5 Klub LaLiga Spanyol yang Dibela Takefusa Kubo, Termasuk Real Madrid

Sang pemain muda Jepang ini masih simpan potensi luar biasa

Takefusa Kubo adalah pemain Jepang yang sempat membuat sensasi di Liga Spanyol. Winger yang kini berusia 21 tahun tersebut sudah menunjukkan talenta luar biasa sejak masih remaja. Ia pun berkesempatan menjadi pemain Real Madrid, salah satu klub terbesar dunia pada usia 18 tahun.

Tahun ini, Kubo genap berkarier di Spanyol selama kurang lebih tiga tahun. Sayangnya, selama dikontrak oleh Real Madrid, Kubo lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Mengarungi musim 2022/2023 mendatang, Kubo pun akhirnya resmi dijual Real Madrid ke sesama klub Spanyol, Real Sociedad.

Alhasil, sudah ada lima klub LaLiga yang pernah dibela Kubo selama ia berkarier di Liga Spanyol. Klub mana sajakah yang dimaksud?

1. Real Madrid

5 Klub LaLiga Spanyol yang Dibela Takefusa Kubo, Termasuk Real MadridTakefusa Kubo berseragam Real Madrid. (instagram.com/takefusa.kubo)

Takefusa Kubo mulai membela Real Madrid pada 2019. Saat itu, ia diboyong dari FC Tokyo dengan gratis. Kubo sendiri telah membela FC Tokyo sejak 2016, alias sejak berusia 15 tahun. Kubo masuk radar Real Madrid dan digadang-gadang bisa jadi bintang masa depan Los Blancos.

Bergabungnya Kubo ke Real Madrid terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya, Kubo sempat bergabung dengan akademi Barcelona selama 4 tahun. Talenta luar biasa yang ia miliki sudah terlihat saat itu. Bahkan, Kubo sempat dijuluki "Messi dari Jepang" karena kualitasnya.

Ketika bergabung dengan Real Madrid, Kubo disodori kontrak 5 tahun alias hingga 2024. Ia pun sempat menjalani debut tak resmi bareng Los Blancos pada laga pramusim di Amerika Serikat melawan Bayern Munich. Sepanjang tur pramusim 2019/2020, Kubo mencatatkan empat penampilan bareng Madrid.

2. Real Mallorca

5 Klub LaLiga Spanyol yang Dibela Takefusa Kubo, Termasuk Real MadridTakefusa Kubo berseragam Real Mallorca. (instagram.com/takefusa.kubo)

Demi menimba pengalaman, Kubo lantas dipinjamkan ke beberapa klub oleh Real Madrid. Yang pertama adalah Real Mallorca. Kubo membela Mallorca pada 2019/2020 hingga sukses menjadi andalan di klub tersebut. Sepanjang musim 2019/2020, Kubo bermain 35 kali di LaLiga dan mencetak 4 gol serta 5 assists.

Tak hanya pada 2019/2020, musim 2021/2022 lalu pun Kubo sempat dipinjam Mallorca. Lagi-lagi, ia jadi andalan, dengan total 31 penampilan di semua ajang. Pada 2019/2020, Kubo gagal menyelamatkan Mallorca dari jurang degradasi. Sementara itu, pada 2021/2022 Mallorca berhasil selamat dengan finis di posisi 16 LaLiga.

Baca Juga: 5 Pemain Getafe yang Habis Kontrak pada 2021/2022

3. Villarreal

5 Klub LaLiga Spanyol yang Dibela Takefusa Kubo, Termasuk Real MadridTakefusa Kubo berseragam Villarreal. (instagram.com/takefusa.kubo)

Musim 2020/2021 kembali dijalani Kubo sebagai pemain pinjaman. Ia dipinjam oleh Villarreal, tetapi, gagal merebut tempat di tim utama. Khususnya di LaLiga, Kubo tak sekali pun tampil penuh. Ia akhirnya hanya bermain 13 kali di liga selama separuh musim bersama Villarreal tanpa mencetak satupun gol.

Namun, peruntungan Kubo bersama Villarreal ternyata lebih baik di ajang Europa League. Ia selalu jadi starter dalam 5 partai fase grup dan menyumbang 1 gol serta 3 assists. Villarreal sendiri akhirnya jadi juara Europa League 2020/2021. Sayangnya, Kubo tak ikut mengangkat trofi kala itu.

4. Getafe

5 Klub LaLiga Spanyol yang Dibela Takefusa Kubo, Termasuk Real MadridTakefusa Kubo berseragam Getafe. (instagram.com/takefusa.kubo)

Alasan mengapa Kubo tidak turut mengangkat trofi Europa League 2020/2021 bersama Villarreal adalah karena ia sudah dipinjamkan ke Getafe pada paruh musim. Getafe pun menjadi klub Spanyol keempat yang pernah dibela oleh Kubo. Bersama Getafe, Kubo mendapat kesempatan tampil lebih banyak.

Selama paruh kedua musim 2020/2021, Kubo mencatatkan 18 penampilan di LaLiga bersama Getafe. Ia juga berhasil menyumbang 1 gol serta 1 assist. Sayangnya, performa Getafe sendiri tak terlalu apik. Mereka hanya finis di posisi ke-15 LaLiga pada akhir musim tersebut.

5. Real Sociedad

5 Klub LaLiga Spanyol yang Dibela Takefusa Kubo, Termasuk Real MadridTakefusa Kubo diperkenalkan sebagai pemain Real Sociedad. (instagram.com/realsociedad)

Setelah tiga musim menjadi pemain Real Madrid, debut Kubo di partai resmi bersama Los Blancos tak kunjung tiba. Malah, kini Kubo dipastikan hengkang dari klub ibu kota Spanyol tersebut. Kubo memutuskan merapat ke Real Sociedad di bursa transfer musim panas 2022.

Kubo dibeli oleh Sociedad dengan nilai transfer 6,5 juta euro atau Rp99 miliar. Ia mendapat kontrak selama lima tahun alias hingga 2027. Sociedad pun menjadi klub LaLiga Spanyol kelima yang dibela Kubo sejauh ini. Bersama Sociedad, Kubo diproyeksi bisa terus berkembang dan memenuhi potensi maksimalnya.

Meski tak pernah diberi kesempatan oleh Real Madrid, sejatinya kualitas Kubo sudah mulai terbukti. Di usianya yang baru menginjak 21 tahun, ia sudah catatkan 93 penampilan di LaLiga Spanyol, salah satu liga terbaik Eropa. Mampukah Takefusa Kubo mencapai potensi terbaiknya dalam sepak bola?

Baca Juga: 5 Pemain Real Sociedad dengan Keterlibatan Gol Terbanyak Musim Ini

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya