Gunners juga sudah cukup lama mengalami penurunan prestasi. Namun, mereka masih bisa memenangi trofi dalam beberapa musim terakhir, khususnya Piala FA yang seolah jadi ajang favorit mereka.

Sayangnya, musim ini Piala FA lepas dari tangan Arsenal. Piala Liga pun gagal dimenangi meski mereka sempat melaju hingga semifinal. Sementara itu, di Premier League, Arsenal lagi-lagi tampil inkonsisten dan satu-satunya alasan mereka masih berpeluang finis di empat besar adalah karena para pesaingnya pun sama-sama inkonsisten.

Baca Juga: 6 Pemain Spanyol yang Pernah Membela Arsenal, Ada Sang Pelatih

3. Borussia Dortmund

5 Klub Besar yang Sudah Dipastikan Puasa Gelar pada Musim 2021/2022ekspresi Erling Haaland dan Marco Reus saat Borussia Dortmund kalah dari St. Pauli di DFB-Pokal 2021/2022 (skysports.com)

Beralih ke Jerman, Borussia Dortmund juga gagal dalam semua ajang yang mereka ikuti musim ini. Pada awal musim, Dortmund berpeluang meraih trofi Piala Super Jerman setelah menjuarai DFB-Pokal musim lalu. Namun, trofi tersebut jatuh ke tangan Bayern Munich yang mengalahkan mereka dengan skor 3-2.

Setelah itu, satu per satu gelar yang bisa diraih Dortmund pun lepas. Mereka gugur di fase grup Liga Champions, lalu tersingkir di babak playoff Europa League. Trofi DFB-Pokal pun gagal dipertahankan karena gugur pada babak enam belas besar.

Sementara di Bundesliga, Bayern Munich lagi-lagi terbukti terlalu kuat. Bayern meraih trofi liga ke-10 secara beruntun, sedangkan Dortmund harus puas di tangga kedua. Dengan demikian, Dortmund sudah enam kali menjadi runner-up Bundesliga dalam sedekade terakhir.

4. Barcelona

5 Klub Besar yang Sudah Dipastikan Puasa Gelar pada Musim 2021/2022ekspresi para pemain Barcelona saat dikalahkan Bayern Munich di Liga Champions 2021/2022 (skysports.com)

Barcelona juga harus mengakhiri musim 2021/2022 tanpa trofi. Hal itu merupakan pengulangan musim 2019/2020 saat Barca juga puasa gelar. Dengan demikian, Barca hanya meraih satu trofi dalam tiga musim terakhir, yaitu Copa del Rey 2020/2021.

Khusus musim ini, kepergian Lionel Messi terbukti jadi pukulan telak bagi Barca. Jangankan untuk meraih gelar juara, untuk mencetak gol saja mereka kini jauh lebih kesulitan dibanding saat masih ada Messi. Plus, sepeninggal Messi, untuk pertama kalinya pula Barca gagal lolos dari fase grup Liga Champions musim ini.

Kedatangan pelatih Xavi Hernandez pun terbukti tak bisa langsung membuat Barca jadi penantang juara. Namun, setidaknya Barca kini punya harapan baru untuk bangkit di bawah Xavi. Bisakah langsung meraih trofi musim depan?

5. Atletico Madrid

5 Klub Besar yang Sudah Dipastikan Puasa Gelar pada Musim 2021/2022potret para pemain Atletico Madrid saat menghadapi Manchester City di Liga Champions 2021/2022 (skysports.com)

Satu lagi klub besar yang sudah dipastikan puasa gelar pada 2021/2022 adalah Atletico Madrid. Sebagai juara bertahan LaLiga Spanyol, Atletico tentu diharapkan bisa kembali jadi pesaing musim ini. Namun, inkonsistensi Atletico membuat mereka bahkan belum bisa memastikan tiket ke Liga Champions musim depan.

Atletico juga berpartisipasi dalam ajang Piala Super Spanyol, Liga Champions, serta Copa del Rey musim ini. Namun, semuanya berakhir dengan kegagalan. Atletico harus berbenah untuk menghindari kegagalan serupa musim depan.

 

Meski berstatus klub besar, tidak ada jaminan bagi sebuah klub untuk selalu meraih trofi setiap musimnya. Lima klub di atas adalah buktinya karena mereka sudah dipastikan mengakhiri musim 2021/2022 tanpa trofi. Bisakah mereka memperbaiki prestasi pada musim depan?

Baca Juga: 9 Pemain Atletico Madrid yang Mendapat Kartu Merah pada 2021/2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya