5 Klub Terakhir yang Mengalahkan Liverpool di Liga Champions

Liverpool diunggulkan, tetapi tetap bisa dikalahkan

Liverpool kembali menunjukkan keperkasaannya di Liga Champions Eropa 2021/2022. Pada leg pertama babak perempat final, The Reds sukses menaklukkan Benfica 3-1. Satu kaki Liverpool pun sudah mencapai babak semifinal. Mereka akan ganti menjamu Benfica pada leg kedua nanti.

Meski demikian, tentu bukan berarti Benfica tak punya peluang. Liverpool memang perkasa di Liga Champions dalam beberapa musim terakhir, tetapi mereka juga bisa dikalahkan. Inilah lima klub terakhir yang berhasil melakukannya.

1. Napoli (fase grup 2019/2020)

5 Klub Terakhir yang Mengalahkan Liverpool di Liga ChampionsNapoli sukses kalahkan Liverpool di Liga Champions 2019/2020. (skysports.com)

Liverpool bermain di Liga Champions 2019/2020 dengan status juara bertahan. Namun, The Reds gagal mempertahankan gelar setelah tersingkir pada babak enam belas besar. Pada fase grup, mereka juga sempat kalah dari Napoli meski berhasil lolos sebagai juara grup.

Kekalahan dari Napoli diderita Liverpool pada matchday pertama. Bertandang ke Italia, The Reds menyerah dengan skor 0-2. Pada pertemuan kedua melawan Napoli pun Liverpool harus puas dengan hasil imbang. Napoli sendiri akhirnya menemani Liverpool ke enam belas besar, tetapi langsung ditumbangkan Barcelona.

2. Atletico Madrid (babak enam belas besar 2019/2020)

5 Klub Terakhir yang Mengalahkan Liverpool di Liga ChampionsPara pemain Atletico Madrid meryaakan gol ke gawang Liverpool di Liga Champions 2019/2020. (skysports.com)

Klub yang akhirnya menumbangkan Liverpool pada babak enam belas besar Liga Champions 2019/2020 adalah Atletico Madrid. Pada leg pertama di Madrid, Atletico berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0. Namun, Liverpool membalas di Anfield dengan skor serupa hingga 90 menit.

Liverpool sebenarnya punya banyak peluang mencetak gol kedua sebelum laga usai, tetapi mereka gagal. Kegagalan itu akhirnya harus dibayar mahal karena takluk pada perpanjangan waktu. Skor akhir adalah 3-2 bagi kemenangan Atletico Madrid, alias 4-2 secara agregat.

Baca Juga: 9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga Champions

3. Atalanta (fase grup 2020/2021)

5 Klub Terakhir yang Mengalahkan Liverpool di Liga ChampionsAtalanta mengalahkan Liverpool di Liga Champions 2020/2021. (skysports.com)

Pada 2020/2021, Liverpool harus gugur pada babak perempat final Liga Champions. Sebelum tersingkir pun Liverpool sempat kalah pada fase grup. Mereka ditaklukan Atalanta dengan skor 0-2 saat bermain di Anfield.

Padahal The Reds sudah lebih dahulu mengalahkan Atalanta 5-0 kala bertandang ke Italia. Namun, mereka malah tumbang ketika bertanding di markas sendiri. Untungnya, kekalahan itu tak berpengaruh banyak karena Liverpool tetap lolos ke babak knockout sebagai juara grup.

4. Real Madrid (perempat final 2020/2021)

5 Klub Terakhir yang Mengalahkan Liverpool di Liga ChampionsReal Madrid mengalahkan Liverpool di Liga Champions 2020/2021. (as.com)

Liverpool melaju ke babak enam belas besar Liga Champions 2020/2021 dan sukses menaklukkan RB Leipzig. Di perempat final, The Reds harus berhadapan dengan Real Madrid. Pertemuan mereka pun menjadi ulangan final 2017/2018 yang dimenangi Los Blancos.

Ternyata, hasilnya pun serupa dengan laga final tersebut. Liverpool kalah 1-3 dari Real Madrid pada leg pertama di Santiago Bernabeu. Sementara, partai kedua berakhir imbang dengan skor 0-0. Kalah agregat 1-3 membuat Liverpool tersingkir. Liverpool belum bisa mengalahkan Real Madrid sejak 2009.

5. Inter Milan (babak enam belas besar 2021/2022)

5 Klub Terakhir yang Mengalahkan Liverpool di Liga ChampionsMeski kalah dari Inter Milan, Liverpool tetap lolos ke perempat final Liga Champions 2021/2022. (skysports.com)

Klub teranyar yang sukses mengalahkan Liverpool di Liga Champions adalah Inter Milan. Inter Milan baru saja melakukannya pada leg kedua babak enam belas besar pada 2021/2022 ini. Bermain di Anfield, Inter Milan secara mengejutkan menang 1-0. Mereka sukses mempertahankan keunggulan meski harus bermain dengan sepuluh pemain dalam setengah jam terakhir.

Meski kalah, Liverpool akhirnya tetap melaju ke perempat final karena unggul agregat 2-1. Namun, kekalahan itu menunjukkan bahwa Liverpool tetap bisa ditaklukkan, bahkan ketika bermain di markas sendiri. Andai pemain Inter Milan tak mendapat kartu merah, bisa jadi Nerazzurri yang akhirnya mencapai perempat final.

Lima klub di atas telah membuktikan bahwa Liverpool bisa dikalahkan di Liga Champions, termasuk di kandang mereka sendiri. Maka, The Reds mesti waspada dalam lanjutan Liga Champions musim ini kalau berharap jadi juara.

Baca Juga: 15 Klub yang Pernah Mengawinkan Trofi Liga Domestik dan Liga Champions

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya