Comscore Tracker

Jeda Piala Dunia, 6 Klub Top Ini Masih di Luar 4 Besar Liga Domestik

Harus segera berbenah jika ingin tetap di jalur UCL

Kompetisi liga-liga sepak bola dunia saat ini memasuki jeda internasional karena digelarnya Piala Dunia 2022. Menyambut jeda yang cukup panjang, setiap klub pasti berusaha meraih hasil sebaik mungkin. Harapannya, mereka bisa memasuki masa rehat dalam posisi yang cukup baik di liga.

Namun, beberapa klub besar di liga top Eropa gagal melakukannya. Mereka masih berada di luar empat besar liga domestik, alias di luar zona Liga Champions (UCL). Inilah enam klub besar di liga top Eropa yang memasuki jeda Piala Dunia di luar empat besar.

1. Manchester United

Jeda Piala Dunia, 6 Klub Top Ini Masih di Luar 4 Besar Liga DomestikPara pemain Manchester United merayakan gol. (instagram.com/manchesterunited)

Di English Premier League (EPL), ada tiga klub besar yang masih berada di luar empat besar hingga jeda Piala Dunia. Manchester United adalah salah satunya.

Setan Merah menempati peringkat kelima setelah memainkan 14 laga. Mereka berselisih tiga poin dari Tottenham Hotspur yang menduduki tangga keempat.

Tottenham sendiri sudah bermain sekali lebih banyak dibanding Manchester United. Bisa dibilang, proyek pelatih Erik ten Hag pada musim pertamanya berjalan cukup lancar sejauh ini. Namun, Manchester United masih harus membenahi banyak hal jika ingin finis di zona Liga Champions musim ini.

2. Liverpool

Jeda Piala Dunia, 6 Klub Top Ini Masih di Luar 4 Besar Liga DomestikPara pemain Liverpool merayakan gol. (instagram.com/liverpoolfc)

Posisi keenam EPL saat ini ditempati Liverpool. Sempat dijagokan jadi pesaing Manchester City menuju gelar juara, Liverpool malah terseok-seok pada awal musim ini.

The Reds gagal memenangi 8 dari 14 laga EPL yang sudah mereka jalani, dengan rincian 4 kali seri dan 4 kali kalah. Setelah bersaing di empat kompetisi musim lalu, fisik para pemain Liverpool tampak terkuras musim ini.

Ditambah materi pemain yang terbatas karena banyak dihantam cedera, The Reds jadi kesulitan tampil maksimal. Kemungkinan besar, Liverpool butuh belanja pemain pada musim dingin demi mengejar ketinggalan dari para pesaing.

Baca Juga: 7 Pemain Liverpool yang Dibawa ke Piala Dunia 2022

3. Chelsea

Jeda Piala Dunia, 6 Klub Top Ini Masih di Luar 4 Besar Liga DomestikPara pemain Chelsea merayakan gol. (instagram.com/chelseafc)

Sementara, Chelsea malah terlempar ke posisi 8 EPL setelah menjalani 14 pekan. Chelsea memang tampil inkonsisten bersama pelatih Thomas Tuchel pada awal musim.

Sempat bangkit setelah ganti ditangani Graham Potter, posisi The Blues merosot lagi karena gagal menang dalam lima laga terakhir. Bahkan, tiga partai terakhir di EPL berakhir dengan kekalahan bagi Chelsea.

Maka, jeda Piala Dunia 2022 sebenarnya bisa menguntungkan bagi Chelsea karena menghentikan momentum buruk. Kini, Graham Potter punya waktu sebulan untuk meracik strategi anyar membangkitkan Chelsea di sisa musim.

4. Atletico Madrid

Jeda Piala Dunia, 6 Klub Top Ini Masih di Luar 4 Besar Liga DomestikPara pemain Atletico Madrid merayakan gol. (instagram.com/atleticodemadrid)

Beralih ke LaLiga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid masih bersaing ketat di posisi teratas hingga pekan ke-14. Sementara ini, Atletico Madrid yang biasa jadi pengganggu kedua klub tersebut performanya masih angin-anginan. Atletico pun masih berada di luar empat besar klasemen, tepatnya posisi kelima.

Tak hanya di liga domestik, penampilan Atletico di Liga Champions juga buruk. Mereka bahkan sudah tersingkir dari Eropa setelah finis di posisi buncit fase grup.

Namun, kegagalan di Eropa mungkin bisa jadi berkah bagi Atletico, karena kini mereka bisa lebih fokus memperbaiki posisi di LaLiga. Mampukah mereka?

5. Inter Milan

Jeda Piala Dunia, 6 Klub Top Ini Masih di Luar 4 Besar Liga DomestikPara pemain Inter Milan merayakan gol. (instagram.com/inter)

Di Serie A Italia, Napoli sedang merajai klasemen sementara dengan selisih poin cukup jauh dari para pesaing. Di bawah Napoli, klub-klub lain saling sikut memperebutkan posisi empat besar. Salah satunya Inter Milan, yang untuk sementara harus puas menghuni peringkat kelima setelah 15 pekan.

Namun, Nerazzurri tak perlu terlalu khawatir. Jarak poin mereka dengan AC Milan di posisi kedua hanya tiga poin saja.

Pada sisa musim, Inter harus memperbaiki hasil saat bertemu tim-tim papan atas. Pasalnya, sejauh ini Inter sudah tiga kali kalah saat melawan penghuni empat besar Serie A.

6. Borussia Dortmund

Jeda Piala Dunia, 6 Klub Top Ini Masih di Luar 4 Besar Liga DomestikPara pemain Borussia Dortmund merayakan gol. (instagram.com/bvb09)

Satu lagi klub besar yang masih berada di luar empat besar saat jeda Piala Dunia 2022 adalah Borussia Dortmund. Setelah 15 pekan Bundesliga Jerman berjalan, Dortmund tengah bertengger di peringkat keenam.

Padahal, musim lalu mereka menghuni tangga runner-up pada periode yang sama. Kehilangan Erling Haaland pada musim panas 2022 tampaknya jadi pukulan telak bagi Dortmund.

Buktinya, produktivitas gol Dortmund musim ini juga jauh menurun dibanding 15 pekan pertama Bundesliga musim lalu. Jumlah kebobolan yang lebih sedikit jadi tak berarti karena ketajaman Dortmund yang menurun.

 

Jeda Piala Dunia 2022 bisa berarti positif atau negatif bagi enam klub di atas. Tergantung nasib para pemain mereka di Piala Dunia, klub-klub di atas bisa bangkit atau malah makin terpuruk pada sisa musim 2022/2023. Siapa dari antara mereka yang bakal mengakiri musim di posisi empat besar?

Baca Juga: 5 Pemain Borussia Dortmund yang Dibawa Jerman ke Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya