Comscore Tracker

Selain Bayern Munchen, Ini 5 Klub Terakhir yang Menjuarai Bundesliga

Mereka berhasil robohkan dominasi Munchen

Bayern Munchen adalah salah satu klub terkuat di Eropa saat ini. Kancah Eropa saja sudah mereka taklukkan, maka tentu dominasi mereka di Jerman lebih terasa lagi. Bagaimana tidak, The Bavarian berhasil menjuarai 8 edisi Bundesliga teranyar. Itu merupakan rekor juara berturut-turut terlama di sepanjang sejarah Bundesliga.

Dalam beberapa dekade terakhir, hanya ada segelintir klub yang berhasil menyela dominasi Munchen dan menjadi juara Liga Jerman. Siapa saja mereka dan kapan itu terjadi? Inilah 5 klub terakhir yang bisa mengalahkan Bayern Munchen dalam perebutan juara Bundesliga.

1. Borussia Dortmund  

Selain Bayern Munchen, Ini 5 Klub Terakhir yang Menjuarai Bundesligabundesliga.com

Klub terakhir selain Munchen yang berhasil jadi juara Bundesliga adalah Borussia Dortmund. Tepatnya itu terjadi pada musim 2011/2012 kala Dortmund masih dilatih Jurgen Klopp dan memiliki pemain-pemain macam Robert Lewandowski, Shinji Kagawa, dan Ilkay Gundogan. Bahkan, di musim sebelumnya, mereka juga sukses menjuarai Bundesliga.

Secara total, dalam dua dekade terakhir, Borussia Dortmund sukses 3 kali menjuarai Bundesliga. Jumlah itu sebenarnya sangat jomplang dengan Munchen yang 14 kali juara dalam periode yang sama. Meski begitu, Dortmund tetap dianggap sebagai saingan terberat Munchen dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Cerita Dua Striker Beda Generasi di Laga Bayern Vs Dortmund

2. VfL Wolfsburg 

Selain Bayern Munchen, Ini 5 Klub Terakhir yang Menjuarai Bundesligamarca.com

Bayern Munchen juga gagal menjuarai Bundesliga musim 2008/2009, namun yang jadi juara kala itu sungguh di luar perkiraan semua orang, yaitu VfL Wolfsburg. Pasalnya, Wolfsburg adalah klub semenjana Jerman yang belum pernah meraih gelar apa pun sebelum musim tersebut.

Dimotori dua striker tajam, Edin Dzeko dan Grafite, Wolfsburg sukses membalikkan prediksi dan menjuarai Bundesliga dengan selisih 2 poin di atas Munchen di klasemen akhir. Grafite pun keluar sebagai top skor kala itu dengan 28 gol, disusul Dzeko dengan 26 gol. Sungguh musim ajaib yang penuh kejutan bagi sepak bola Jerman kala itu!

3. VfB Stuttgart 

Selain Bayern Munchen, Ini 5 Klub Terakhir yang Menjuarai Bundesligadw.com

Dua musim sebelum Wolfsburg, alias musim 2006/2007, ada VfB Stuttgart yang sukes meruntuhkan hegemoni Bayern Munchen di Bundesliga. Dengan Mario Gomez sebagai ujung tombak dan Sami Khedira di lini tengah, Stuttgart finis di posisi teratas pada akhir musim, unggul 2 angka di atas Schalke 04 yang menjadi runner-up.

Sementara itu, Munchen hanya finis di posisi keempat, posisi terburuk mereka dalam 2 dekade terakhir. Padahal, kala itu skuad Munchen sangat mentereng dengan nama-nama seperti Roy Makaay, Lukas Podolski, Bastian Schweinsteiger, dan kiper Oliver Kahn. Namun, mereka gagal tampil konsisten hingga dikangkangi Stuttgart yang merebut trofi Bundesliga ke-5 mereka.

4. Werder Bremen 

Selain Bayern Munchen, Ini 5 Klub Terakhir yang Menjuarai Bundesliga90min.com

Sementara itu, di musim 2003.2004, Werder Bremen berhasil keluar sebagai juara, mengungguli Bayern Munchen di tangga runner-up dengan selisih 6 poin. Bahkan, dilansir laman Football Critic, Bremen berhasil memastikan gelar juara di depan Bayern Munchen sendiri berkat kemenangan 3-1 saat liga masih tersisa 2 pekan.

Striker Bremen asal Brasil, Ailton, jadi bintang Bundesliga musim tersebut dengan merebut gelar top skor dengan 28 gol. Pemain top lain yang ada di skuad Bremen kala itu adalah Ivan Klasnic, Tim Borowski, serta Angelos Charisteas. Gelar itu sendiri adalah trofi Liga Jerman keempat mereka sepanjang sejarah.

5. Kaiserslautern  

Selain Bayern Munchen, Ini 5 Klub Terakhir yang Menjuarai Bundesligadw.com

Terakhir ada Kaiserslautern yang sukses menjuarai Bundesliga musim 1997/1998 alias 23 tahun lalu. Kesuksesan Kaiserslautern begitu fenomenal karena pada musim tersebut mereka sebenarnya baru saja promosi dari divisi kedua Liga Jerman! Itu adalah kali pertama sekaligus satu-satunya sebuah klub berhasil juara Liga Jerman dengan status tim promosi.

Di bawah pelatih Otto Rehhagel dan dimotori Michael Ballack di lini tengah, Kaiserslautern berhasil mengangkangi Bayern Munchen di peringkat kedua dengan selisih 2 poin saja. Itu adalah gelar liga keempat bagi Kaiserslautern sepanjang sejarah. Sayangnya, Kaiserslautern sudah lama tak berlaga di Bundesliga dan saat ini berada di divisi ketiga Liga Jerman.

 

Itulah 5 klub Jerman terakhir yang bisa menghentikan dominasi Bayern Munchen di liga dan keluar sebagai juara. Musim ini, Bayern Munchen lagi-lagi menunjukkan dominasinya sejauh ini, dan klub yang paling berpeluang menjegal mereka adalah RB Leipzig. Kalau menurutmu, siapa yang akhirnya akan memenangi persaingan juara Bundesliga musim ini?

Baca Juga: 8 Pemain Jerman dengan Gol Terbanyak di Bundesliga, Deretan Legenda!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya