10 Klub Italia dengan Trofi Terbanyak, Juventus Kokoh di Puncak

Selain Juve-Milan-Inter, siapa lagi?

Italia adalah salah satu kiblat sepak bola Eropa. Baik timnas maupun klub-klub Italia senantiasa menjadi kekuatan utama di Eropa. Meski dalam beberapa tahun terakhir terjadi penurunan kualitas pada liga sepak bola Italia, Serie A, kekuatan tim-tim asal Italia tetap tak bisa dipandang sebelah mata.

Nah, tahukah kamu klub Italia mana saja yang prestasinya paling hebat dalam hal koleksi trofi? Kamu mungkin sudah bisa menebak bahwa posisi 3 besar pasti diisi trio Juventus-AC Milan-Inter Milan. Namun, bagaimana dengan klub-klub lainnya? Inilah daftar 10 klub Italia dengan trofi terbanyak sepanjang masa.

10. Fiorentina (10 trofi)

10 Klub Italia dengan Trofi Terbanyak, Juventus Kokoh di Puncakansa.it

Fiorentina masuk ke dalam 10 besar klub Italia tersukses berkat koleksi 10 trofi mereka sejauh ini. Jumlah itu terdiri dari 2 trofi Liga Italia, 6 Copa Italia, 1 Piala Super Italia, dan 1 trofi Eropa, yaitu Piala Winners. Trofi terakhir yang mereka angkat adalah Copa Italia 2000/2001, alias sekitar 2 dekade lalu.

9. Bologna (10 trofi) 

10 Klub Italia dengan Trofi Terbanyak, Juventus Kokoh di Puncakracingpost.com

Bologna memiliki jumlah trofi yang sama dengan Fiorentina yaitu 10 trofi. Namun mereka lebih unggul dalam hal trofi liga, yaitu 7 trofi. Tiga trofi lainnya adalah 2 Copa Italia dan 1 trofi Eropa berupa Piala Intertoto. Bologna sendiri sudah cukup lama tak berjaya karena trofi bergengsi terakhir yang mereka angkat adalah Copa Italia 1973/1974.

8. Genoa (10 trofi) 

10 Klub Italia dengan Trofi Terbanyak, Juventus Kokoh di Puncaksillyseason.com

Masih dengan jumlah 10 trofi, ada Genoa di urutan ke-8. Genoa punya koleksi 9 trofi Liga Italia, hanya kalah dari Juventus, AC Milan, dan Inter Milan. Namun sayang, masa kejayaan mereka sudah sangat lama terjadi, yaitu pada kurun 1890-an hingga 1920-an. Satu trofi lain yang Genoa miliki adalah Copa Italia 1936/1937. Sudah lama banget, ya!

7. Napoli (11 trofi) 

10 Klub Italia dengan Trofi Terbanyak, Juventus Kokoh di Puncakfcbarcelonanoticias.com

Berikutnya ada Napoli, klub dari Kota Naples yang pernah dibela Diego Maradona. Napoli sejauh ini sudah mengoleksi 11 trofi dan 5 di antaranya diraih saat bersama Maradona. Kesebelas trofi tersebut terdiri dari 2 Scudetto, 6 Copa Italia, 2 Piala Super Italia, dan 1 Piala UEFA.

6. Torino (12 trofi) 

10 Klub Italia dengan Trofi Terbanyak, Juventus Kokoh di Puncaklegaseriea.it

Torino, sang tetangga Juventus, berada di urutan ke-6, unggul satu trofi dibanding Napoli. Mereka 7 kali meraih Scudetto serta 5 kali memenangi Copa Italia. Torino sebenarnya pernah memiliki tim yang sangat kuat pada periode 1940-an, namun sayangnya seluruh pemain mereka tewas dalam tragedi kecelakaan pesawat yang dikenal dengan tragedi Superga.

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis yang Pernah Membela AS Roma Sepanjang Sejarah 

5. AS Roma (15 trofi) 

10 Klub Italia dengan Trofi Terbanyak, Juventus Kokoh di Puncakgoal.com

Masuk ke lima besar, ada AS Roma, klub ibu kota yang sudah mengumpulkan 15 trofi sepanjang sejarah. Koleksi Scudetto mereka sebenarnya terbilang tak istimewa, yaitu hanya 3 trofi. Namun, mereka punya tambahan trofi berupa 9 Copa Italia, 2 Piala Super Italia, dan 1 Piala Fairs, turnamen Eropa yang mendahului Piala UEFA.

4. Lazio (16 trofi)  

10 Klub Italia dengan Trofi Terbanyak, Juventus Kokoh di Puncakcbssports.com

Di posisi ke-4 ada Lazio, klub sekota AS Roma yang berhasil mengungguli tetangganya itu berkat tambahan 5 trofi dalam sedekade terakhir. Biancocelesti kini memiliki 16 trofi dengan rincian 2 Scudetto, 7 Copa Italia, 5 Piala Super Italia, serta masing-masing 1 Piala Winners dan Piala Super Eropa.

3. Inter Milan (39 trofi)  

10 Klub Italia dengan Trofi Terbanyak, Juventus Kokoh di Puncakbeinsports.com

Di antara trio penguasa Italia, Inter Milan berada di urutan terbawah dalam hal jumlah trofi karena baru mengumpulkan 39 trofi. Nerazzurri sudah mengoleksi 18 Scudetto, 1 trofi di antaranya adalah "hadiah" karena skandal Calciopoli yang menimpa Juventus. Selain itu, Inter juga punya 7 trofi Copa Italia, 3 Liga Champions, dan 3 Piala UEFA.

2. AC Milan (48 trofi) 

10 Klub Italia dengan Trofi Terbanyak, Juventus Kokoh di Puncakgoal.com

Posisi runner-up masih ditempati AC Milan yang unggul cukup jauh atas Inter dengan 48 trofi. Jumlah Scudetto yang diraih Milan sama dengan Inter, yaitu 18 trofi, namun Milan adalah rajanya Italia di ajang Liga Champions karena punya 7 trofi, rekor terbaik kedua di Eropa. Plus, mereka punya 11 trofi internasional lain. Luar biasa!

1. Juventus (69 trofi) 

10 Klub Italia dengan Trofi Terbanyak, Juventus Kokoh di Puncakcgtn.com

Posisi puncak tentu saja menjadi miliki Juventus sebagai klub tersukses Italia sepanjang masa. Jumlah Scudetto mereka adalah 36, alias 2 kali lipat koleksi Inter dan Milan! Mereka juga punya 13 Copa Italia dan 9 Piala Super Italia. Sayangnya, Juve justru kalah dari Milan dan Inter dalam hal trofi Liga Champions karena baru memenanginya 2 kali.

 

Itulah 10 klub Italia dengan koleksi trofi terbanyak sepanjang masa hingga saat ini. Kalau klub favoritmu, ada di urutan keberapa?

Baca Juga: 5 Kesalahan Transfer yang Pernah Dilakukan Oleh Juventus, Apa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya