5 Klub Spanyol yang Meraih Trofi Terbanyak 2 Dekade Terakhir

Lebih unggul Real Madrid atau Barcelona? #ANGPOIN

Pencinta sepak bola pasti tahu bahwa Real Madrid dan Barcelona adalah dua klub terkuat di Spanyol sepanjang sejarah. Saat ini, kedua klub tersebut sama-sama sudah mengoleksi 90 trofi mayor. Sementara, klub Spanyol lain yang juga memiliki cukup banyak trofi, antara lain Athletic Bilbao, Atletico Madrid, dan Valencia.

Namun, bagaimana dengan perolehan trofi mereka belakangan ini? Jika meninjau prestasi dalam 2 dekade terakhir alias terhitung sejak musim 2001--2002, inilah lima klub Spanyol yang berhasil paling banyak meraih trofi.

5. Valencia (enam trofi)

5 Klub Spanyol yang Meraih Trofi Terbanyak 2 Dekade TerakhirValencia (barcauniversal.com)

Mulai dari urutan kelima, ada Valencia yang berhasil meraih enam trofi dalam 2 dekade terakhir. Klub berjuluk Kelelawar Mestalla ini dua kali menjuarai LaLiga, yaitu pada musim 2001--2002 dan 2003--2004. Di ajang Copa del Rey pun mereka sukses dua kali, yaitu pada musim 2007--2008 dan 2018--2019.

Tak hanya trofi domestik, Valencia juga sukses meraih dua trofi Eropa, yaitu Piala UEFA 2003--2004 dan Piala Super Eropa 2004--2005. Total trofi yang sudah mereka koleksi sepanjang sejarah saat ini adalah 21 trofi alias rekor terbaik kelima di Spanyol.

4. Sevilla (sepuluh trofi)

5 Klub Spanyol yang Meraih Trofi Terbanyak 2 Dekade TerakhirSevilla (sevillafc.es)

Sementara Sevilla punya prestasi lebih baik dari Valencia dalam 20 musim terakhir. Sebab, mereka berhasil memenangi sepuluh trofi. Tujuh trofi di antaranya adalah trofi Eropa, yaitu enam trofi Europa League dan satu Piala Super Eropa. Sevilla sendiri memang adalah klub tersukses sepanjang sejarah Europa League dengan enam trofi.

Perolehan trofi Sevilla di kancah domestik justru lebih sedikit, yaitu tiga trofi. Itu mencakup dua Copa del Rey dan satu Piala Super Spanyol. Sementara, di ajang LaLiga, Sevilla belum bisa berbuat banyak dan prestasi terhebat mereka dalam 20 musim terakhir adalah posisi ketiga pada musim 2006--2007 dan 2008--2009.

Baca Juga: 5 Momen Kontroversi Sergio Ramos Sepanjang Berkostum Real Madrid

3. Atletico Madrid (sepuluh trofi)

5 Klub Spanyol yang Meraih Trofi Terbanyak 2 Dekade TerakhirAtletico Madrid (goal.com)

Atletico Madrid mengoleksi jumlah trofi yang sama dengan Sevilla dalam 20 musim terakhir, yaitu sepuluh trofi. Namun, koleksi mereka terbilang lebih bergengsi karena Atletico sukses dua kali menjuarai LaLiga. Selain pada musim ini, mereka juga jadi juara pada 2013--14.

Atletico juga sukses meraih Copa del Rey 2012--13 dan Piala Super Spanyol 2013--14. Sementara, di kancah Eropa, mereka punya enam trofi yang terdiri dari tiga Europa League dan tiga Piala Super Eropa. Diego Simeone sang pelatih Atletico punya andil besar dalam kesuksesan tersebut karena delapan dari sepuluh trofi yang mereka raih didapat saat dilatih Simeone.

2. Real Madrid (28 trofi)

5 Klub Spanyol yang Meraih Trofi Terbanyak 2 Dekade TerakhirReal Madrid (sportsmole.co.uk)

Posisi kedua ternyata ditempati oleh Real Madrid karena perolehan trofi mereka dalam 2 dekade terakhir masih kalah dari Barcelona. Namun, capaian Los Blancos pun sangat menakjubkan, yaitu 28 trofi selama periode tersebut. Rinciannya adalah empat belas trofi domestik dan empat belas trofi Eropa atau internasional.

Di kancah domestik, Madrid meraih enam trofi LaLiga, dua Copa del Rey, dan enam Piala Super Spanyol. Sementara, di kancah Eropa dan internasional, mereka punya lima trofi Liga Champions, empat Piala Super Eropa, dan lima Piala Interkontinental atau Piala Dunia Antarklub. Real Madrid membuktikan bahwa mereka memang adalah klub terkuat di Eropa maupun internasional.

1. Barcelona (35 trofi)

5 Klub Spanyol yang Meraih Trofi Terbanyak 2 Dekade TerakhirBarcelona (fcbarcelonanoticias.com)

Barcelona sukses mengungguli Real Madrid dalam raihan trofi dua dekade terakhir dengan cukup telak. Mereka sukses meraih 35 trofi alias unggul tujuh trofi dari Madrid. Di ajang LaLiga, Barca cukup mendominasi karena sukses jadi juara sepuluh kali, begitu pula Copa del Rey yang dimenangkan Blaugrana tujuh kali.

Sementara, trofi Piala Super Spanyol sukses mereka rebut delapan kali. Namun, di kancah Eropa maupun internasional, Barca masih kalah dari Madrid karena mereka "hanya" punya sepuluh trofi. Itu mencakup empat Liga Champions, tiga Piala Super Eropa, dan tiga Piala Dunia Antarklub.

Itulah lima klub Spanyol dengan raihan trofi terbanyak dalam 2 dekade terakhir. Jadi, seberapa sukses klub favoritmu dalam 2 dekade terakhir?

Baca Juga: Barcelona Kunci Kontrak Messi di Masa Kritis

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya