5 Klub Ligue 1 Berebut Tiket Terakhir ke Liga Champions, Sengit!

Selisih poin mereka sangat tipis

Ligue 1 Prancis musim 2021/2022 tinggal menyisakan lima pekan. Gelar juara sudah hampir pasti diraih Paris Saint-Germain. Sementara posisi runner-up kemungkinan besar bakal jadi milik Olympique Marseille. Dengan demikian, Marseille sepertinya bakal mendampingi PSG lolos langsung ke Liga Champions musim depan.

Ligue 1 sendiri hanya memiliki jatah dua tiket langsung ke Liga Champions. Sementara itu, klub peringkat ketiga harus terlebih dulu melewati babak kualifikasi. Saat ini, ada lima klub Ligue 1 yang tengah bersaing ketat memperebutkan tiket terakhir tersebut.

Siapa saja kelima klub tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Stade Rennais (56 poin)

5 Klub Ligue 1 Berebut Tiket Terakhir ke Liga Champions, Sengit!potret para pemain Rennes (instagram.com/staderennaisfc)

Hingga pekan ke-33, klub yang menempati peringkat ketiga Ligue 1 adalah Stade Rennais atau biasa disebut Rennes. Rennes memiliki koleksi 56 poin, sama dengan dua tim di bawahnya. Namun, Rennes punya peringkat lebih baik karena memiliki selisih gol positif 34.

Dalam lima partai tersisa, Rennes bakal berhadapan dengan satu tim papan atas, yaitu Marseille. Sementara empat lawan sisanya adalah penghuni papan tengah dan bawah. Maka, Rennes memiliki peluang yang cukup bagus untuk mempertahankan posisi ketiga.

2. RC Strasbourg (56 poin)

5 Klub Ligue 1 Berebut Tiket Terakhir ke Liga Champions, Sengit!potret para pemain Strasbourg (instagram.com/rcsa)

Peringkat keempat Ligue 1 untuk sementara ditempati oleh RC Strasbourg. Strasbourg memiliki 56 poin, sama dengan Rennes. Namun, mereka kalah dalam hal selisih gol, yaitu positif 20.

Selain kalah selisih gol, Strasbourg juga sepertinya bakal sulit menyalip Rennes pada sisa musim. Pasalnya, mereka masih harus berhadapan dengan dua lawan berat, yaitu PSG (pekan ke-35) dan Marseille (pekan ke-38). Jika gagal ke Liga Champions, Strasbourg masih bisa berharap lolos ke Europa League atau Conference League.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Ligue 1 Prancis 2021/2022

3. AS Monaco (56 poin)

5 Klub Ligue 1 Berebut Tiket Terakhir ke Liga Champions, Sengit!potret para pemain AS Monaco (instagram.com/asmonaco)

Satu lagi klub Ligue 1 yang saat ini memiliki 56 poin adalah AS Monaco. Monaco menempati posisi kelima di bawah Rennes dan Strasbourg karena memiliki selisih gol positif 17. Namun, Monaco punya peluang menyalip klub-klub di atasnya karena jadwal sisa yang menguntungkan.

Dalam lima laga sisa, Monaco hanya perlu berhadapan dengan satu tim papan atas, yaitu RC Lens yang berada di peringkat ke-7. Selebihnya mereka tinggal menghadapi lawan-lawan yang di atas kertas bisa mereka atasi. Maka, jika Rennes dan Strasbourg terpeleset pada sisa musim, Monaco siap menikung mereka.

4. OGC Nice (54 poin)

5 Klub Ligue 1 Berebut Tiket Terakhir ke Liga Champions, Sengit!potret para pemain OGC Nice (instagram.com/ogcnice)

Berikutnya ada OGC Nice yang menempati peringkat keenam dengan koleksi 54 poin. Nice sebenarnya sempat berada di posisi kedua selama beberapa pekan. Namun, performa mereka menurun dalam beberapa pekan terakhir sehingga peringkatnya pun merosot.

Meski sedang dalam tren buruk, Nice masih berpeluang lolos ke Liga Champions musim depan karena diuntungkan jadwal. Mereka hanya perlu melawan tim-tim papan tengah dan bawah pada sisa musim. Jika bisa memaksimalkan poin, Nice masih bisa menyalip tim-tim di atasnya.

5. RC Lens (53 poin)

5 Klub Ligue 1 Berebut Tiket Terakhir ke Liga Champions, Sengit!potret para pemain Lens (instagram.com/rclens)

Terakhir, ada RC Lens yang duduk di posisi ketujuh klasemen sementara dengan 53 poin. Lens hanya berselisih 3 poin dari peringkat ketiga, sehingga tentu masih punya peluang ke Liga Champions musim depan. Namun, perjuangan mereka bakal berat karena faktor jadwal sisa.

Lens masih harus bertandang ke markas PSG pada pekan ke-34 serta menjamu AS Monaco di pekan terakhir. Laga melawan PSG khususnya bakal sulit bagi Lens karena PSG bisa memastikan gelar juara pada laga tersebut. Bisa dibilang, Lens punya peluang paling kecil dibanding para pesaingnya untuk lolos ke Liga Champions musim depan.

Kelima klub Ligue 1 di atas hanya dipisahkan oleh selisih poin yang sangat tipis antara satu sama lain. Maka, persaingan mereka pada sisa musim ini bakal sangat ketat. Klub mana yang akhirnya berhasil merebut tiket terakhir ke Liga Champions 2022/2023?

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Berpeluang Meraih Gelar Top Skor Ligue 1 Prancis

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya