5 Klub Terakhir yang Juara Copa del Rey, Real Betis Terbaru

Barcelona paling dominan

Copa del Rey 2021/2022 telah mendapatkan tim juara. Real Betis sukses meraih trofi setelah mengalahkan Valencia di partai final melalui adu penalti. Keberhasilan Real Betis sendiri terbilang mengejutkan. Tak banyak yang menyangka mereka bisa menjadi juara.

Copa del Rey sendiri adalah ajang yang sering didominasi Barcelona, termasuk dalam beberapa musim terakhir. Barca kerap jadi juara di sana.

Meski begitu, beberapa klub lain pernah menyela dominasi mereka dan meraih trofi. Inilah lima klub terakhir yang sukses menjuarai Copa del Rey.

1. Real Madrid

5 Klub Terakhir yang Juara Copa del Rey, Real Betis TerbaruReal Madrid menjuarai Copa del Rey 2013/2014. (realmadrid.com)

Real Madrid adalah juara Copa del Rey 2013/2014. Saat itu, Los Blancos berhak mengangkat trofi setelah mengalahkan Barcelona dengan skor 2-1 di partai final. Partai itu pun seolah jadi ulangan final Copa del Rey 2010/2011, di mana Real Madrid juga jadi juara dengan menaklukkan Barcelona.

Real Madrid sendiri adalah klub tersukses ketiga di ajang Copa del Rey. Mereka punya koleksi sembilan belas trofi sejauh ini, masih kalah dari Barcelona dan Athletic Bilbao. Sayangnya, sejak 2013/2014, Real Madrid belum pernah lagi berprestasi di Copa del Rey, bahkan hanya sekali mencapai semifinal.

2. Barcelona 

5 Klub Terakhir yang Juara Copa del Rey, Real Betis TerbaruBarcelona menjuarai Copa del Rey 2020/2021. (fcbarcelona.com)

Barcelona masih tercatat sebagai klub tersukses sepanjang sejarah Copa del Rey. Tak tanggung-tanggung, koleksi trofi Blaugrana di ajang ini mencapai 31 buah. Dominasi Barca pun masih terus berlanjut hingga kini. Dalam 8 musim terakhir, Barca jadi kampiun 5 kali.

Keberhasilan terakhir Barcelona terjadi pada 2020/2021 setelah mengalahkan Athletic Bilbao di partai final. Itu juga menjadi trofi terakhir yang mereka raih hingga kini. Musim 2021/2022 ini, tak seperti biasanya, Barca tampil buruk di Copa del Rey. Mereka harus tersingkir sejak babak perdelapan final.

Baca Juga: 6 Klub Tersukses dalam Sejarah Copa del Rey, Barcelona Paling Perkasa!

3. Valencia

5 Klub Terakhir yang Juara Copa del Rey, Real Betis TerbaruValencia menjuarai Copa del Rey 2018/2019. (valenciacf.com)

Pada 2018/2019, Valencia sempat menyela dominasi Barcelona di Copa del Rey. Valencia dan Barca bentrok di final pada musim tersebut. Valencia akhirnya keluar sebagai juara. Dua gol mereka hanya bisa dibalas sekali oleh Barca, sehingga Valencia pun berhak mengangkat trofi.

Itu adalah trofi Copa del Rey kedelapan bagi Valencia sepanjang sejarah mereka. Valencia pun menjadi klub tersukses kelima di ajang Copa del Rey. Mereka sebenarnya hampir menambah jumlah trofi setelah melangkah ke final Copa del Rey 2021/2022, tetapi gagal karena kalah dari Real Betis.

4. Real Sociedad

5 Klub Terakhir yang Juara Copa del Rey, Real Betis TerbaruReal Sociedad menjuarai Copa del Rey 2019/2020. (realsociedad.eus)

Berikutnya, ada Real Sociedad yang menjadi juara Copa del Rey 2019/2020 setelah mengalahkan Athletic Bilbao di final. Satu gol penalti dari Mikel Oyarzabal sudah cukup untuk memberi trofi untuk Sociedad.

Trofi tersebut adalah trofi ketiga Real Sociedad di Copa del Rey. Itu juga merupakan trofi mayor pertama mereka sejak 1987. Sementara, Bilbao sendiri sudah tak memenangi Copa del Rey sejak 1984.

5. Real Betis

5 Klub Terakhir yang Juara Copa del Rey, Real Betis TerbaruReal Betis menjuarai Copa del Rey 2021/2022. (instagram.com/realbetisbalompie)

Real Betis menjadi klub teranyar yang mengangkat trofi Copa del Rey setelah jadi juara pada 2021/2022 ini. Betis mengangkat trofi mayor terakhirnya pada 2004/2005. Itu terjadi di Copa del Rey. Koleksi trofi Copa del Rey milik Real Betis pun kini bertambah jadi tiga buah.

Tak hanya di Copa del Rey, Betis juga tampil apik di LaLiga 2021/2022. Hingga pekan ke-33, mereka menempati posisi kelima klasemen dan masih berpeluang lolos ke Liga Champions Eropa musim depan. Jika berhasil, musim ini bakal terasa sempurna bagi skuad asuhan Manuel Pellegrini tersebut.

Meski kerap didominasi Barcelona, Copa del Rey beberapa kali menjadi milik klub-klub lain, sehingga tetap menarik untuk diikuti. Klub mana yang bakal menjuarai Copa del Rey musim depan?

Baca Juga: 5 Kapten Real Madrid yang Tidak Pensiun di Real Madrid

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya