Comscore Tracker

5 Klub dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Top Eropa 2021/2022

Tak ada wakil Spanyol dan Italia

Gol adalah bagian yang sangat esensial dari pertandingan sepak bola. Tim yang mencetak gol memiliki kemungkinan untuk menang, apalagi tim yang mampu mencetak banyak gol. Tak heran jika tim juara biasanya juga adalah tim yang paling banyak mencetak gol di sebuah kompetisi.

Di liga-liga top Eropa, sejumlah klub berhasil menunjukkan ketajamannya dengan mencetak banyak gol sepanjang musim 2021/2022. Siapa di antara mereka yang jumlah golnya paling banyak?

1. Manchester City (99 gol)

5 Klub dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Top Eropa 2021/2022potret para pemain Manchester City (instagram.com/mancity)

Manchester City menjadi tim dengan gol terbanyak di liga top Eropa musim 2021/2022. The Citizens mencetak 99 gol di English Premier League alias hampir mencapai tiga digit. Ketajaman Manchester City pun tak percuma karena berbuah trofi liga kedelapan sepanjang sejarah.

Hebatnya, jumlah 99 gol bukanlah rekor terhebat Manchester City di Premier League. Mereka sudah 3 kali mencapai angka 100 gol dalam semusim. Rekor terbaik mereka adalah 106 gol pada 2017/2018, musim di mana mereka juga menorehkan rekor 100 poin.

2. Bayern Munich (97 gol)

5 Klub dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Top Eropa 2021/2022potret para pemain Bayern Munich (instagram.com/bundesliga)

Posisi kedua ditempati Bayern Munich yang membuat 97 gol di Bundesliga Jerman 2021/2022. Meski secara jumlah masih kalah dari Manchester City, Bayern Munich sebenarnya jadi yang terhebat dalam rasio gol di liga.

Pasalnya, Bayern Munich hanya bermain 34 kali di Bundesliga, tak seperti Manchester City yang bermain 38 kali. Maka, rasio gol Bayern Munich adalah 2,9 gol per laga, unggul dari Manchester City yang punya rasio 2,6 gol per pertandingan.

Sebanyak 35 gol Bayern Munich musim ini tercipta dari striker andalan mereka, Robert Lewandowski. Namun, Lewandowski kini santer dikabarkan segera meninggalkan Bayern Munich. Jika mereka benar-benar kehilangan Lewandowski, apakah ketajaman mereka bakal menurun musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Mahal asal Jerman yang Membela Bayern Munich pada 2021/2022

3. Liverpool (94 gol)

5 Klub dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Top Eropa 2021/2022potret para pemain Liverpool (instagram.com/liverpoolfc)

Meski gagal menjuarai Premier League 2021/2022, tak bisa dibantah bahwa performa Liverpool musim ini luar biasa. The Reds gagal meraih trofi hanya karena selisih satu poin di bawah Manchester City. Ketajaman mereka di liga pun luar biasa dengan koleksi 94 gol.

Torehan 94 gol sendiri adalah yang tertinggi bagi Liverpool di liga sejak dilatih Jurgen Klopp. Ketajaman mereka tentu tak lepas dari andil Mohamed Salah. Sang pemain berhasil mencetak 23 gol di Premier League musim ini, sehingga merebut gelar top skor Premier League untuk ketiga kalinya.

4. Paris Saint-Germain (90 gol)

5 Klub dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Top Eropa 2021/2022potret para pemain Paris Saint-Germain (instagram.com/psg)

Berikutnya, ada Paris Saint-Germain yang berhasil mencetak sembilan puluh gol sembari menjuarai Ligue 1 2021/2022. Sejak awal, PSG memang diunggulkan untuk mendominasi Liga Prancis karena kualitas skuad yang mereka miliki. Benar saja, PSG berhasil merebut trofi Ligue 1 kesepuluh sepanjang sejarah tanpa kesulitan berarti.

Pencetak gol terbanyak bagi PSG di liga tentu Kylian Mbappe. Sang pemain menorehkan 28 gol yang sekaligus membuatnya jadi top skor Ligue 1. Sementara, Lionel Messi tampak masih kesulitan beradaptasi sehingga hanya membuat enam gol di liga. Namun, Messi juga berkontribusi menyumbang tiga belas assist di Ligue 1 2021/2022.

5. Borussia Dortmund (85 gol)

5 Klub dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Top Eropa 2021/2022potret para pemain Borussia Dortmund (instagram.com/bvb09)

Klub tersubur kelima di liga top Eropa musim 2021/2022 ternyata adalah Borussia Dortmund. Meski kalah jauh dari Bayern Munich di Bundesliga, Borussia Dortmund tetap tampil trengginas, terutama di lini depan. Die Borussen sukses mencetak 85 gol dalam 34 pertandingan Bundesliga.

Erling Haaland tentu jadi pemain paling menonjol di lini depan Borussia Dortmund musim ini. Haaland mencetak 22 gol di liga sebagai persembahan terakhirnya sebelum bergabung dengan Manchester City. Sepeninggal Haaland, Borussia Dortmund harus segera mendapatkan striker pengganti demi mempertahankan ketajaman musim depan.

Itulah lima klub dengan gol terbanyak di liga top Eropa musim 2021/2022. Uniknya, ternyata tidak ada wakil Spanyol dan Italia dalam daftar di atas. Musim depan, klub mana yang bakal jadi produsen gol terbanyak?

Baca Juga: 10 Potret Kalvin Phillips, Gelandang Bertahan Incaran Manchester City

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya