6 Klub Eropa tengah Mendominasi Liga Domestik Secara Beruntun

Sampai kapan mereka bakal terus juara?

Pepatah terkenal mengatakan bahwa memertahankan sesuatu lebih sulit daripada meraihnya. Kebenaran itu berlaku dalam berbagai bidang, termasuk sepak bola. Meraih gelar juara liga adalah target yang tidak mudah. Namun, memertahankan setelah berhasil meraihnya tentu lebih sulit lagi.

Saat ini, ada sejumlah klub Eropa yang sedang mendominasi liga domestik di liga sepak bola negara masing-masing. Mereka berhasil jadi juara secara beruntun hingga musim 2021/2022 lalu. Siapa saja mereka yang tengah mendominasi itu? 

1. Ludogorets Razgrad (11 kali beruntun)

6 Klub Eropa tengah Mendominasi Liga Domestik Secara BeruntunLudogorets Razgrad menjuarai Parva Liga 2021/2022. (instagram.com/pfcludogorets1945)

Nama Ludogorets Razgrad mungkin asing di telinga fans sepak bola. Hal itu wajar karena Ludogorets adalah sebuah klub yang berasal dari negara semenjana Eropa, yaitu Bulgaria. Berdiri tahun 1945, Ludogorets kini sedang berkompetisi di Parva Liga alias divisi utama Liga Bulgaria.

Sepanjang sejarah, Ludogorets telah sebelas kali menjuarai Liga Bulgaria. Hebatnya, sebelas gelar tersebut mereka raih secara beruntun dalam sebelas musim terakhir. Ya, sejak 2011/2012, tak ada klub yang bisa menjuarai Liga Bulgaria selain Ludogorets Razgrad.

Meski demikian, Ludogorets belum menjadi klub tersukses di Bulgaria. Predikat itu masih dipegang CSKA Sofia dan Levski Sofia yang masing-masing memiliki 31 dan 26 gelar liga. Hanya saja, kedua klub tersebut sudah lama tak bisa menandingi dominasi Ludogorets di kancah domestik.

2. Bayern Munich (10 kali beruntun)

6 Klub Eropa tengah Mendominasi Liga Domestik Secara BeruntunPara pemain Bayern Munich merayakan gol. (instagram.com/fcbayern)

Di sisi lain, sosok Bayern Munich tak diragukan lagi adalah klub terbesar dan tersukses sepanjang sejarah Liga Jerman. Bayern punya koleksi terbanyak di kompetisi domestik Jerman, termasuk 32 gelar Bundesliga. Sepuluh gelar di antaranya dimenangi Die Roten dalam sepuluh musim terakhir, alias sejak 2012/2013.

Meski beberapa kali berganti pelatih, keperkasaan Bayern di Bundesliga masih belum tertandingi. Borussia Dortmund adalah klub terakhir yang sukses menjegal mereka pada musim 2011/2012. Meski agak terseok-seok di awal Bundesliga 2022/2023, Bayern pun diprediksi bakal tetap jadi juara pada akhir musim ini.

3. Red Bull Salzburg (9 kali beruntun)

6 Klub Eropa tengah Mendominasi Liga Domestik Secara BeruntunRed Bull Salzburg menjuarai Bundesliga Austria 2021/2022. (instagram.com/fcredbullsalzburg)

Berikutnya ada Red Bull Salzburg, klub yang sedang mendominasi Bundesliga Austria dalah sembilan musim terakhir. Bahkan, jika dihitung sejak kepemilikan Salzburg diambil alih oleh Red Bull pada 2005, mereka hanya empat kali gagal jadi juara. Secara total, Salzburg telah enam belas kali menjuarai Bundesliga Austria.

Meski demikian, jumlah tersebut pun masih belum membuat mereka jadi yang tersukses. Masih ada Rapid Wien yang punya 32 trofi serta Austria Wien dengan 16 trofi yang lebih sukses di liga domestik. Namun, dominasi RB Salzburg selama sembilan musim adalah yang terlama sepanjang sejarah Bundesliga Austria.

Baca Juga: 5 Eks Pesepak Bola Ini Jadi Pimpinan Tim Sepak Bola, Ada Beckham!

4. Sheriff Tiraspol (7 kali beruntun)

6 Klub Eropa tengah Mendominasi Liga Domestik Secara BeruntunSheriff Tiraspol menjuarai Liga Super Moldova 2021/2022. (instagram.com/fc_sheriff)

Beralih ke Moldova, ada Sheriff Tiraspol, yang musim lalu tercatat sebagai klub Moldova pertama di fase grup Liga Champions. Sheriff adalah klub tersukses dalam sejarah Liga Super Moldova dengan dua puluh kali juara, termasuk secara beruntun dalam tujuh musim terakhir hingga 2021/2022.

Musim 2022/2023 ini pun sepertinya Sheriff bakal juara lagi karena tengah memimpin klasemen hingga pekan kesebelas. Selain di kancah lokal, Sheriff juga tengah berkompetisi di Europa League musim ini. Mereka berada satu grup dengan Manchester United, Real Sociedad, dan Omonia FC.

5. Dinamo Zagreb (5 kali beruntun)

6 Klub Eropa tengah Mendominasi Liga Domestik Secara BeruntunPara pemain Dinamo Zagreb merayakan gol. (instagram.com/gnkdinamo)

Berikutnya, ada dua klub Eropa yang sedang mendominasi liga domestik dalam lima musim terakhir. Dinamo Zagreb adalah salah satunya. Zagreb merupakan klub Kroasia tersukses sepanjang sejarah. Mereka telah menjuarai Prva NHL alias divisi utama Liga Kroasia sebanyak 23 kali sejauh ini.

Fakta itu termasuk keberhasilan jadi juara dalam lima musim terakhir alias sejak 2017/2018. Karena kesuksesannya di kancah domestik, Zagreb pun paling sering mewakili Kroasia di Eropa. Musim ini pun mereka tengah berkompetisi di Liga Champions, dan berada satu grup dengan Chelsea, AC Milan, serta RB Salzburg.

6. CFR Cluj (5 kali beruntun)

6 Klub Eropa tengah Mendominasi Liga Domestik Secara BeruntunCFR Cluj menjuarai Liga I Romania 2021/2022. (instagram.com/cfrclujofficial)

Satu lagi klub Eropa yang sedang lima kali beruntun menjuarai liga domestik adalah klub asal Romania, CFR Cluj. Cluj sukses jadi kampiun Liga I alias divisi utama Liga Romania sejak 2017/2018 hingga musim 2021/2022 lalu. Uniknya, sepanjang sejarah, Cluj baru pernah delapan kali menjuarai liga.

Bahkan, kali pertama Cluj jadi juara liga adalah pada 2007/2008, alias lebih dari 100 tahun sejak didirikan. Sebelumnya, mereka malah lebih sering bermain di divisi bawah Liga Romania. Namun, sejak itu Cluj berhasil bangkit dan kini jadi salah satu klub Romania yang disegani.

Enam klub Eropa di atas membuktikan bahwa mereka tak hanya bisa meraih gelar juara liga domestik. Mereka juga mampu mempertahankannya, bahkan kini tengah mendominasi liga secara beruntun. Sampai kapan mereka bisa terus memertahankan gelar juara?

Baca Juga: 5 Kota di Eropa Impian Penggemar Sepak Bola, Indahnya Bikin Heran!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya