Comscore Tracker

Jadi Momok, 5 Klub Spanyol Terakhir yang Dihadapi MU di Liga Champions

MU sering keok dari klub Spanyol di Liga Champions

Manchester United akan melakoni matchday kedua babak grup Liga Champions pada Kamis (30/9/2021) dini hari WIB. Setelah kalah dari Young Boys di laga pertama, Setan Merah wajib menang kali ini demi menjaga asa lolos ke fase gugur. Namun, laga ini tak akan mudah bagi MU karena mereka harus menghadapi Villarreal.

Villarreal bisa jadi ancaman bukan saja karena di partai final Europa League musim lalu sukses mengalahkan MU, tapi juga karena mereka berasal dari Spanyol. Pasalnya, klub-klub Spanyol terbukti sering jadi momok bagi MU di Eropa dalam beberapa musim terakhir.

Dari 5 klub Spanyol terakhir yang bersua MU di Liga Champions, hampir semuanya berhasil menumbangkan Setan Merah. Inilah kelima klub tersebut dan hasil laga mereka melawan MU di Liga Champions.

1. Real Madrid

Jadi Momok, 5 Klub Spanyol Terakhir yang Dihadapi MU di Liga Championslaga MU vs Real Madrid di Liga Champions 2012/13 (rtve.es)

Pada musim 2012/13, MU harus berjumpa dengan wakil Spanyol, yaitu Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions. Saat itu MU masih dilatih Sir Alex Ferguson, tapi mereka tetap harus terjegal oleh Los Blancos. Real Madrid yang kala itu memiliki Cristiano Ronaldo lolos ke perempat final berkat keunggulan agregat 3-2.

MU sebenarnya sempat dapat keuntungan setelah menahan imbang Madrid 1-1 di leg pertama yang digelar di Santiago Bernabeu. Sayangnya, saat gantian menjamu Madrid, Setan Merah justru kalah 1-2. Mirisnya lagi bagi MU, Ronaldo mencetak masing-masing 1 gol di kedua laga sehingga turut menyingkirkan mantan klubnya itu.

2. Real Sociedad

Jadi Momok, 5 Klub Spanyol Terakhir yang Dihadapi MU di Liga Championslaga MU vs Real Sociedad di Liga Champions 2013/14 (mirror.co.uk)

Semusim berselang, MU kembali bertemu dengan klub Spanyol di Liga Champions. Kali ini undian menempatkan mereka satu grup dengan Real Sociedad. Seperti bisa ditebak, MU berhasil mengungguli Sociedad, tapi mereka sempat disulitkan. Dalam dua pertemuan di grup, MU ditahan imbang 0-0 saat tandang dan hanya menang 1-0 di kandang.

Sociedad mengakhiri fase grup di posisi buncit dengan koleksi 1 poin hasil sekali imbang dan 5 kekalahan. Artinya, MU adalah satu-satunya klub yang berhasil ditahan Sociedad kala itu. Sementara MU sendiri gugur di fase perempat final musim tersebut setelah disingkirkan Bayern Munchen.

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

3. Sevilla

Jadi Momok, 5 Klub Spanyol Terakhir yang Dihadapi MU di Liga Championslaga MU vs Sevilla di Liga Champions 2017/18 (bbc.co.uk)

MU sempat tidak tampil di Liga Champions 2015/16 dan 2016/17 karena hanya bisa lolos ke Europa League. Lalu mereka kembali ke Liga Champions di musim 2017/18. Setelah memuncaki fase grup, MU lagi-lagi harus bertemu dengan wakil Spanyol di babak knockout, yaitu Sevilla.

Hasilnya pun serupa dengan tahun 2013, yaitu MU harus tersingkir. Setelah susah payah imbang di kandang lawan pada leg pertama, mereka malah keok 1-2 di kandang sendiri pada pertemuan kedua. Sevilla pun lolos ke perempat final, capaian terbaik mereka di Liga Champions hingga saat ini.

4. Valencia

Jadi Momok, 5 Klub Spanyol Terakhir yang Dihadapi MU di Liga Championslaga MU vs Valencia di Liga Champions 2018/19 (manunitedcore.com)

Pada musim 2018/19, MU bertemu dua klub asal Spanyol di Liga Champions. Pertama adalah Valencia yang harus mereka hadapi di fase grup. Dalam dua pertandingan, MU ternyata tak mampu mengalahkan Kelelawar Mestalla. Mereka hanya bisa bermain imbang 0-0 di pertemuan pertama yang digelar di Old Trafford.

Laga kedua diadakan di markas Valencia saat MU sudah memastikan diri lolos ke fase gugur. Berpeluang finis sebagai juara grup, Setan Merah malah kalah 1-2 sehingga harus puas jadi runner-up. Setelah itu, MU sempat membuat keajaiban dengan menyingkirkan PSG di babak 16 besar, lalu bertemu lagi dengan klub Spanyol lain di perempat final.

5. Barcelona

Jadi Momok, 5 Klub Spanyol Terakhir yang Dihadapi MU di Liga Championslaga Barcelona vs MU di Liga Champions 2018/19 (manutd.com)

Barcelona adalah klub Spanyol yang harus dihadapi MU di perempat final kala itu. Barca berada dalam kepercayaan diri tinggi setelah membantai Lyon di babak 16 besar. Sementara MU justru sedang mengalami tren menurun di bawah pelatih Ole Gunnar Solskjaer. Laga pertama di Old Trafford pun berakhir dengan kekalahan 0-1 bagi tuan rumah.

Leg kedua berjalan jauh lebih buruk bagi MU. Mereka sudah ketinggalan dua gol sejak menit ke-20 dan akhirnya mengakhiri laga dengan kekalahan 0-3. Hasil itu memastikan MU selalu kalah dalam 4 pertemuan terakhir dengan Barcelona di Liga Champions, termasuk 2 partai final di 2009 dan 2011.

 

Hasil melawan 5 tim di atas menunjukkan bahwa MU sering kesulitan saat berhadapan dengan wakil Spanyol di Liga Champions. Jelas bahwa MU harus waspada saat berhadapan dengan Villarreal di babak grup musim ini. Jika tidak, Setan Merah bisa dihantam hasil negatif sehingga harus tersingkir di fase grup seperti musim lalu.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United Kontra Villarreal

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya